Pastikan Meningkat!


Suatu hari, dalam perjalanan menuju ke suatu tempat, tiba-tiba suami saya menunjuk pada sebuah pesawat yang kalau dilihat dari arahnya, pesawat itu baru saja berangkat atau terbang dari airport menuju ke suatu tempat (take off).

Sambil menunjuk pesawat tersebut suami saya berkata “pesawat itu ternyata kalau naik lambat”. Saya hanya diam dan memperhatikan laju pesawat tersebut. Beberapa kali saya melihat pesawat yang hendak take off akan selalu melaju dengan pelan menurut penglihatan mata, tetapi tentu saja harus dapat dipastikan bahwa pesawat tersebut terus naik.

Kalau pembaca ada yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat, maka dapat dirasakan juga ketika take off atau berangkat, pesawat yang ditumpangi akan melaju dengan sangat pelan, tetapi harus dapat dipastikan pesawat itu naik menuju pada ketinggian tertentu, sampai pada waktunya pesawat akan kembali turun untuk landed atau mendarat.

Sebuah ilustrasi yang sederhana dari ucapan kalimat yang sederhana, tanpa maksud-maksud tertentu, tetapi mengingatkan pada kita semua bahwa didalam perjalanan hidup ini, walau pun mungkin terasa lambat, tetapi pastikan hidup kita sedang melangkah naik.

Ada seorang pengusaha yang baru setahun menjalankan bisnisnya sendiri. Sang istri berkata bahwa mereka sudah beberapa bulan tidak mendapatkan pesanan dari customer. Lalu sang istri mengatakan bahwa usaha mereka sedang mengalami kerugian dan tidak ada pemasukan.

Karena perkataan yang terus menerus dari seorang istri, maka pengusaha ini pun mulai melakukan perhitungan. Dihitung mulai dari modal awal, dikurangi dengan pembelian barang, ditambah dengan penjualan yang dilakukan, serta pembayaran gaji karyawan, listrik, PDAM, telepon, dan lain-lain, ternyata mereka mengalami suatu keuntungan. Walau pun tidak 100% untung, tetapi mereka tidak mengalami kerugian seperti yang dikatakan oleh sang istri.

Jadi mungkin usaha yang sedang mereka lakukan itu terlihat mengalami kerugian karena sudah beberapa bulan mereka tidak mendapatkan order atau pesanan, atau dapat dikatakan perjalanan bisnis mereka tampaknya atau terasa lambat, tetapi realitanya mereka tidak mengalami kerugian, tetapi sudah mendapatkan keuntungan.

Mengetahui bahwa mereka tidak mengalami kerugian, bukan berarti bisa membuat mereka kemudian bersantai-santai dan tidak mencari order lagi, melainkan dari cerita tersebut kita dapat mengerti bahwa didalam hidup ini mungkin saja ketika kita menoleh ke arah hidup diri kita sendiri, tiba-tiba saja dapat terlihat bahwa kita sedang mengalami ‘kerugian’ atau terasa berjalan sangat lambat dan tidak menghasilkan apa-apa.

Ketika kita mengalami hal itu, pastikan dulu bahwa kita sedang mengalami peningkatan atau berjalan ke arah naik! Pastikan kita tidak benar-benar sedang berdiam diri tanpa usaha dan tidak sedang membiarkan diri kita mengalami penurunan!

Demikian pula dalam kehidupan rohani kita. Mungkin akhir-akhir ini sepertinya Tuhan tidak berbicara pada kita melalui penglihatan atau pendengaran atau suara hati kita, seolah-olah Tuhan sedang diam. Sepertinya tiba-tiba kita kehilangan karunia atau kepekaan kita terhadap suaraNYA. Tetapi pastikan bahwa kita tidak sedang bergerak untuk menjauhi Tuhan! Pastikan bahwa Tuhan dapat berbicara dengan cara yang berbeda! Pastikan bahwa kita masih terus menerus mencari Tuhan dan menanti-nantikanNYA.

Biasanya, setelah mendapatkan suatu mujizat dan masalah berat berakhir atau mendapatkan jawabanNYA, seolah-olah perjalanan hidup kita mulai lagi dari nol. Pada saat itulah biasanya kita akan mengalami pergerakan yang terasa ‘lambat’, tetapi pada saat itu kita harus pastikan bahwa kita ada pada “tingkatan” atau level yang baru dan masih harus terus naik sampai ke suatu tujuan.

Seperti ketika kita melangkah naik anak tangga, khususnya anak tangga yang cukup tinggi, maka kita akan merasa lebih cepat lelah dan perlu tenaga extra untuk melangkah terus naik. Tetapi ketika kita hendak menuju ke suatu tempat yang ada di atas, maka tidak ada pilihan lain selain menaiki anak tangga tersebut (dengan mengabaikan adanya tangga escalator atau lift yang biasa tersedia di gedung bertingkat).

Demikian pula jika kita ingin mengalami peningkatan, ada kalanya kita harus mengalami perjalanan yang mungkin dirasa sangat lambat dan melelahkan, tetapi sekali lagi saya katakan: pada saat kita merasa berjalan lambat, harus dipastikan kita sedang berjalan naik atau mengalami peningkatan!

Berjalan lambat itu bisa berarti sedang melakukan atau menjalani proses-proses yang harus dilewati dan proses itu membutuhkan waktu. Berjalan lambat itu juga bisa berarti kita sedang dalam proses pembelajaran untuk bisa mengerti dan memahami sesuatu. Berjalan lambat itu bisa berarti kita sedang berlatih kesabaran atau penguasaan diri.

Jadi selama kita merasakan bahwa jalan kita lambat, tetapi kita sudah pastikan bahwa kita sedang menuju ke arah naik, maka bersabarlah dan bertekunlah, pada saatnya nanti, kita akan sampai pada tujuan kita.

Tuhan memberkati.

**Inspired by Frankly Reynold Malumbot & Heidy Sutandio

3 thoughts on “Pastikan Meningkat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s