Hargailah Pria, Cintailah Wanita


Ada pepatah mengatakan “dibalik kesuksesan pria ada wanita yang mendukungnya”, entah itu ibunya yang selalu berdoa untuknya atau bagi yang berpasangan, biasanya wanita yang menjadi pasangannya biasanya juga ikut mendukung pria tersebut sampai ia menjadi seorang yang sukses.

Sebaliknya, “dibalik seorang wanita yang sukses, ada pria yang mencintainya”. Kesuksesan wanita tidak melulu didalam hal dunia kerja tetapi juga didalam keluarga sebagai seorang istri dan seorang ibu, dia mungkin bisa menjadi panutan bagi anak-anaknya dan kebanggaan suaminya. Tetapi biasanya orang banyak dengan cepat bisa melihat kesuksesan seseorang itu dari pekerjaannya diluar sebagai ibu rumah tangga. Tetapi apa pun bidangnya, dalam setiap kesuksesan seorang wanita, ada pria yang sangat mencintainya, entah dia itu ayahnya atau pasangannya.

Kesuksesan awal dari seorang pria atau seorang wanita, seringkali membuat pria dan wanita itu bahagia, bangga, dan masih ingat pada pasangan atau orang tuanya atau saudaranya yang telah mendukung dia selama ini. Tetapi seringkali yang dilupakan oleh pria dan wanita yang sukses itu dan sebaliknya juga bagi wanita atau pria sebagai pendukung, bahwa kesuksesan itu akan berdampak pada kesibukan. Jika wanita itu seorang ibu rumah tangga, mungkin kesibukannya akan tetap sama. Tetapi jika wanita itu seorang pekerja diluar sebagai ibu rumah tangga, maka kesibukannya akan jadi berbeda.

Jadi seseorang yang sukses, biasanya akan menjadi lebih sibuk daripada sebelum-sebelumnya. Sehingga mungkin waktu untuk keluarga, baik dengan pasangan atau dengan orang tua bisa akan menjadi sangat berkurang. Dan jika hal ini tidak disadari oleh kedua belah pihak, maka mereka yang sukses itu tidak akan menyadari bahwa mereka akan segera menyakiti hati orang-orang yang telah mendukung mereka selama ini karena orang-orang itu akan bisa jadi akan segera merasa ‘terabaikan’.

Setiap orang tua yang sudah berpengalaman, pasti mengerti bahwa suatu saat mereka akan ‘kehilangan’ anak-anaknya, sehingga mungkin para orang tua sudah ‘pandai’ didalam mempersiapkan dirinya untuk melihat anak-anaknya sukses dan tidak lagi memiliki banyak waktu untuk memperhatikan dan berkumpul dengan mereka.

Tetapi bagi pasangan yang mungkin terbiasa selalu bersama-sama, mengharapkan pada saat pernikahan nanti selama-lamanya mereka akan selalu bersama dan menjadi bahagia dengan bersama-sama menikmati semua kesuksesan yang diperolehnya, maka akan sangat menyakitkan jika realita yang harus mereka hadapi ternyata pasangannya menjadi lebih sibuk dari sebelumnya.

Pada umumnya, tips yang diberikan untuk semua pasangan yang memiliki masalah seperti tersebut diatas adalah agar mereka mengusahakan dan memiliki waktu untuk pergi berlibur hanya berdua dengan mematikan semua ponsel misalnya.

Tetapi sebagai seorang percaya, tips nya adalah mutlak untuk selalu menyertakan Tuhan didalam hubungan dan didalam rumah tangga. Apa pun kesuksesan yang tengah kita alami saat ini, baik kita seorang wanita mau pun seorang pria, jangan pernah meninggalkan pembacaan dan perenungan Firman Tuhan setiap harinya dan jangan pernah lupa untuk berdoa, khususnya ketika kita hendak memulai hari-hari kita.

