Asuransi Dan Saya


           Pada saat jam makan siang, di sebuah ruang makan, didalam gedung perkantoran, ada beberapa orang yang terdengar sedang membicarakan suatu perbincangan yang kelihatannya cukup menarik. Terdengar samar-samar, mereka tertawa kecil, lalu kembali berbincang-bincang bersama.

Lalu datanglah seseorang yang bernama Esther yang turut bergabung dan mendengarkan pembicaraan beberapa orang itu. Tidak berapa lama, dia melihat seseorang yang bernama Lia (saya), yang termasuk salah seorang dari kelompok kecil itu, dan disapanyalah saya, katanya “hai Lia, bagaimana kabar mama kamu?”

Singkat cerita saya menceritakan bahwa penyakit yang diderita mama dapat dikatakan sangat serius dan memerlukan biaya yang cukup besar, sedangkan keluarga kami bukanlah keluarga yang kaya raya.

InsuranceEsther kembali bertanya: “apakah mama kamu punya asuransi? Sebab kalau punya asuransi, kamu bisa menghubungi pihak asuransi untuk bisa mencairkan dananya sehingga bisa membantu biaya yang diperlukan untuk proses pengobatan mama kamu”. Saya menggelengkan kepala tanda tidak punya.

Lalu saya yang kurang memahami manfaat asuransi lanjut bertanya kepada Esther: “memangnya kalau punya asuransi kita bisa claim biaya pengobatan kepada pihak asuransi?”. Si Esther yang cukup mengerti dalam hal ini, tanpa ditanyai lebih lanjut, langsung menjelaskan bahwa asuransi ada begitu banyak manfaatnya.

AJB Bumiputera 1912Jadi seseorang bisa memutuskan akan ikut dengan perusahaan asuransi yang mana? Misalnya, sebut saja seperti perusahaan asuransi AJB Bumiputera 1912. Lalu setelah itu, kita bisa menanyakan kepada pihak AJB Bumiputera 1912, mereka menawarkan produk asuransi yang seperti apa? Misalnya saja seseorang memutuskan untuk ikut produk yang jenisnya untuk melindungi dari berbagai macam penyakit kritis dan asuransi jiwa dengan membayar (seperti semacam iuran) bulanan (bisa per tahun juga jika mampu dan bersedia), maka jika seseorang itu tiba-tiba divonis menderita suatu penyakit kritis, maka seseorang itu bisa dibebaskan untuk membayar biaya bulanan tersebut, lalu pihak asuransi akan menurunkan dana sebagai ganti untuk biaya pengobatan sampai seseorang itu sembuh.

Dan jika seseorang tersebut mengalami kejadian paling buruk meninggal dunia, maka pihak asuransi juga akan mencairkan dana kepada ahli waris, yang namanya telah dicantumkan oleh si pemilik asuransi diawal pada saat menandatangani persetujuan untuk mengikuti asuransi tersebut.

Namun sebaliknya jika tidak terjadi hal apa pun juga, maka anggap saja seseorang itu menabung setiap bulannya, dan pada usia tertentu, pada saat jatuh tempo, maka asuransi tersebut dapat dicairkan, beserta bunganya.

Dan itu hanyalah sebagian saja keuntungan-keuntungan yang didapat oleh seseorang yang memutuskan untuk ikut asuransi. Sedangkan kebanyakan orang-orang jaman dulu, sangatlah sulit untuk diajak bergabung dengan suatu perusahaan asuransi, karena mereka sepertinya tidak mengerti benar manfaat memiliki asuransi. Padahal sebenarnya ikut asuransi itu sangatlah menguntungkan.

Mendengar cerita tersebut, saya secara pribadi akhirnya tertarik untuk ikut asuransi. Esther yang sudah memiliki asuransi, membantu saya dengan mengenalkan kepada teman Esther, yang bernama Hanny, agar saya bisa mendapatkan penjelasan lebih lanjut dan sekaligus bisa dibantu prosesnya (penandatanganan form dan sebagainya).

Singkat cerita, akhirnya saya ikut serta dalam sebuah produk asuransi disuatu perusahaan tertentu, dengan membayar setiap bulannya. Saya menganggapnya sebagai investasi, sehingga saya tidak sampai memikirkan atau merasa sayang untuk mengeluarkan sebagian uang gaji saya untuk asuransi.

Sesungguhnya, saya ikut asuransi ini tanpa memberitahukan kepada pihak keluarga. Karena sebelumnya, ketika saya hendak memutuskan untuk ikut asuransi tersebut atau tidak, pihak keluarga saya sangatlah menentang, dengan alasan takut tertipu atau takut rugi, dan sebagainya. Namun oleh dukungan sang kakak yang ternyata diam-diam juga mempunyai asuransi, akhirnya saya memutuskan untuk ikut asuransi tersebut.

