How To Be Expert?


Burger Rush1            Ada permainan yang berjudul Burger Rush, ini adalah suatu permainan menjual burger, yang mana kita harus mengumpulkan sejumlah bahan sesuai dengan yang diminta, hingga menjadi burger sesuai dengan yang diinginkan customer.

            Selain itu ada juga menu paket tambahan, seperti coke dan french fries agar nilai uang bertambah. Didalam permainan ini, kita juga harus mengumpulkan token, agar kita dapat meng-upgrade mesin coke dan french fries juga agar kita bisa membuat menu burger yang lebih mahal harganya, dan membeli treat (makanan kecil seperti permen loli, cookies, dan pizza mini) untuk menyenangkan hati customer jika mereka sudah tidak sabar menanti.

Burger Rush4            Permainan ini cukup ringan, kita tidak perlu berpikir bagaimana agar bisa membuat burger yang enak, kita hanya tinggal meng-klik gambar sesuai dengan kebutuhan. Namun dibutuhkan kecepatan tangan dan mata untuk melihat bahan burger apa yang sedang dibutuhkan agar customer dapat segera menikmati burger tersebut, serta agar kita tidak kehabisan waktu.

            Saya sudah memainkan permainan ini hingga empat kali putaran, dari level awal hingga level akhir. Awalnya saya hanya berusaha bagaimana caranya agar bisa menang, memenuhi target yang ditentukan. Tetapi kemudian setelah dua kali saya menang, akhirnya saya mulai berpikir bagaimana caranya untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya token sehingga saya bisa meng-upgrade mesin dengan cepat dan membeli burger yang harganya lebih mahal.

Burger Rush2            Tetapi ternyata pemikiran dan cara bermain saya yang seperti itu menurut saya masih kurang mengasyikkan dan kurang menantang, apalagi ini adalah suatu permainan yang sangat ringan, dan kalau saya hanya cukup puas dengan ‘asal’ memenuhi goal atau target yang diminta, maka sepertinya permainan ini menjadi biasa-biasa saja.

            Akhirnya saya mempunyai ide bagaimana agar saya lebih tertantang lagi untuk memainkan suatu permainan yang ringan tetapi tidak membosankan. Saya akhirnya berusaha mencari cara bagaimana caranya agar setelah saya mencapai goal atau memenuhi target, selanjutnya saya bisa menjadi expert atau mencapai angka yang lebih daripada sekedar goal atau target yang ditentukan.

Burger Rush3            Jadi saya harus lebih banyak menggunakan token untuk meng-upgrade mesin coke dan french fries, karena dengan demikian ketika customer saya beri tambahan coke dan french fries, maka mau tidak mau customer harus membayar lebih (ada bonus tambahan). Dan juga mempercepat tangan untuk memenuhi kebutuhan burger yang diminta, sehingga customer yang baru dengan pesanan burger yang baru lebih banyak yang datang, sehingga akhirnya saya bisa mendapatkan angka bukan hanya sekedar mencapai goal tetapi juga mencapai angka tertinggi (expert).

            Demikian juga didalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja pekerjaan sales, seringkali ketika sales tersebut sudah mencapai targetnya, maka selanjutnya sales tersebut sudah tidak terlalu bersemangat untuk bekerja, padahal sebenarnya mungkin perusahaan belum mencapai targetnya dan jika sales tersebut mau tetap terus bekerja dan mencapai lebih dari sekedar target yang ditentukan untuk dia, maka mungkin saja target perusahaan akhirnya terpenuhi dan jika perusahaan mendapatkan untung banyak, tentu saja para pekerja minimal tidak mendapat ancaman PHK.

            Atau pekerjaan seperti accounting atau administrasi, karena memang tidak ada tantangannya, maka asalkan pekerjaan selesai, kemudian jam kantor usai, pulang ke rumah. Besoknya kembali datang bekerja dan kemudian sore pulang. Demikian seterusnya akhirnya suatu pekerjaan itu menjadi membosankan. Padahal jika kita mau untuk belajar lebih banyak lagi, misalkan saja pekerjaan di department lain, paling tidak mengetahui kira-kira apa yang dapat dipelajari lagi untuk menambah pengetahuan atau wawasan kita, maka akan ada kemungkinan suatu hari nanti atasan kita melihat suatu hal yang baik dari diri kita dan akhirnya kita mendapat pengangkatan.

            Sebenarnya didalam hidup ini, kita bisa menjadi lebih (expert), jika kita tidak hanya puas mencapai goal atau target yang ditentukan. Jika kita mau menggali lebih dalam lagi, sebenarnya ada begitu banyak potensi didalam diri kita ini yang masih belum kita kembangkan. Dan kita bisa terkejut melihatnya jika kita mau usahakan itu.

Expert            Demikian pula dalam hidup kerohanian kita. Sebenarnya kita tidak boleh cukup puas hanya bisa melayani (yang penting tidak hanya sekedar menjadi jemaat biasa), tetapi sebenarnya kita bisa terus menerus meningkatkan disiplin dan tanggung jawab rohani bagi diri kita sendiri, terus mendekat dan mencapai Tuhan lebih lagi.

            Tuhan kita bukan Tuhan yang biasa-biasa, DIA adalah Tuhan yang luar biasa. Dan kalau kita hanya puas menjadi pelayan Tuhan saja di gereja, tetapi tidak ingin menjadi yang luar biasa, maka sebenarnya kita belum benar-benar menjadi anak Tuhan. Karena anak Tuhan itu seharusnya ‘mewarisi’ sifat dan karakter Bapa nya. Jadi jika Bapa kita adalah Bapa yang luar biasa, maka hidup kita pun tidak boleh menjadi biasa-biasa.

            Alami terobosan demi terobosan, mujizat demi mujizat, sampai kita benar-benar bisa mengenal siapa itu Tuhan kita dan bagaimana kehebatanNYA. Bahkan sampai kita benar-benar bisa untuk tidak meragukanNYA sedikit pun, sekali pun mungkin realitanya jalan buntu dimana-mana dan doa kita tidak dijawabNYA. Sampai kita benar-benar mencapai garis akhir dan Tuhan mengatakan bahwa tugas kita di dunia ini selesai, dan kita benar-benar tidak hanya mencapai kemenangan untuk diri kita, tapi juga untuk orang lain.

            Iman dan kerohanian saya sendiri belum mencapai tingkat tinggi (expert), tetapi mari kita sama-sama belajar dan berlari untuk mencapai suatu tujuan yang sudah direncanakanNYA didal kehidupan kita ini.

            Tuhan memberkati!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s