Ketika pria yang sukses mulai sibuk dan tidak lagi dapat memperhatikan kebutuhan si wanita, bahkan tak lagi mau mendengar apa pun ocehannya karena tubuh jasmani terlalu lelah dan hanya ingin sebuah ketenangan, maka cepat atau lambat sikap itu akan menyakiti si wanita. Si wanita kemudian akan merasa dia tak lagi dicintai dan kebingungan karena otoritas diatasnya tiba-tiba memiliki dunianya sendiri.

Sebaliknya, ketika wanita sukses mulai sibuk dan tidak lagi mempunyai waktu untuk si pria,. Lalu si wanita mulai merasa sulit mendengarkan masukan si pria karena mungkin merasa masukan itu tidak lagi dapat diterapkan, maka si pria pun segera mulai merasakan bahwa si wanita sudah menginjak-injak harga dirinya. Seolah-olah si wanita memperlakukan si pria sebagai supirnya atau pembantu si wanita.

Setiap kesibukan, bisa membawa pada pertengkaran dan berakhir pada perpisahan. Padahal awalnya mereka saling mendukung. Hal ini terjadi karena kedua belah pihak tidak bersama-sama berusaha mempertahankan hubungannya dengan Tuhan. Mereka menganggap bahwa semua akan baik-baik saja dan mereka akan saling mengerti, serta menjadi kuat. Padahal lebih dari semua kekuatan dan pengertian manusia, hubungan dengan Tuhan itu yang dapat membuat mereka bisa saling mengerti dan menjadi kuat.

Suatu harga yang mutlak harus kita bayar setiap harinya, yaitu meluangkan waktu membaca dan merenungkan Firman Tuhan, serta berdoa kepadaNYA. Karena sebagai seorang percaya, setiap hubungan itu diawali dengan hubungan segitiga antara Tuhan pada posisi diatas hubungan pria dan wanita. Jadi apa pun yang terjadi, pria dan wanita itu tidak bisa lepas dari hubungan pribadinya dengan Tuhan.

Walau pun posisi pria dan wanita itu sebagai penolong atau pendukung, yang selama ini mungkin sebagai seorang yang selalu mendoakan dan harus kuat, ia tetap harus mempunyai hubungan yang baik secara pribadi dengan Tuhan. Sebaliknya, bagi pria atau wanita yang mungkin hanya mendapatkan dukungan, dia pun juga harus tetap mempunyai waktu dengan Tuhan nya secara pribadi.

Jadi dua belah pihak harus mengisi hati, pikiran, dan hidupnya dengan perenungan Firman Tuhan dan hubungan yang baik dengan Tuhan. Demikian selanjutnya pria akan tetap bisa mengasihi wanita karena kasih Kristus sendiri yang selalu mengisi hatinya, sebaliknya wanita akan tetap bisa menghargai seorang pria karena hati wanita itu pun dipenuhi dengan setiap Firman yang mengajarkan sikap penundukan diri pada otoritas yang ada diatasnya baik kepada pria sebagai pasangan, apalagi kepada Tuhan nya sebagai otoritas tertinggi.

Dalam setiap kesuksesan yang dapat membuat kita lebih sibuk dari biasanya, bagi para pria jangan pernah lupa untuk mencintai wanita yang selalu menaikkan doa-doa mereka untukmu dan juga bagi para wanita jangan pernah lupa untuk menghargai pria yang mempunyai otoritas diatasmu, walau pun mungkin banyak hal wanita merasa lebih berpengalaman dari pria.

Dan bagi keduanya, hal yang terpenting adalah jangan pernah lupa untuk selalu sertakan Tuhan didalam hidupmu, walau pun kebahagiaan dan kesuksesan itu tetap harus diusahakan, tetaplah mengisi hati, pikiran, dan hidupmu dengan perenungan Firman Tuhan dan dengan doa, agar DIA sendiri yang mengisi hatimu dengan kasihNYA setiap hari.

Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s