Inilah Kehidupan


            Life

            Di satu waktu yang sama, seorang yang satu bingung bagaimana caranya bisa memperoleh uang untuk membeli mobil dan rumah; seorang yang lain bingung karena anaknya sedang mengalami sakit parah; seorang yang lainnya lagi baru saja mendapatkan rejeki nomplok sebidang tanah yang dijualnya laku dengan harga yang sangat tinggi; seorang yang lainnya lagi sedang berbahagia menyambut kelahiran seorang bayi mungil yang sangat lucu, dan masih banyak lagi kejadian di dunia ini yang bisa terjadi dalam satu waktu yang sama.

            Ada kesusahan, kebingungan, kesedihan, kemarahan, kegembiraan, sukacita, ketakutan, dan sebagainya.

Life2

            Semuanya ada karena memang demikianlah kehidupan.

            Banyak hal yang bisa kita pelajari dalam hidup ini, baik berdasarkan pengalaman ‘tak disengaja’ yang sedang terjadi dengan kita, mau pun berdasarkan pelajaran-pelajaran yang bisa kita lihat dari kehidupan yang dialami oleh orang lain atau yang bisa kita dapatkan di sekolah.

            Kadangkala kerasnya kehidupan, sulitnya mencari nafkah, dan ‘kurang beruntung’nya nasib seseorang, bisa membuat seseorang itu menjadi lebih kuat dan pantang menyerah, tetapi sebaliknya bisa juga membuat seseorang itu memiliki pikiran yang negatif dan sangat egois.

            Ada juga kehidupan yang serba ada, tidak pernah atau jarang mengalami kesulitan, dan keberuntungan nasib selalu berada dipihaknya, dapat membuat seseorang itu menjadi sombong dan semena-mena, tetapi sebaliknya ada juga yang bisa memiliki hati yang berbelas kasih dan suka memberi.

            Kehidupan dan pengalaman tidak selalu membuat seseorang itu menjadi negatif atau positif, karena di setiap detail kehidupannya, hanya dia dan Tuhan yang mengetahuinya.

            Tidak ada pengalaman hidup yang sama bagi setiap orang, sekali pun dua anak kembar yang selalu bersama-sama, berada di tempat yang sama, mau pun memiliki teman-teman yang sama.

            Sekali lagi…inilah kehidupan…ada berbagai warna didalamnya, ada berbagai kejadian didalamnya, dan ada berbagai hal yang terjadi setiap detiknya di setiap tempat yang berbeda.

            Namun…beruntunglah kita semua karena kita memiliki Tuhan, yang bisa menjadi tempat dan satu-satunya pegangan yang hidup, serta penolong yang setia.

Yesus

            PertolonganNYA tidak pernah sama bagi setiap orang. Tetapi DIA sangat mengasihi kita semua. Pengalaman demi pengalaman yang kita lewati, semua tidak pernah lepas dari rencanaNYA. Perbedaan demi perbedaan yang ada, sebenarnya adalah kreatifitasNYA yang sudah seharusnya dan selayaknya serta sepantasnya kita hargai dan hormati.

            Manusia punya keinginan dan rencana, tetapi semuanya tetap kembali kepada keputusanNYA, jika DIA tidak berkehendak, maka semuanya tidak akan pernah jadi, sekali pun manusia dengan segala usahanya berusaha menggagalkan atau mewujudkan rencana manusia yang lain.

            Semua diberikanNYA untuk satu tujuan yaitu memuliakan nama Tuhan. Karena dunia ini diciptakan untuk memuliakan nama Tuhan saja.

            Kita hidup, kita mengalami sesuatu, itu semua untuk kemuliaan Tuhan.

            Siapa kita ini?

            Manusia mendapatkan hak dan mendapatkan kewajiban semuanya tetap untuk satu tujuan, yaitu kemuliaan nama Tuhan.

            Sekali pun demikian, Tuhan itu tidak egois, DIA tidak bermaksud untuk menyenangkan hatiNYA sendiri, tetapi setiap dari kita pun diberiNYA kesempatan untuk bersenang-senang dan mengalami sukacita. Semua diberikanNYA karena DIA sungguh mengasihi kita.

            Dari pengalaman hidup, akhirnya manusia memiliki sikap hati atau respon yang tentunya berbeda-beda. Kasih Tuhan tidak selalu direspon dengan baik, karena kehidupan yang dialami oleh manusia itu.

            Tetapi apa pun yang terjadi…Tuhan tetap akan selalu menyatakan keadilan dan kasihNYA bagi kita semua, dengan caraNYA yang kreatif dan bervariasi.

            Inilah kehidupan…semua hal yang terjadi dapat menimbulkan kesan yang positif mau pun negatif.

            Inilah kehidupan: hidup ini indah, hidup ini keras, hidup ini baik, hidup ini menjengkelkan, hidup ini membosankan, hidup ini sungguh bervariasi, hidup ini penuh warna, hidup ini penuh dengan perbedaan, hidup ini ada canda, ada tawa, hidup ini ada sakit, hidup ini ada susah, hidup ini ada tangis…dan semunya ada dalam kehidupan ini.

            Bagaimana kita meresponi kehidupan ini?

            Karena memang inilah kehidupan.

            Kalau kita mengetahui bahwa kita ciptaanNYA yang sempurna dan sangat dikasihiNYA, maka respon yang baik dan tulus itu yang akan keluar dari hati, kita akan mempunyai pandangan yang benar apa pun kehidupan yang kita alami

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s