“Thank you God for today”


Before and AfterSudah bukan merupakan hal yang baru lagi bagi kita semua kalau ada orang-orang yang memiliki badan gemuk ingin menjadi kurus dan sebaliknya yang kurus ingin menjadi gemuk. Yang kaya kebingungan bayar pajak dan waktu isi form pajak jumlah kekayaannya ditulis sekecil-kecilnya angkanya, sebaliknya yang miskin ingin menjadi kaya. Yang memiliki kedudukan tinggi ketika dihujani berbagai masalah lalu melihat yang kedudukannya di bawahnya berpikir “enaknya menjadi dia”, sebaliknya yang berkedudukan tinggi berkata “enaknya menjadi dia, gajinya gedhe”. Yang rambutnya jarang-jarang (tipis) berusaha ke salon minta agar dibuat potongan yang bisa terlihat rambutnya berisi (banyak), sebaliknya yang berambut tebal sampai rela membayar mahal untuk ion agar terlihat lebih tipis.

Doraemon            Dan begitu seterusnya…rasa tidak puas selalu ada di hati manusia, yang ingin begini, dan ingin begitu, seperti lagunya Doraemon “aku ingin begini…aku ingin begitu…ingin ini ingin itu banyak sekali…semua…semua…semua…dapat dikabulkan…dapat dikabulkan dengan kantong ajaib…aku ingin terbang bebas di angkasa…yee…baling-baling bambu…lalala…aku senang sekali…doraemon”. Dan seperti kisah di doraemon itu juga, akhirnya karena terlalu banyak keinginan, dan memang benar bisa diwujudkan dengan kantong ajaib nya doraemon, tetapi akibatnya masalah yang timbul.

            Sulit bagi saya dan tentunya bagi para pembaca untuk benar-benar total menyukai diri sendiri dan tidak berusaha ‘meniru’ orang lain. Paling tidak sesekali kita pasti ada keinginan untuk bisa mempunyai apa yang orang lain (artis) punyai atau pakai.

            Padahal tahukah kita semua bahwa Tuhan menciptakan kita itu unik dan istimewa?

            Tahukah kita semua bahwa hari-hari yang Tuhan ciptakan itu baik?

            Suatu saat saya berpikir “apakah memang ada ‘penggemar’ yang menyukai tulisan saya dan membacanya setiap kali muncul di warta, bahkan menanti-nantikannya?”. Saya sempat bingung dan cukup stress memikirkan bagaimana caranya agar orang bisa tertarik dengan tulisan saya dan blog saya, sehingga suatu saat ketika saya berhasil membuat buku, orang akan berebut membelinya.

            Sampai akhirnya Tuhan mengingatkan kepada saya bahwa setiap orang mempunyai daya tariknya masing-masing dan mempunyai kegemarannya masing-masing.

Max Lucado            Contohnya seperti buku karangan Max Lucado, bagi saya mungkin agak berat susunan kalimatnya atau tata bahasanya, walau pun saya tetap suka membacanya, tetapi mungkin bagi orang lain Max Lucado sangat menarik untuk di baca.

            Jadi baik saya mau pun para pembaca dimana pun anda berada: berambisi itu ok, bermimpi itu asyik dan sangat boleh, ingin ini atau ingin itu juga tidak dilarang, tetapi kita punya Tuhan yang sangat kreatif dan bijaksana. DIA menciptakan semua manusia itu berbeda-beda, DIA menciptakan berbagai perbedaan dengan tujuan agar ditunjukkanNYA bahwa kita semua adalah satu tim yang saling melengkapi dan semua yang dilakukan dan diberikanNYA itu ADIL.

            Coba bayangkan kalau semua diciptakanNYA sempurna sesuai dengan keinginan kita masing-masing, maka tidak ada lagi yang namanya gereja atau perlunya doa, karena semua sudah terpenuhi, semua sudah sempurna, tidak perlu lagi Tuhan, tidak perlu lagi iman. Padahal Tuhan itu sumber segala-galanya, sumber pegangan kita, sumber yang tak terkalahkan oleh apa pun juga.

            Dan lagi-lagi kita perlu bersyukur. Mensyukuri semua apa yang sudah Tuhan berikan bagi kita dan membuat semuanya itu menjadi lebih baik lagi, tetapi bukan berarti mencelakai orang lain atau berlaku jahat.

            Seorang teman mengatakan kepada saya ketika saya bertanya bagaimana dia bisa menjadi lebih kurus “aku tidak pernah diet, percayalah bahwa percuma kita mau diet, yang terpenting adalah hiduplah sehat, berolah raga teratur dan makan makanan yang sehat seperti sayur, buah, kurangi goreng-gorengan dan yang manis-manis serta makanan fast food”.

Orang gemuk            Setelah saya renungkan perkataannya dan ya benar juga, semua orang selalu mengeluh kenapa diri saya begini, mengapa diri saya begitu? Diet itu tidak salah, tetapi untuk tujuan apa kita menjadi kurus dan usaha apa yang dilakukan untuk menjadi kurus, itu yang kadang-kadang salah. Seperti misalnya tidak makan dalam sehari tetapi begitu tahu sudah turun beberapa kg, kemudian makan sebanyak-banyaknya untuk menggantikan keinginan terhadap makanan yang tertunda, ya sama saja, suatu saat pasti naik lagi beratnya, bahkan lebih daripada berat semula.

            Dan mengapa saya katakan bahwa Tuhan itu adil? Mungkin saja jika orang yang suka makan adalah orang yang kurus, maka hidup ini tidak ada perjuangannya bagi si gemuk untuk menurunkan berat badannya dan yang terutama, tidak akan ada yang namanya berbagi. Jadi si kurus merasa memang dirinya perlu makan, jadi dia tidak akan peduli lagi dengan si gendut yang kelaparan, karena baginya: “toh kamu sudah gemuk, maka kamu tidak perlu lagi makan”, padahal orang gemuk mau pun kurus juga perlu makan bukan?

Thank you            Bersyukur adalah sesuatu hal yang sudah biasa dan selalu diingatkan dalam hidup ini. Tetapi realitanya sudah diingatkan pun keluhan itu tetap datang. Jadi tidak salah kalau orang-orang selalu mengingatkan: bersyukur…bersyukur…dan bersyukur.

            Sekali lagi Tuhan itu adil…Tuhan itu sempurna dan DIA sudah memikirkan segala sesuatu yang terbaik bagi kita semua setiap hari. Dan kita sama sekali tidak dilarang untuk membuat semua yang ada pada kita menjadi lebih baik, bahkan kita sama sekali tidak dilarang untuk mempercantik atau membuat cakep diri kita. Tetapi jangan pernah lupa untuk bersyukur dan didalam setiap usaha, janganlah kita sampai mencelakai atau menyakiti orang lain!

Anda Pasti Bisa oleh John Mason

            John Mason didalam bukunya yang berjudul “Anda Pasti Bisa” mengatakan alangkah baiknya jika seseorang mengatakan “thank you God for today” daripada “I hate Monday”.

            Yes…..no we have to said ”thank you God for today!!!”

            And from me: HAVE A NICE DAY too for all of you friends!

One thought on ““Thank you God for today”

Tinggalkan Balasan