Hingga suatu hari, saya, yang selama ini dapat dikatakan jarang sekali menderita sakit, tiba-tiba setelah melakukan tes darah, dokter mengatakan bahwa saya harus masuk rumah sakit, karena sakit Demam Berdarah.

Pihak keluarga awalnya sangat panik, tetapi karena saya memang harus masuk rumah sakit, akhirnya, mau tidak mau saya menerima kenyataan itu.

Sebelumnya saya yang kondisinya sudah lemah, berusaha menelpon pihak asuransi menanyakan berapa biaya minimum kamar yang diberikan kepadanya, sehingga saya bisa memutuskan hendak masuk di rumah sakit kelas atau harga kamar yang berapa?

Ketika sudah berada di rumah sakit, papa saya yang hendak mengurus administrasi, saya beri kartu asuransi agar diberikan kepada pihak administrasi, agar pihak administrasi dapat menginformasikan kepada pihak asuransi bahwa saya, masuk rumah sakit.

Setelah 8 (delapan) hari saya dirawat di rumah sakit, tibalah saatnya papa saya harus membayar biaya rumah sakit. Tetapi sehari sebelumnya, Hanny, seseorang yang selama ini selalu membantu saya untuk segala macam urusan asuransi saya, sudah mempersiapkan berbagai form yang harus ditandatangani oleh saya dan dokter yang merawat saya, sehingga Hanny bisa langsung membantu proses claim biaya rumah sakit selama saya dirawat dirumah sakit.

insurance2Ternyata, produk yang saya ikuti ini bisa 2 (dua) kali claim, yaitu yang pertama biaya rumah sakit sudah langsung dibayar oleh pihak asuransi, dengan cara hanya menyerahkan kartu asuransi. Dan yang kedua, saya bisa mendapatkan biaya dokter dan tes darah pada saat sebelum masuk rumah sakit (biaya perawatan 7 (tujuh) hari sebelum dan sesudah masuk rumah sakit), dengan cara reimburst atau claim ke pihak asuransi secara manual.

Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 (tiga) minggu, asalkan semua prosedur, form yang diperlukan semuanya lengkap ditandatangani oleh saya dan dokter, fotocopy data-data yang diminta oleh pihak asuransi, maka semua biayanya akan dibayarkan oleh pihak asuransi.

Saya benar-benar merasa sangat gembira sekali, karena ketika saya sakit, saya mendapatkan perawatan yang memuaskan, sekaligus gratis, karena ada asuransi yang sudah siap membayar biaya perawatan selama saya sakit.

Seluruh anggota keluarga saya sungguh merasa heran, karena mereka tidak pernah membayangkan betapa mengasyikkan dan mudah ikut asuransi itu. Dan akhirnya papa dan mama tertarik ikut serta asuransi dan seluruh temannya pun diinformasikannya tentang asuransi.

Tak kalah hebohnya, saya pun menginformasikan dan mempromosikan asuransi kepada teman-teman saya lainnya. Sama sekali bukan berharap teman-teman saya mengalami sakit, tetapi saya ingin menginformasikan betapa berarti dan bermanfaatnya asuransi itu bagi kita semuanya.

Kadangkala orang dulu suka takut ketika mereka membutuhkan asuransi untuk mengganti biaya perawatan rumah sakit misalnya, mereka malah mempersulit, dan diduga tujuannya agar tidak perlu membayarkan biaya yang di claim oleh peserta.

Tetapi saya sekarang mengetahui, bahwa kita semua harus pandai-pandai memilih perusahaan asuransi nya, jika perusahaan tersebut baik, dan kita pun mengikuti semua proses dan menurutinya, maka perusahaan pasti tidak punya alasan untuk tidak membayarkan apa yang telah dijanjikannya.

Dan melalui artikel ini, saya pun ingin menganjurkan kepada para pembaca agar tidak segan-segan untuk ikut asuransi dan tentunya sebelum itu, haruslah membaca prosedur dan tipe-tipe produknya dengan baik, agar pada suatu hari nanti tidak merasa tertipu (merasa si sales tidak menjelaskan, atau tidak memberitahukan sebelumnya, dan sebagainya).

Selain kita tak lupa untuk tetap selalu berdoa memohon perlindungan Tuhan agar tidak mengalami sakit penyakit atau terhindarkan dari segala bahaya, dan tak lupa juga untuk selalu menjaga diri agar tidak mengalami sakit (tentunya tidak ada seorang pun yang mau mengalami sakit bukan?), namun kita bisa berpikir bahwa dengan mengikuti asuransi, kita bisa menabung untuk hari tua kita nanti dan bisa mewariskan sesuatu untuk anak cucu kita kelak.

Asuransi tidak melulu untuk sakit penyakit, tetapi asuransi juga merupakan suatu investasi di masa depan. Jadi tidak ada salahnya jika kita mengikuti minimal salah satu produk asuransi.

Tinggalkan Balasan

