Tak Pernah Terlambat


Ada seorang teman yang selalu datang terlambat di kantor. Mau ditegur, mau di beri surat peringatan, dan dimarahi oleh atasan tertinggi sekali pun sepertinya dia memang sulit untuk bisa datang tepat waktu di kantor dan dalam acara apa pun juga. Teman ini bukannya tidak berusaha, tetapi dia memang sangat lambat, bangun sepagi apa pun dia akan tetap terlambat karena kelambatannya. Sehingga semua orang harus mau bersabar dengannya karena mungkin dia masih belum bisa mengatur waktunya lagi.

Ada lagi teman yang lain, yang selalu datang tepat waktu, bahkan jauh sebelum waktunya, dia pasti sudah datang dan dia juga sangat disiplin. Jadi jika kita membuat janji dengannya, maka kita harus bisa menyesuaikan diri, jangan sampai teman kita itu menunggu lama.

Teman lainnya lagi memiliki kesan sangat santai tetapi dia kadangkala bisa terlambat dan bisa juga tepat waktu. Sehingga semua orang yang mempunyai janji dengannya bisa lebih santai dibuatnya, tidak harus tergesa-gesa, tetapi juga tidak perlu tegang karena dia tidak akan berlambat-lambat juga.

Hidup didunia ini ada beraneka ragam teman yang mempunyai karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda. Jika kita hendak berteman dengan banyak orang,, maka kita harus menyesuaikan diri agar kita tidak menyusahkan mereka dan kita sendiri tidak dibuat kesal atau tegang oleh mereka.

Tetapi yang pasti, pekerjaan menunggu itu tidak ada yang enak. Kalau kita berhadapan dengan teman yang sangat lambat dan kita selalu dibuatnya menunggu maka hal itu pasti sangat mengesalkan. Kecuali jika pada waktu menunggu itu kita mempunyai sesuatu yang bisa dikerjakan maka mungkin waktu akan tidak akan terasa lama.

Demikian pula ketika kita harus menanti jawaban doa. Seringkali jawaban doa itu terlalu lama datangnya. Dan tak jarang ketika jawaban doa itu datang, ternyata diluar harapan kita, berbeda dari yang kita harapkan. Menyenangkan jika ternyata lebih baik daripada yang diharapkan, tetapi menyakitkan jika lebih tidak baik dari yang diharapkan.

Sebagai orang percaya, kita semua tahu bahwa jawaban Tuhan itu pasti yang terbaik dan tepat pada waktuNYA. Kita juga tahu bahwa ditengah penantian itu ada proses yang membuat kita menjadi lebih baik dan pada saat penantian itu kita juga dipersiapkan dalam banyak hal agar pada saat kita menerima jawabanNYA, kita siap.

Tetapi dengan pengetahuan kita akan arti penantian dan jawabanNYA pasti tepat waktu itu, mengapa kita masih sering meragukanNYA? Mengapa kita masih sering mengeluh, marah, menghujat, dan menghakimi DIA? Karena penantian itu memang tidak akan pernah membuat nyaman dan disisi lain mungkin kita didesak dari berbagai sisi untuk melakukan sesuatu atau membuat keputusan yang membuat kita bingung.

Kepanikan, kemarahan, ketakutan, dan kesedihan adalah hal yang sangat wajar. Kita bisa mengutarakannya dengan jujur rasa tidak enak yang ada dihati kepada Tuhan, karena DIA Maha Tahu, kita tidak perlu merasa bahwa semuanya sedang baik-baik saja.

Tetapi di setiap penantian, kita bisa terus menerus berdoa dan merenungkan serta melakukan Firman Tuhan. Harus ada sesuatu yang bisa kita lakukan agar penantian itu tidak melelahkan.

Tidak ada hari yang selalu malam, tidak ada cuaca yang selalu hujan, tidak ada tempat yang selalu gelap. Malam akan kembali sirna dengan hadirnya matahari, pelangi akan muncul sehabis hujan, dan cahaya lilin sekecil apa pun bisa memberikan sinar yang sangat terang ditengah kegelapan.

Demikian Tuhan, tidak akan selama-lamanya membiarkan kita mengalami sengsara, kejatuhan, dan kesakitan. Benar-benar pada waktu yang tepat DIA akan mengangkat kita naik dan mengeluarkan kita dari kesusahan.

Seringkali orang salah sangka mengenai hidup berkelimpahan. Jadi sebenarnya, hidup berkelimpahan itu bukan soal harta dan kemegahannya, tetapi hidup berkelimpahan yang dijanjikanNYA adalah hidup yang berkelimpahan oleh kasih dan anugerahNYA semata-mata. DiberikanNYA kekuatan bagi setiap kita didalam menghadapi berbagai masalah. Jadi jika saat ini kita sedang benar-benar menanti-nantikan Tuhan beserta jawabanNYA. Tetaplah setia dan bertekun didalam Firman dan doa kepadaNYA, karena terlebih dari semua itulah yang akan diberikan bagi kita.

Tidak ada janji didalam FirmanNYA bahwa hidup anak-anakNYA akan selalu bahagia. Justru anak-anak yang dikasihiNYA akan dihajarNYA agar anak-anakNYA itu tidak menjadi anak-anak gampangan. Selain itu, hidup kita ini memang bertujuan untuk menyatakan kemuliaanNYA. Kita dipakai untuk kemuliaanNYA, bukan untuk memberikan kita kebanggaan atas semua keberhasilan kita. Jadi, sadarilah bahwa kita ini bukan siapa-siapa.

Adakah diantara pembaca yang sedang mengalami masalah, berbeban berat, dan sedang menannti-nantikan jawabanNYA? Adakah diantara pembaca yang sedang mengharapkan sesuatu mujizat dan hal baik didalam hidup ini?

Tuhan itu Allah yang setia, DIA tetap tidak akan membuat segala sesuatunya menjadi terlambat. Dan percayalah, bahwa selama hati kita tulus dan murni, maka DIA tidak akan pernah mempermalukan kita.

Tuhan memberkati.

One thought on “Tak Pernah Terlambat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s