Freedom


Memperingati hari kemerdekaan Indonesia kali ini, kembali kita merenungkan arti kata freedom yang berarti bebas atau merdeka. Apa sebenarnya arti kebebasan atau kemerdekaan itu?

Bagi orang-orang yang hidup di jaman penjajahan, mereka akan mengerti arti kemerdekaan itu. Tetapi bagi kita yang hidup di masa yang sudah merdeka, mungkin hanya bisa membayangkan kengerian dan berbelas kasih pada orang-orang di masa penjajahan itu serta bersyukur karena tidak hidup di masa penjajahan itu.

Arti kemerdekaan dan kebebasan itu sebenarnya cukup luas, tidak hanya berlaku untuk orang-orang atau bangsa-bangsa yang sedang berperang dan yang ingin merasakan kemerdekaan itu, tetapi juga berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari.

Akhir bulan Juli, ketika hendak membuang sampah di depan rumah, saya terjatuh karena sandal yang saya pakai dan aspal yang ada di depan rumah tersangkut. Akibatnya kedua lutut, beberapa jari kaki, dan telapak kaki saya terluka. Selama seminggu saya tidak bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik dan menjadi sangat lambat karena kedua kaki saya terasa sakit.

Setelah lewat satu minggu lebih saya baru memperhatikan luka di kedua kaki saya sudah mengering dan mengelupas kulit keringnya. Walau pun luka itu membekas tetapi saya akhirnya bisa bebas bergerak dan bebas mengenakan baju apa pun tanpa kuatir terkena lukanya dan terasa sakit.

Ketika saya merasakan luka sudah sembuh dan saya bebas melakukan apa pun, bukan berarti saya bisa bebas semau saya dan tidak berhati-hati lagi, melainkan justru saya harus tetap berhati-hati agar tidak terluka lagi karena saya tahu bagaimana rasa sakit dan betapa repotnya ketika saya terluka, jadi jangan sampai saya terluka lagi.

Cerita lain lagi, ketika saya mendengar seorang teman mengalami masalah dalam hubungannya, dia merasa tertekan karena selalu dipaksa untuk melakukan apa yang tidak diinginkannya, bahkan dia juga dibatasi untuk berhubungan dengan orang lain. Didalam hati kecilnya ingin sekali dia mengalami kebebasan, sehingga dia memutuskan untuk berpisah.

Masalah dapat membuat seseorang itu ingin terbebas, karena masalah itu pasti membuatnya sangat tersiksa atau tersakiti dan itu pasti akan membuatnya merasa tertekan. Dan ketika seseorang itu sudah terbebas dari semua masalah yang menekannya, maka dia pasti tidak ingin kembali mengalami masalah yang sama, karena dia pastinya mengingat rasa tertekan yang sudah dialaminya.

Demikian juga sebagai bangsa yang merdeka, selain kita bersyukur, seharusnya kita juga dapat menjaga agar jangan sampai kita mengalami kembali masa-masa sebelum bangsa ini merdeka.

Kita mungkin sebagai seorang yang hanya mempunyai peran kecil untuk bangsa ini, tetapi kita mungkin bisa melakukan hal-hal kecil dan sederhana, seperti misalnya tidak ikut-ikutan berbicara kasar dan memaki-maki orang lain apalagi bangsa lain lalu menuliskannya di Facebook atau Twitter. Karena hal itu tentunya sangat bisa membuat tersinggung dan memicu pertengkaran.

Contoh lain, misalnya di bulan puasa ini, kita yang tidak ikut menjalaninya, kita harus ingat untuk tidak makan atau minum didepan mereka yang sedang menjalankan ajaran agamanya itu. Hal kecil dan sepertinya tidak penting, tetapi sikap tersebut adalah salah satu sikap menghormati satu dengan yang lain, mengingat didalam Negara Indonesia ini telah diresmikan beberapa agama dan semua warga Indonesia bebas memilih.

Didalam hidup ini, Tuhan sudah membebaskan kita semua dari segala penyakit dan berbagai masalah, dan untuk bangsa ini, Tuhan juga yang telah mengijinkannya untuk mengalami kemerdekaan, bebas dari penjajahan.

Oleh karena itu, kemerdekaan atau kebebasan yang kita miliki, sudah seharusnya kita jaga. Walau pun selama kita hidup pasti akan mengalami masalah, tetapi jangan sampai kita mencari-cari masalah yang pada akhirnya dapat menekan hidup ini.

Memperingati Hari Kemerdekaan ini, mari kita bersyukur karena kita sudah mengalami berbagai kemenangan dan pembebasan dari segala hal yang telah menekan kita. Dan jika sampai saat ini ada masalah-masalah yang berlum terselesaikan dan masih menekan kita, maka kita percaya saja bahwa Tuhan sudah membuat akhir dari semuanya itu ada kemenangan.

Merdeka!

Tinggalkan Balasan

