PERBEDAAN


DifferentHmm…perbedaan…adalah salah satu judul atau bahasan yang paling sulit menurut saya. Padahal didalam realita kehidupan perbedaan itu sangatlah banyak dan realitanya juga adalah perbedaan itu Tuhan ciptakan. Dan apa pun yang DIA ciptakan itu semua ada maksudNYA, ada tujuanNYA, tetapi entah apa maksudNYA, entah apa tujuanNYA, yang pasti itu semua adalah baik.

Jeffry RahmatPastor Jeffry Rahmat (Pastor of JPCC church) mengatakan dalam salah satu kotbahnya “segala sesuatu yang Tuhan ciptakan itu dengan maksud dan tujuanNYA yang baik, dan apa pun yang orang lain katakan tentang sesuatu itu…jika memang sudah diciptakan untuk maksud dan tujuanNYA yang baik, maka sesuatu itu akan tetap menjadi baik…bahkan menjadi luar biasa..”

Stephen R.CoveyStephen R.Covey didalam bukunya Living The 7 Habits sempat menceritakan juga tentang adanya perbedaan dalam rumah tangga, serba serbi kehidupan di kantor, di sekolah, dari usia anak-anak hingga usia dewasa. Dan salah satu judul kisah nya adalah mengenai Mensyukuri Perbedaan…saat-saat kritis yang membantu menciptakan nilai-nilai seperti persamaan, kebebasan, dan persaudaraan, dan yang memungkinkan nilai-nilai berbeda menjadi terpadu, biasanya terjadi kalau ada keberanian, serta kemurahan hati…”.

            Suatu hari Tuhan berbicara dengan sangat jelas kepada saya: “Lia, semua yang ada dimuka bumi ini (termasuk didalamnya adalah kebudayaan, adat istiadat, agama, dan etnis), AKU yang menciptakan, lalu apa hak manusia membeda-bedakan?

            Sewaktu saya mendengar itu, sungguh saya merasa seperti tertampar.

            Saya terus merenungkan dan merenungkan apa yang Tuhan katakan kepada saya. Selama hampir setahun penuh saya merenungkan dan menggumulkan apa itu perbedaan dan akhirnya Tuhan sendiri yang mengatakan hal itu kepada saya dan saya mengerti bahwa sebenarnya perbedaan itu Tuhan ciptakan, tapi manusia tidak berhak untuk memperkarakannya.

            Seperti yang dikatakan tersebut diatas bahwa segala sesuatu yang Tuhan ciptakan itu pasti baik, termasuk perbedaan ini Tuhan ciptakan itu juga bertujuan baik, bahkan DIA bisa membuatnya menjadi sesuatu yang luar biasa.

Siapa yang dapat mengetahuinya?

Tidak ada. Seorang manusia hanya bisa menganggap bahwa perbedaan itu seperti sesuatu yang tidak wajar, tidak normal, salah, atau aneh.

Seperti seorang anak kecil, jika ikut bicara dalam percakapan orang dewasa, akan terasa sangat aneh (tidak nyambung). Seperti pelajaran sekolah untuk anak SMA, sulit bisa diikuti oleh anak yang berusia 12 tahun ke bawah (SD). Masa lalu dan masa sekarang pun beda…aneh jika anak jaman sekarang harus diperlakukan seperti anak jaman dulu, dan aneh jika dijaman dulu orang menjadi terlalu modern bukan?

Sayangnya, apa yang Tuhan pikirkan, dengan apa yang dilihat dan dianggap oleh manusia itu aneh atau salah, ternyata sangatlah berbeda. Tuhan bisa membuat semua perbedaan menjadi suatu kesatuan yang menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Contohnya: pernikahan terdiri dari seorang wanita dan pria…mereka sangat berbeda…wanita adalah sosok yang aneh (bagi pria)…dan pria pun juga adalah sosok yang aneh (bagi wanita)…namun Tuhan satukan mereka dalam pernikahan, sehingga keduanya menghasilkan suatu synergy (salah satu kotbah Pastor Jeffry Rahmat yang berjudul Family Ties), sesuatu yang dahsyat, sesuatu yang luar biasa, dan tentu saja sesuatu itu adalah sesuatu yang baik (apa yang Tuhan ciptakan pasti baik). Pernikahan, kesatuan dari antara dua pribadi yang berbeda, tetapi disatukan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Suatu hari seorang teman dari kantor saya yang lama, dihina-hina (tentu saja karena bergurau) oleh atasan saya, dikatakannya: “ah kamu…mentang-mentang sudah diatas, lupa sama saya atasan kamu dulu…Kamu sudah saya buang sekarang…sudah saya anggap sampah”. Tetapi dibalas oleh teman saya sambil bercanda juga: “ah ibu…jangan gitu donk…sampah saja bisa didaur ulang kok…Saya didaur ulang ga apa-apa deh…hehehe…”

Jawaban yang luar biasa, pikir saya. Tetapi…ya benar…sampah saja yang menjijikan, kenyataannya bisa didaur ulang dan menjadi sesuatu yang luar biasa (entah itu bisa menjadi sebuah souvenir atau hal apa pun juga).

