BADAI PASTI BERLALU


Sebel“Kapan masalah ini selesai?”

“Yang kemarin msalah belum selesai, sekarang ditambah lagi, kapan selesainya?”

Ataukah ada pertanyaan lain lagi, sebagai pernyataan rasa lelah atau bosan atau jenuh atau kesal atau keluhan karena masalah tak kunjung selesai?

         Minggu, 24 Juni 2007 bpk.Andres Rahardjo atau yang biasa dipanggil ko An, memberi judul kotbahnya “Badai Pasti Berlalu”. Almarhum Chrisye, penyanyi Indonesia yang terkenal, juga memberi judul salah satu lagunya “Badai Pasti Berlalu”. Dari 1 (satu) kalimat dalam judul tersebut, sebenarnya sudah dapat di tebak secara tidak langsung bahwa setiap masalah itu pasti akan berlalu. Badai menggambarkan persoalan yang seringkali begitu serasa menghimpit hidup kita sehingga kita menggambarkannya seperti badai. Dan tidak selama-lamanya badai itu datang di suatu kota atau negara tanpa henti bukan?

         Persoalan di dalam hidup ini tidak akan pernah berhenti, maksudnya masalah akan selalu ada selama kita hidup. Sekecil apa pun masalah itu, setiap hari kita akan menghadapinya, contoh: malas saat teduh, kemalasan itu adalah suatu masalah kecil, tetapi jika tidak dihadapi (dilawan) maka akan menjadi kebiasaan sehingga akhirnya kia tidak pernah saat teduh dan itu akan menjadi masalah besar. Contoh lain, jika kita harus bangun pagi untuk berangkat sekolah atau bekerja, yang jadi masalah adalah ngantuk. Ngantuk juga termasuk ukuran masalah yang kecil, tetapi jika tidak dihadapi maka bisa membuat kita jadi bolos kerja (karena mau tidur saja) atau jadi terlambat datang, akhirnya juga bisa menjadi masalah besar, dan masih banyak lagi masalah lain yang termasuk masalah kecil dan hamper setiap saat kita menghadapinya. Ini adalah bukti bahwa masalah tidak pernah selesai.

         Seperti yang kita ketahui dari contoh tersebut di atas, masalah kecil dapat menjadi masalah besar. Tetapi ada juga masalah yang datang dari awal memang sudah sangat rumit (ini yang biasa kita sebut dengan masalah besar). Apa contohnya? Tiba-tiba di vonis sakit yang parah dan sulit disembuhkan atau parahnya lagi penyakit itu adalah penyakit yang baru ditemukan dan belum ada obatnya. Siapakah yang tidak merasa takut menghadapi vonis seperti demikian? Itu adalah masalah yang sangat besar. Masalah lain lagi, apabila kita harus membayar uang sekolah anak, tetapi salary tidak mencukupi dan tabungan juga tidak ada. Itu adalah masalah yang sangat besar.

         Lalu apakah masalah besar bisa menjadi seperti masalah kecil yang selalu muncul setiap hari? Ya. Satu masalah selesai dengan baik hari ini, besok akan muncul masalah lain, setelah selesai lagi besoknya atau besok lusanya pasti akan muncul lagi masalah lain. Atau bahkan tidak jarang masalah datang di pagi hari (mungkin mendadak kita mengetahuinya melalui telpon), kemudian di siang hari kita mendapatkan masalah lain lagi, kemudian keduanya belum juga selesai, ada masalah lain lagi datang di sore hari nya.

         Masalah tidak pernah habis, selalu ada saja. Bahkan tidak jarang masalah dapat membuat kita menjadi bosan, karena masalah yang muncul selalu masalah itu-itu saja atau masalah yang berbeda tetapi hamper sama. Namun perlu kita ketahui bahwa masalah itu dapat membawa kita menuju kepada step atau tingkatan yang baru, yang lebih baik, apabila kita mau menjalaninya dan menyelesaikannya. Tetapi ketika kita menghindari, maka kita akan terus menerus berada di satu step yang sama dan tentu saja masalah yang kita hadapi juga akan selalu sama (mirip).

         Jadi…kalau mau mau bersama Tuhan, apabila ada masalah maka harus diselesaikan. Jangan kuatir…kita tidak pernah sendiri, Tuhan pasti akan menemani kita. Ajaklah Dia karena kekuatan, hikmat, kemampuan untuk menghadapi segala sesuatunya hanya berasal dari Tuhan saja. Ingat dengan kalimat “Badai pasti Berlalu”, semua hal, semua masalah, pasti akan berlalu, malam akan berganti pagi, demikian seterusnya, setiap hal pasti ada akhirnya dan pasti ada jalan keluarnya. Asalkan kita mau menjadi seorang yang great (besar, ok, TOP deh pokoknya), maka akan ada banyak hal yang harus dihadapi, jika kita menang, maka kita sudah maju 1 (satu) step lebih lagi. Tuhan memberkati J

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s