BERPIKIRLAH POSITIF DAN JADILAH PEMENANG


Seperti magnet, pikiran-pikiran yang positif itu akan menarik hal-hal yang positif dalam hidup kita. Dan seperti medan magnet, ia akan mempengaruhi dunia di sekitarku. Semakin kuat pikiran positif kita, maka semakin banyak kemenangan yang akan kita raih dalam hidup kita.

Magnet

         Ya…memang benar, pola pikir seseorang dapat menentukan bagaimana seseorang itu bersikap, baik ketika dia sedang menghadapi masalah mau pun ketika dia mendengar tentang sesuatu hal (entah gosip mau pun tentang berita-berita yang bermunculan di dalam kehidupan sehari-hari seperti ramalan cuaca, berita kecelakaan di mana-mana, dan sebagainya). Dan merupakan suatu pilihan bagi kita juga untuk menentukan apakah kita akan berpikir positif atau berpikir negatif.

         Apabila kita memilih untuk berpikir negatif, maka ketika kita mendengar berita miring yang berkaitan dengan diri kita, yang terjadi adalah kita bukannya berusaha untuk mencari tahu kebenaran tentang berita tersebut, melainkan yang terjadi respon kita adalah marah, depresi, sedih, stress, dan lain sebagainya. Padahal belum tentu berita tersebut benar. Apabila ujung-ujungnya terbukti bahwa ternyata kita hanya dipermainkan oleh berita tersebut, maka akhirnya kita sendiri yang akan menanggung malu.

         Sebaliknya apabila kita memilih untuk berpikir positif, maka ketika kita mendengar berita miring yang berkaitan dengan diri kita, kita akan tetap tenang, mencari tahu tentang kebenaran atau sumber berita tersebut, dan sekali pun berita tersebut memang benar ada, kita tidak akan merasa sedih, kuatir, atau marah. Karena apa? Karena kita berpikir positif, kita tidak merasa berita tersebut akan menghancurkan kita, tetapi justru berita tersebut dapat mengkoreksi kita untuk menjadi lebih baik lagi atau mungkin di balik berita miring tersebut akan ada hal baik yang muncul di akhirnya.

Positive Thinking2

         Berpikir positif bukanlah sesuatu hal yang mudah, tetapi kita perlu belajar dan berjuang agar mampu memikirkan hal-hal yang positif di balik setiap hal yang terjadi, entah apakah hal yang terjadi adalah hal yang buruk atau pun hal yang baik. Ya benar, kita tidak hanya perlu belajar tetapi kita perlu memperjuangkan pikiran kita sendiri untuk berpikir positif.

         Bagaimana caranya? Dalam setiap hal yang kita lihat, yang kita rasakan, mau pun yang kita dengarkan, seburuk apa pun itu, apabila yang timbul adalah pikiran negatif, kita harus mampu segera mengganti dengan pikiran yang positif. Contoh: seorang teman mengkritik kita habis-habisan, mengatakan bahwa kita perlu berubah, terlalu jahat, terlalu tegas, terlalu pesimis, dan lain-lain. Kalau kita berpikir negatif, kita akan berpikir bahwa kita ini orang yang tidak memiliki sifat yang baik, kita akan jadi minder, kepikiran, sedih, stress, dan banyak lagi kemungkinan yang dapat terjadi. Tetapi jika sebaliknya kita berpikir positif seperti: ya, kita manusia memang memiliki kekurangan atau kelemahan, tetapi saya mau berubah dan dengan kekuatan dari Tuhan saya pasti bisa berubah menjadi semakin lebih baik. Kemudian setelah itu kita memang berusaha untuk menjadi lebih baik lagi, berjalan bersama Tuhan, dan tidak mengandalkan diri sendiri, maka kita akan menjadi orang yang lebih baik.

Positive Thinking

         Dengan demikian, hidup kita akan menjadi lebih baik, karena kita tidak perlu memikirkan hal-hal yang negatif, mencurigai seseorang, atau mengira-ngira sesuatu yang belum tentu benar, Kita hanya perlu berpikir bahwa segala sesuatu yang diijinkan Tuhan untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Sekali pun ada hal yang buruk entah perubahan yang terajadi di sekitar kita mau pun sifat atau karakter kita yang tidak baik, maka kita harus mengubahnya. Ketika kita berusaha untuk menjadi lebih baik maka kekuatan pikiran yang positif itu akan sangat membantu kita mempercepat proses perubahan agar menjadi lebih baik lagi di dalam diri kita dan percaya atau tidak, pikiran kita yang positif dapat mempengaruhi sekitar kita juga atau minimal kita tidak akan gentar atau menjadi takut terhadap apa yang terjadi dengan sekitar kita.

         Berpikir positif berbeda dengan bersikap cuek atau acuh (tidak mau tahu). Bersikap cuek kadangkala perlu juga dalam hidup kita, karena tidak semua hal perlu kita tanggapi. Tetapi segala sesuatu, baik itu kita sadar mau pun tidak kita sadari, begitu banyak hal yang masuk dalam pikiran kita, karena itu kita perlu melatih pikiran kita agar mampu berpikir positif.

         Mulailah dari diri kita sendiri, kita harus dapat mempengaruhi diri kita dengan pikiran yang positif dan pada akhirnya kita akan mampu mempengaruhi sekitar kita dengan hal-hal yang positif juga. “Tuhan berkatilah pikiran-pikiran kami dengan hal-hal yang positif hingga kami dapat mempengaruhi sekitar kami dengan hal-hal yang positif juga. Amin”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s