Just Kidding


Just Kidding

             “Hanya bergurau katamu?!?!?” teriak si Curly kepada adiknya si Chirly.

            Yah…kak, maksudku…aku hanya bergurau sewaktu mengatakan hal tersebut tentang kakak di hadapan teman-temanku. Maafkan aku” jawab si Chirly kepada kakaknya dengan memelas.

            Dengan mengatakan dihadapan seluruh teman-temanmu bahwa aku adalah si pembohong itu kamu katakan bergurau?!?! Sungguh aku kecewa denganmu, karena sebagai adikku yang selalu aku sayangi, ternyata kamu menjelek-jelekkan aku dibelakangmu!?” kembali si Curly berteriak dengan penuh amarah kepada adiknya.

            Si Curly begitu marah dengan si Chirly adiknya karena tanpa sengaja didengarnya si Chirly berbicara dengan temannya di telepon dan mengatakan bahwa si Curly kakaknya adalah pembohong.

            Meskipun tujuan Chirly mengatakan hal tersebut hanyalah untuk membela dirinya dihadapan temannya itu, namun setiap dari kita pun mengetahui bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan oleh Chirly karena itu benar-benar akan merusakkan nama baik kakaknya.

            Didalam Amsal 26:19 dikatakan “demikianlah orang yang memperdaya sesamanya dan berkata: “Aku hanya bersenda gurau”. Dilanjutkan dengan ayat 20 yang mengatakan “Bila kayu habis, padamlah api; bila pemfitnah tak ada, redalah pertengkaran”.

            Kadangkala bergaul dengan dengan orang-orang yang sensitif itu tidak asyik, mengapa? Karena sedikit saja ada kata-kata yang terucapkan mengenai mereka, baik itu dikatakan dengan sengaja mau pun tidak sengaja, mereka akan mudah sekali tersinggung.

            Tetapi jangan salah…bergaul dengan orang-orang yang terlalu ceplas ceplos pun tidak selamanya mengasyikkan. Apalagi jika orang itu senangnya mengolok-ngolok orang lain. Secuek-cueknya orang yang mendengarkan, pasti suatu saat akan timbul pertengkaran karena rasa tersinggung.

            Alkitab mengatakan bahwa kita tidak boleh asal bicara, dan jika lawan bicara kita marah, lalu kita berkata “aku hanya bersenda gurau”…Wow..coba bayangkan kalau seseorang mengatakan kepada orang lain tentang kita “tolong doakan dia donk…dia itu tukang marah” atau seseorang itu bicara kepada kita “kamu ga minta didoakan biar ga ngamuk-an ta?”, bagaimana perasaan kita? Lain kasus lagi, bagaimana perasaan kita jika seseorang menyuruh orang lain untuk membacakan alkitab yang dengan sengaja bertujuan untuk menyinggung kita?

            Lalu jika selanjutnya reaksi kita adalah marah, kemudian dia mengatakan “aku hanya bersendau gurau, gitu aja kok marah”…bagaimana perasaan kita?

            Alkitab juga mengatakan bahwa apa yang ada di hati kita, itulah yang akan terpancar keluar. Demikian pula sikap-sikap untuk menyakiti hati orang lain, itu adalah pancaran sebenarnya bahwa hati ini sedang sakit, entah ada iri hati, kejengkelan, dan sebagainya. Dan kemudian jika orang lain itu marah, maka timbul suatu usaha untuk membela diri atau menutupi dengan mengatakan “aku hanya bersenda gurau”.

            Tak jarang suatu hubungan menjadi retak hanya karena perkataan-perkataan yang menyinggung dan kemudian diakhiri dengan kata “aku hanya bersenda gurau”. Dan hal itu sangatlah amat disayangkan sekali…karena sebenarnya kita bisa bersenda gurau tanpa harus membuat orang lain tersinggung bukan?

            Kita bisa memilih kata-kata atau gurauan yang lebih ‘bermutu’ dibandingkan jika kita harus kehilangan seorang atau beberapa teman hanya karena kita telah menyinggung atau menyakiti hatinya, sekali pun mungkin itu benar-benar hanya sedang bergurau. Dan sekali pun kita benar-benar berniat untuk menyakiti seseorang, lebih baik kita memilih untuk meredam kemarahan atau usaha untuk menyakiti tersebut bukan?

            Coba bayangkan jika Tuhan berkata kepada kita “Doamu akan Aku jawab”, lalu kemudian ketika doa kita tidak terjawab, Tuhan menjawab “Saya hanya bersenda gurau waktu itu”. Apa yang akan terjadi? Kita semua pasti marah bukan?

            Tuhan adalah contoh yang terbaik didalam hidup ini. Dan kita sebagai anak-anakNYA alangkah baiknya jika kita pun menjadi panutan dalam setiap perkataan dan tingkah laku kita bagi orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

            Saya sama sekali tidak menganjurkan agar setiap orang yang percaya & beribadah kepada Tuhan menjadi seseorang yang kaku dan selalu serius, apalagi di jaman yang serba membuat ‘stress’ ini.

Saya sendiri kalau bisa ingin setiap hari bisa tertawa, bersenda gurau, karena itu salah satu hal yang bisa membuat hati gembira. Dan jujur bagi saya, sulit sekali membuat artikel ini, karena jadinya aneh, seolah-olah saya ‘melarang’ orang Kristen untuk bersendau gurau.

Tetapi ketika saya membaca Firman Tuhan tersebut, saya diingatkan bahwa anak-anak Tuhan, bahkan yang pelayanan sekali pun, tidak bisa bersenda gurau yang benar. Dalam arti, sikap dan perkataannya, sekali pun itu adalah bergurau, tetapi bisa sampai membuat orang lain tidak mau ke gereja. Dan kalau sudah begitu yang disalahkan orang lain itu.

            Jika kita ingin ‘menarik perhatian’ orang lain dan ingin orang lain menjadi tertarik dengan ‘gereja’ (mengenal Tuhan), maka kita harus bisa menjaga setiap perkataan dan tingkah laku kita, baik itu sedang bersenda gurau, mau pun di saat serius. Bersenda gurau lah tanpa harus menyakiti perasaan orang lain! Agar orang lain pun dapat merasa nyaman dan tak berburuk sangka  padamu ketika berada didekatmu.

            Perkatakan perkataan yang indah dan baik serta menguatkan kepada pasangan kita, kepada istri, suami, anak-anak, teman-teman, sahabat, dan rekan-rekan sekerja kita! Ajaklah mereka bersenda gurau yang sehat, tanpa ada niatan untuk saling menyakiti atau menyinggung atau mengolok-oloknya (apalagi secara fisik)!

            Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

