Penolakan…Berakibat Penarikan Diri Seseorang


“Kalau orang pernah mengalami penolakan, mereka seringkali menarik diri untuk berlindung”

(Living The 7 Habits by Stephen R.Covey)

Stephen R.Covey (book)

            Kisah dari sebuah keluarga yang memiliki hanya seorang anak laki-laki, bernama Cole, dari orang tua yang bernama Fransiskus dan ibunya yang bernama Levi.

            Mereka adalah keluarga yang cukup disiplin didalam mendidik Cole, karena mereka tidak ingin anak tunggalnya menjadi seorang anak yang manja dan lemah. Pendidikan Cole cukup bagus, bahkan sekali pun pada suatu tahun ayah dan ibunya mengalami waktu-waktu yang cukup berat dalam perekonomiannya, namun Cole tidak pernah sekali pun putus sekolah dan Cole selalu duduk di bangku sekolah yang bisa dikatakan untuk kalangan anak-anak menengah ke atas.

            Hingga saat Cole berada diusia yang dapat dikatakan dewasa, Cole jatuh cinta kepada seorang wanita. Namun wanita ini berasal dari keluarga menengah ke bawah.

Seperti biasa Cole selalu menceritakan hari-harinya kepada ayah dan ibunya. Termasuk mengenai wanita yang disukainya ini. Dan karena begitu sayangnya ayah dan ibu Cole, maka mereka pun mencari tahu tentang asal usul wanita yang disukai oleh Cole ini. Dan diketahuilah bahwa wanita ini berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Sehingga belum sempat Cole mengenalkan wanita ini kepada ayah dan ibunya, bahkan Cole belum juga sempat menceritakan bagaimana hubungannya dengan wanita pujaannya ini, Cole sudah dimarahi dan dilarang untuk berhubungan lagi dengan wanita ini oleh ayah dan ibunya.

Adanya penolakan yang ‘tidak masuk di akal’ Cole menyebabkan Cole segera menjadi seorang anak yang tertutup dan enggan untuk bercerita tentang kehidupannya kepada orang tuanya. Cole menarik diri dari perlindungan ayah dan ibunya, oleh karena pertentangan atau penolakan yang dilakukan ayah dan ibu terhada Cole.

No

Memang benar bahwa orang tua pasti akan selalu menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Dan tentu saja didalam artikel ini tidak ingin membahas lebih lanjut bagaimana jalan keluar atau penyelesaian dari masalah tersebut. Tetapi didalam artikel ini ingin membahas lebih lanjut tentang bagaimana penolakan yang akhirnya menyebabkan seseorang yang terdekat dengan kita sekali pun bisa membuat seseorang itu ‘mundur’ atau menjaga jarak atau menarik diri dalam istilah dalam kalimat dalam buku Living The 7 Habits tersebut.

Itulah sebabnya mengapa kisah Tuhan Yesus didalam Firman Tuhan selalu menceritakan bahwa sekali pun IA merasa lelah, telah berkeliling dan sibuk melayani, namun IA tetap selalu menerima. IA menerima kehadiran anak-anak kecil dan IA pun selalu menerima kehadiran orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Sifat dasar manusia adalah ingin diterima. Tak ada seorang pun yang bisa lahir ke dunia ini dengan cara memilih ingin seperti apa ia kelak dan ingin dilahirkan dalam keluarga yang seperti apa.

Seandainya saja manusia bisa memilih ketika mereka akan dilahirkan, tentu saja mereka akan memilih yang terlihat paling baik menurut ukuran manusia, mengapa? Karena lagi-lagi mereka ingin diterima.

Tetapi realitanya manusia tidak bisa memilih.

Lalu dengan realita yang demikian dan Tuhan yang menciptakan semua perbedaan, apa hak manusia untuk membeda-bedakan?

Tidak ada…manusia tidak mempunyai hak untuk membeda-bedakan.

Dan sudah menjadi hukumnya bahwa sebagaimana kita ingin diperlakukan, maka perlakukanlah orang lain demikian.

Jadi jika kita ingin diterima, maka alangkah baik dan alangkah indahnya jika kita pun belajar untuk bisa menerima orang lain.

Penolakan, membuat seseorang itu menarik diri dan menjauh dari kita.

Namun sebaliknya, penerimaan, bisa membuat sukacita dan berbagai perubahan yang indah nyata didalam hidup kita.

Tuhan sudah menerima kita apa adanya kita…bagaimana dengan kita sebagai anak-anakNYA? Sudahkah kita menerima orang lain juga apa adanya?

Kasih Bapa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s