Mau Sukses?…..Ada Resiko



Sepasang kekasih yang hendak merencanakan untuk menikah berdoa agar Tuhan memberikan peningkatan bagi mereka berdua dalam pekerjaannya. Sepasang kekasih ini berharap mereka bisa mendapatkan posisi yang lebih baik atau mendapatkan peningkatan untuk salary mereka karena mereka benar-benar sangat membutuhkannya.

Hingga suatu hari tampaknya Tuhan mulai mendengar doa-doa mereka. Suatu hari pemilik perusahaan berkata kepada si pria agar dia mulai belajar di semua department yang ada karena pemilik perusahaan ini rupanya merencanakan satu posisi untuknya, jadi dia harus mengerti semua hal yang dikerjakan oleh masing-masing department yang ada didalam perusahaan tersebut.

Hari demi hari berlalu dan di pria pun belajar banyak hal di semua department di perusahaan tempat dia bekerja. Hingga suatu hari ketika dia sudah hampir selesai mempelajari semua hal di setiap department di perusahaan tersebut, sang pemilik perusahaan kembali bertemu dengan si pria dan berkata bahwa dia harus ke luar pulau untuk belajar satu hal lagi.

Di satu sisi sepasang kekasih ini gembira karena tampaknya hal ini seperti akhir dari proses yang harus mereka lewati untuk mencapai suatu peningkatan, tetapi disisi lain ada banyak hal yang harus ‘dikorbankan’ atau mungkin harus dinomorduakan, misalnya saja si pria yang memiliki keluarga yang dalam keseharian mereka sangat membutuhkannya, tetapi dia harus ‘merelakan’ untuk sementara waktu karena dia harus keluar pulau yang entah dalam jangka waktu berapa lama dia harus pergi. Dan hal itu benar-benar membuat mereka berdua mengalami kebingungan.

Jika kita melalui jalan besar yang ada di tengah kota, biasa kita akan sering melihat papan iklan yang berbunyi “buy one get one free” atau “beli satu gratis satu”. Tulisan tersebut terlihat begitu besar agar semua orang yang melewati papan iklan tersebut bisa membaca, tetapi seringkali orang tidak melihat tulisan yang sangat kecil yang biasanya diletakan di bagian papan yang paling bawah, yang berbunyi “syarat dan ketentuan berlaku”.

Jarang sekali kita bisa memperoleh barang yang murah atau bahkan gratis tanpa harus memenuhi syarat tertentu. Seperti halnya dengan cerita tersebut diatas, jika seseorang ingin sukses, maka ada proses atau resiko yang harus dia lalui.

Kalau kita mendengar kesaksian dari orang-orang yang tadinya miskin kemudian menjadi kaya, atau kesaksian mengenai seseorang yang sakit kemudian menjadi sembuh. Tampaknya mereka begitu mudah mendapatkan kemenangan lalu menyaksikan semua kebaikan dan kemurahan Tuhan dalam hidup mereka kepada semua orang.

Hampir-hampir dalam kesaksiannya, mereka tidak menceritakan proses, resiko, atau kesusahan yang harus mereka lalui, sehingga akibatnya ada begitu banyak orang yang mendengar juga ingin mengalami kemenangan atau kesuksesan tanpa mengalami proses dan berharap untuk tidak mengalami kegagalan juga.

Semua sejarah yang menuliskan kisah sukses seseorang, tertulis juga kegagalan yang merupakan proses yang harus mereka lalui. Dalam buku yang menuliskan kisah sukses seorang milyuner juga menuliskan bahwa ada resiko mengalami kerugian yang harus mereka ambil ketika mereka memutuskan untuk berinvestasi.

Jadi sebenarnya proses atau resiko itu adalah hal yang harus dilalui untuk orang-orang yang ingin sukses karena semuanya itu bertujuan baik, misalnya seorang bawahan hendak menjadi seorang atasan, maka dia harus belajar agar dia tidak menjadi seseorang yang tidak mengerti apa-apa dan akhirnya mengalami kegagalan ketika dia menjadi seorang atasan.

Selain itu, proses yang harus kita lewati, sebagai seorang pemercaya, kita mengerti bahwa semuanya itu diijnkan Tuhan untuk mendatangkan kebaikan untuk kita. Misalnya, ketika seseorang itu menjadi sukses, maka dia tidak menjadi sombong.

Jadi sekarang kita semua mengerti bahwa Tuhan itu sangat suka kalau anak-anakNYA mengalami kesuksesan, kesembuhan, dan kemenangan demi kemenangan, tetapi DIA ingin kita melalui sebuah proses agar ketika kita mengalami kemenangan, kita bisa bersyukur atas kebaikanNYA, bisa melihat bahwa semuanya itu terjadi karena kemurahanNYA sehingga tidak sedikit pun kita mencuri kemuliaan Tuhan, dan didalam diri kita kita pun sudah siap untuk mendapatkan kemenangan itu.

Proses atau resiko itu menakutkan kelihatannya dan menyakitkan kalau dilalui, tetapi ketika kita sudah melewati semua kesusahan, mengalami kemenangan, dan kita menoleh ke belakangan, melihat semua kejadian yang sudah terlewati, maka kita bisa melihat betapa Tuhan itu sangat mengasihi kita dan ternyata kita mampu melaluii semuanya itu, karena sebenarnya semuanya itu tidak pernah melebihi kekuatan kita.

Ingatlah bahwa janji Tuhan didalam FirmanNYA berkata bahwa dalam setiap proses yang dilalui oleh anak-anakNYA itu ada kekuatan, penghiburan, dan penyertaan yang sangat sempurna.

Tetap semangat!

Tuhan memberkati

**inspired by Frankly Reynold Malumbot


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s