Kalau oleh manusia saja sampah bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, kalau ada seorang manusia yang bisa memikirkan sesuatu yang tak berguna dan menjijikkan bisa dibuat untuk sesuatu yang baik dan indah, apalagi sesuatu yang kita anggap ‘aneh’, sesuatu yang bagi kita ‘tidak pantas’, ‘menjijikkan’, tidak bisa diapa-apakan lagi, dan sebagainya…tiada yang mustahil…bisa Tuhan buat menjadi menjadi sesuatu yang luar biasa.

Perbedaan yang menurut kita adalah sesuatu yang tidak normal atau tidak wajar…sesuatu yang akhirnya bisa membuat kita tinggi hati (karena kita merasa yang lain berbeda, jadi tanpa disadari bisa saja kita merasa kita ini lah yang paling baik…), sesuatu yang bisa membuat akhirnya membanding-bandingkan antara satu dengan yang lainnya…namun bisa dibuatNYA menjadi sesuatu yang luar biasa.

ObamaTak usah jauh-jauh, sebut saja Obama…seseorang yang mungkin dianggap ‘aneh’, dari keturunan yang campur aduk, tetapi dia bisa menjadi seorang presiden Amerika Serikat, seseorang yang mungkin tidak pernah disebut namanya (tidak terkenal), tetapi diijinkan Tuhan untuk menjadi seseorang yang luar biasa, yang diharapkan oleh masyarakat, untuk bisa memimpin, dan bahkan mengubahkan…(wow…seseorang diharapkan untuk bisa mengubahkan…so amazing!!)

Perbedaan diciptakanNYA, bukan untuk menimbulkan suatu konflik atau perpecahan diantara anak-anak Tuhan. Perbedaan diciptakan bukan untuk mencelakakan. Masing-masing pribadi yang ada dimuka bumi ini sangat berbeda…tidak ada yang sama. Bahkan seorang anak kembar pun tidak sama.

Masing-masing pribadi yang berbeda, tidak ada yang lebih unggul atau lebih rendah…semua Tuhan ciptakan dan diberikan segala sesuatu dengan adil.

Jadi apa hak manusia membeda-bedakan atau mempermasalahkannya?

Tuhan adalah teladan yang sempurna…

“Yesus cinta anak-anak…anak-anak di dunia…kuning hitam putih merah…semua Tuhan cinta…Yesus cinta anak-anak di dunia” adalah sebuah lagu yang terus terngiang-ngiang di telinga saya pada saat menuliskan artikel ini.

Saya sungguh kagum kepada Tuhan, karena DIA telah menunjukkan bahwa DIA sendiri tidak pernah membeda-bedakan…DIA, Tuhan, yang sangat mencintai semua anak-anak (bukan hanya anak kecil) di dunia ini…tanpa membeda-bedakannya. Sekali pun mungkin ada begitu banyak perbedaan, tetapi DIA tidak membeda-bedakan…

Oleh sebab itulah…kita pun sebagai anak-anak Tuhan…tidak ada alasan sama sekali untuk membeda-bedakan…

Segala yang kita anggap ‘rendah’, hina, jelek…bisa dibuatNYA menjadi sesuatu yang luar biasa. Jadi percayalah bahwa segala yang kita lihat secara mata manusia itu tidak layak, tidak baik, jelek, kotor…bisa diubahkanNYA menjadi sesuatu yang sangat luar biasa, bahkan tidak pernah ada dalam pikiran kita sebelumnya.

Perbedaan ada untuk menunjukkan betapa unik dan berkuasanya Tuhan itu. Perbedaan warna yang ada untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih indah dan berwarna-warni. Perbedaan ada untuk memperlihatkan betapa kaya dan inovatifnya Tuhan itu. Perbedaan (Difference) ada untuk memberikan dimensi lain dari kata kesetaraan (Equality).

Kembali ke pembahasan saya diatas bahwa segala yang Tuhan ciptakan dengan maksud dan tujuanNya itu baik. Tuhan berdaulat. Biarlah kita belajar untuk melihat perbedaan dari sudut pandang Allah. Perbedaan ada untuk membuat kita menjadi lebih kaya. Marilah kita bertumbuh lebih kaya dengan menjadi semakin serupa dengan Tuhan Allah yang kita sembah. Punyailah pikiran Allah.

Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s