Jangan Diriku Berbuat Jahat!


Didalam hidup ini, kita tidak pernah tahu apa yang dilakukan oleh orang-orang disekitar terhadap kita. Kadangkala mereka bisa saja merasa iri atau sakit hati terhadap sikap kita, lalu mereka mencoba untuk membalas dendam dan menyakiti kita dengan cara-cara yang tak terlihat, yang sering disebut dengan santet. Sehingga orang-orang percaya sering berdoa agar setiap saat mereka dilindungi dari segala yang jahat.

Tidak hanya itu, tetapi misalnya saja jika kita hendak bepergian, maka kita akan mengawali perjalanan kita itu dengan doa agar dijauhkan dari segala kecelakaan. Sebaliknya, jika kita hendak bekerja atau sekolah, maka kita berdoa agar kita mendapatkan berkat materi dan berkat kepandaian, serta kesehatan agar dapat menjalani hari-hari yang penuh dengan aktifitas.

Berbicara mengenai doa, ada doa yang cukup terkenal dan dapat dihafal oleh hampir semua orang percaya tertulis didalam injil Matius 6:9-13 yang berbunyi “Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah namaMu, datanglah KerajaanMu, jadilah kehendakMu, di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat”.

Dari isi doa tersebut, saya sempat merenungkan, mengapa banyak orang selalu berdoa agar ‘dia’ atau sebutan untuk orang lain untuk tidak berbuat jahat pada kita? Apakah kalimat yang berbunyi ‘lepaskanlah kami dari pada yang jahat’ itu selalu berkaitan dengan orang lain yang akan berbuat jahat pada diri kita? Saya rasa tidak.

Pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri ‘mengapa orang lain itu berbuat jahat pada kita’? Orang lain berbuat jahat pada kita, sebenarnya dapat disebabkan oleh perbuatan jahat kita pada orang lain itu sebelumnya, walau pun kadangkala kita berbuat baik pun bisa dianggap sebagai perbuatan jahat oleh orang lain, tetapi tulisan pada artikel kali ini lebih berfokus pada perbuatan atau perkataan jahat yang kita lakukan pada orang lain.

Suatu hari ketika saya berdoa pada Tuhan agar DIA melindungi rumah kami dan seluruh keluarga dari semua yang jahat, tiba-tiba saya teringat melalui perenungan ini untuk berdoa agar hidup saya, perilaku saya, dan perkataan saya, serta seluruh keluarga juga dijauhkan dari segala hal yang jahat terhadap orang lain.

Didalam isi Doa Bapa Kami ‘lepaskanlah kami dari pada yang jahat’ terkandung arti bahwa kita harus menyadari bahwa seringkali kita juga bisa menjadi alat untuk bersikap jahat pada orang lain, baik melalui perkataan mau pun perbuatan, baik secara sengaja mau pun tidak sengaja. Oleh karena itu tidak ada salahnya kalau kita berdoa agar diri kita sendiri jangan sampai berbuat jahat pada orang lain.

Seringkali ketika orang lain berbuat jahat atau berkata-kata hal yang tidak berkenan bagi kita, lalu kita bersikap dan berusaha untuk berkata-kata yang tidak baik untuk membalas dendam juga. Padahal belum tentu orang tersebut berniat atau berpikiran buruk pada kita. Jadi ketika kita berdoa agar kita dijauhkan dari segala hal yang jahat, maka sama halnya kita berharap tidak hanya agar dijauhkan dari perbuatan dan perkataan yang buruk, tetapi juga dari pikiran dan niat hati yang buruk terhadap orang lain juga.

Demikian juga sama halnya dengan berdoa untuk meminta berkat. Seringkali kita berdoa agar berkat itu datang hanya untuk diri kita dan lupa bahwa ada begitu banyak orang yang juga membutuhkan berkat. ‘Keserakahan’ (hal yang buruk dari hati kita) itu seringkali membuat kita lupa bahwa ada begitu banyak orang yang hidupnya jauh lebih susah daripada kita dan kita perlu ‘berbagi’ doa juga untuk mereka.

Jadi, jika selama ini kita sering berdoa untuk meminta berkat atau segala hal yang baik dan dijauhkan dari segala hal yang buruk yang datang dari ‘luar’ terhadap diri kita dari Tuhan, maka sekarang kita bisa berdoa untuk memintakan berkat untuk orang lain juga (tidak hanya untuk diri sendiri) dan jangan lupa untuk berdoa agar kita pun dijauhkan dari segala niat dan hal yang buruk yang mungkin akan kita lakukan terhadap orang lain pada Tuhan.

Tuhan memberkati.

One thought on “Jangan Diriku Berbuat Jahat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s