Berhasil!!!



Sebuah kisah yang diambil dari salah satu renungan harian yang berjudul “AKU MENANG!”: Suatu pagi, seseorang melihat sekelompok anak Sekolah Dasar sedang berlari di sebuah lapangan. Sang guru mengatur anak-anak perempuan untuk berlari terlebih dahulu, beberapa menit kemudian disusul anak-anak laki-laki. Ketika memasuki garis akhir, seorang anak perempuan berteriak senang, katanya “yes! Anak-anak perempuan menang dari anak-anak pria!”.

Lalu seseorang yang melihat dari kejauhan itu tersenyum mendengarnya, karena dia mengetahui bahwa anak-anak perempuan itu berteriak dengan keluguan yang dimilikinya, mereka tidak tahu bahwa kemenangan yang diperoleh anak-anak perempuan itu sebenarnya bukan karena kemampuan mereka, melainkan karena sudah diatur oleh sang guru.

Sebenarnya, seringkali hal tersebut terjadi dalam kehidupan orang dewasa juga. Ada begitu banyak orang mengira bahwa semua keberhasilan yang telah dicapainya itu karena kemampuannya, kepandaiannya, kehebatannya, luasnya hubungan yang dimilikinya, dan bahkan ada juga yang merasa bahwa semua pengorbanannya itulah yang menyebabkannya berhasil.

Gideon dan pasukannya, sebuah kisah didalam Firman Tuhan diceritakan ketika mereka sedang berperang dengan bangsa Midian yang banyaknya seperti belalang dan jumlah unta mereka yang tak terhitung, justru Tuhan meminta Gideon untuk mengurangi jumlah pasukan dari 32.000 (tiga puluh dua ribu) orang, hanya menjadi 300 (tiga ratus) orang saja.

Hal itu diijinkanNYA terjadi karena Tuhan ingin menunjukkan kepada bangsa Israel bahwa apabila kemenangan terjadi, itu hanya karena tangan Tuhan dan bukan kekuatan mereka. Dan karena Gideon taat kepada Tuhan, bangsa Israel mengalami kemenangan yang luar biasa.

Ada begitu banyak halangan yang harus kita hadapi sebelum kita mencapai kemenangan atau mendapatkan jawaban atas doa-doa yang kita naikkan. Setelah kita meraih kemenangan dan jawaban atas doa-doa kita, adakah kita menyadari bahwa itu semua karena Tuhan? Walau pun ada begitu banyak yang harus kita korbankan dan harus kita lewati, apa pun itu, tidak ada sedikit pun kemenangan yang kita dapatkan asalnya dari diri kita sendiri, semuanya itu murni dari Tuhan yang karena kasihNYA, DIA memberikan semua yang kita minta dan inginkan.

Kalau pun ada proses yang sering kita sebut dengan semua pengorbanan yang harus kita lewati, itu semua diijinkanNYA karena DIA ingin kita menjadi lebih baik, bukan untuk menunjukkan bahwa dengan semua kesusahan yang kita lewati itu akhirnya kita bisa meraih kemenangan dan jawaban doa.

Tuhan itu berdaulat. Tuhan bisa melakukan apa saja terhadap kita, tidak ada sedikit pun kemampuan manusia yang membuat manusia itu sendiri berhasil. Jadi jika kita dipakai oleh Tuhan, kita mengalami berbagai kemenangan dan kejayaan, itu hanya oleh karena anugerahNYA saja.

Tuhan memberkati.

**inti tulisan diambil dari Renungan Harian 4 Agustus 2010 yang berjudul “AKU MENANG!!”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s