Ada Hal Yang Merepotkan Untuk Menjadi TOP


Permainan Burger Rush adalah permainan yang paling sering saya mainkan, walau pun sudah berkali-kali saya menyelesaikannya, tetapi saya akan kembali mengulanginya untuk mengisi waktu-waktu luang saya, karena untuk memainkannya saya tidak perlu repot untuk berpikir dan tidak perlu menghabiskan banyak tenaga.

Saya pernah menuliskan tentang bagaimana caranya untuk dapat menyelesaikan berbagai hal dalam kehidupan ini dengan tidak sekedar ‘selesai’ tetapi juga menjadi expert atau lebih dari sekedar mencapai goal tetapi mencapai angka yang jauh diatas sempurna, dan ide tulisan tersebut datang ketika saya memainkan permainan Burger Rush ini.

Tulisan saya kali ini pun idenya datang dari permainan Burger Rush. Karena terlalu sering memainkannya, maka saya sering mencoba-coba trik untuk menjadi expert atau mencapai angka yang tidak hanya sekedar goal tetapi lebih dari goal.

Didalam permainan Burger Rush ini tersedia fasilitas untuk memberikan tambahan kentang goreng dan minuman coke kepada customer sebagai pembeli burger. Pada awalnya menurut saya pemberian kentang goreng dan coke ini hanya akan merepotkan saya, karena saya harus meng-klik kentang goreng dan coke-nya jika sudah tersedia dan meletakkannya pada nampan dan tentu saja hal itu memerlukan waktu extra. Sehingga saya tidak pernah menambahkan kecepatan penggorengan dan penyediaan coke-nya serta tidak pernah menambahkan macam-macam rasanya agar tidak merepotkan saya.

Tetapi berjalannya waktu dan bertambah sering saya memainkannya, serta berbagai trik yang saya coba untuk meningkatkan perolehan angka permainan, akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk mencoba meningkatkan kecepatan serta menambah macam rasa kentang goreng dan coke pada fasilitas permainan tersebut. Cukup mengejutkan saya karena ternyata penambahan kentang goreng dan coke itu membuat saya menjadi lebih mudah untuk mencapai angka yang lebih dari sekedar goal (menjadi expert) dan paling tidak saya tidak pernah gagal untuk menyelesaikan setiap level yang ada.

Dari permainan yang sederhana ini, saya berpikir bahwa didalam kehidupan kita juga sering ingin ‘untung’ besar atau mengalami kesuksesan yang luar biasa tetapi tidak mau repot. Ingin semuanya serba instan dan nyaman, serta segera menyenangkan diri sendiri.

Firman Tuhan berkata bahwa harta yang cepat diperoleh akan segera habis. Demikian pula didalam kehidupan kita, jika kita ingin semuanya segera menjadi kaya, sehat, dan sukses, maka bisa saja kita juga segera jatuh miskin dan sakit kembali.

Saya ingat ketika mami saya sakit, saya ingin agar mami saya segera sembuh, karena tujuannya agar saya bisa bebas untuk mempunyai waktu sendiri dan tidak terus menerus menjaga mami saya, mengingat waktu-waktu bersama orang sakit itu sangat melelahkan dan rasanya bosan melakukan rutinitas yang membuat hati menjadi sedih itu.

Tetapi mami saya tidak menjadi sembuh dalam waktu yang cukup lama. Sebentar saja kondisi tubuhnya membaik tetapi segera kembali memburuk. Awalnya merasa sangat kesal karena mami tidak segera sembuh, tetapi sekarang saya mengerti jika mami pada saat itu segera sembuh maka proses perbaikan atau proses “memunculkan’ karakter yang baik didalam diri saya tidak akan menjadi ‘matang’, mungkin saya akan menjadi orang sabar hanya pada saat itu, tetapi sesudah mami saya sembuh, saya pasti lupa bagaimana caranya untuk kembali bersabar, dan dengan proses yang cukup lama, maka karakter saya yang baik akan benar-benar terasah dan akhirnya menjadi kebiasaan yang baru dan tentunya yang baik bagi hidup saya.

Dan didalam hidup ini jika kita menganggap sepele orang-orang yang tampaknya merepotkan kita dan kalau bisa kita menjauhinya, tetapi sekarang kita tahu bahwa orang-orang tersebut ada untuk membawa kita (bahkan dengan cepat) untuk menjadi seorang yang expert atau mempunyai nilai-nilai kehidupan yang lebih dari sekedar baik.

Jika kita ingin segera menyingkirkan segala sesuatu yang menurut kita hanya akan membuat repot dan bahkan kita tidak ingin menyentuhnya, maka kita harus tahu bahwa segala sesuatu itu bisa saja yang akan membawa kita pada keberhasilan atau sesuatu yang jauh lebih baik daripada yang hendak kita capai.

Mungkin orang-orang atau segala sesuatu yang merepotkan itu hanya akan menyita waktu kita, bahkan bertahun-tahun lamanya, tetapi ketika kita bisa menyikapinya dengan baik dan tetap berusaha untuk bersabar, maka suatu saat usaha kita pasti dapat mensyukuri keberadaan orang-orang dan segala sesuatu yang merepotkan itu, dan kita akan mencapai ‘nilai kehidupan’ atau karakter yang lebih daripada sekedar nilai baik atau kesuksesan yang lebih daripada sekedar goal.

Tuhan memberkati!

One thought on “Ada Hal Yang Merepotkan Untuk Menjadi TOP

Tinggalkan Balasan

