Tuhan Selalu Punya Cara


Takkan kuragu Tuhan, janjiMU yang menghidupkanku.
Hanya padaMU Tuhan, ku berseru dan mataku tertuju padaMU
KAU s’lalu punya cara untuk menolongku
KAU s’lalu punya jalan keajaibanMU
KAU dahsyat dalam segala perbuatanMU
Dan kutenang didalam caraMU
(Composed song by Jason)

Seorang teman yang saat ini tinggal bersama suaminya di Jerman, memberitahukan lagu tersebut kepada saya, ketika saya bercerita padanya kalau saya sedang mengalami suatu masalah yang mustahil untuk diselesaikan.

Dia berkata pada saya bahwa ketika dia mendengarkan lagu tersebut, dia tertawa dalam hati, berpikir bahwa lagu itu tidak ada apa-apanya, tetapi ketika dia berhasil melewati atau mendapatkan jawaban atas pergumulannya, dia jadi tahu bahwa memang lagu tersebut benar.

Oleh karena saya mengalami kesulitan men-download lagu tersebut, akhirnya saya hentikan, tetapi saya sudah sempat mendengarkannya satu bait penuh. Saya juga berpikir “ahh…lagu apa sih ini, ga (tidak) jelas dan apa iya DIA bisa penuhi janjiNYA atau aku yang salah menafsirkan janjiNYA?”.

Sampai suatu hari Minggu, saya hadir dalam kebaktian di Gereja Kristen Perjanjian Baru Masa Depan Cerah Surabaya, dan ternyata hadir Jason, yang adalah pengarang lagu tersebut. Dia bersaksi bagaimana dia bisa menciptakan lagu tersebut.

Ceritanya sekilas yang saya ingat, dia sedang mengikuti lomba makan salah satu merk mie instan dan karena dia bukan berasal dari keluarga yang kaya, maka bagi dia hadiah yang diberikan pada waktu itu cukup besar untuk memenuhi kebutuhannya.

Perlombaan tersebut dibagi beberapa kelompok dan dilihatnya kelompok yang lain bisa memakan sekitar belasan bungkus mie instan. Sedangkan gilirannya, sampai sesudah bungkus yang ketujuh dia sudah kekenyangan sekali dan ingin muntah. Tetapi dia berdoa dan berkata pada Tuhan untuk membantu dia, dia butuh uang tersebut dan butuh pertolongan.

Kelihatannya mustahil, tidak ada orang yang sudah kekenyangan makan berbungkus-bungkus mie instan masih bisa melanjutkan perlombaan tersebut. Tetapi Tuhan punya segala cara untuk menolongnya. Entah kekuatan dari mana dia berkata tiba-tiba perutnya bisa merasa kosong dan akhirnya dia bisa menghabiskan beberapa bungkus lebih banyak dari anggota kelompok yang lain, sehingga dia memenangkan perlombaan tersebut.

Saya sedikit terkejut mendengar lagu yang dia nyanyikan, ternyata sama dengan lagu yang diberikan oleh teman saya itu (teman saya memberikan lagu tersebut, yang menyanyikan seorang anak kecil). Saya membeli CD nya dan saya mendengarkan serta merenungkan kata demi kata.

Saya belum mendapatkan jawaban atas pergumulan saya, tetapi saya hanya mau percaya bahwa Tuhan itu memang punya segala cara untuk menolong saya, Tuhan selalu punya jalan ajaibNYA untuk menolong saya, dan DIA dahsyat dalam segala jalanNYA. Saya mau tenang (baca: percaya) dalam caraNYA.

Saya tidak tahu apa yang akan DIA kerjakan, tetapi saya bertekad kuat untuk mempercayaiNYA. Setelah itu, tidak langsung saya mendapatkan jawabanNYA, tetapi setiap saya mengalami keraguan, kembali saya putar lagu tersebut dan saya terus meningkatkan rasa percaya saya pada Tuhan.

Sampai akhirnya, Tuhan menjawab doa dan pergumulan saya. Pernikahan saya adalah jawaban Tuhan. Hari dimana saya menikah dapat saya katakan sebagai acara Tuhan. Pernikahan saya adalah yang mustahil. Terlalu complicated untuk diceritakan dalam artikel ini, tetapi percayalah bahwa pernikahan saya terjadi bukan suatu hal yang mudah bagi saya. Tetapi mudah bagi Tuhan. DIA selalu punya cara untuk menjawab doa-doa kita (selama apa yang kita jalani itu benar dari Tuhan).

Saya meminta seorang rekan dari gereja, sekaligus sebagai kakak rohani suami saya untuk menyanyikan lagu tersebut diatas sewaktu acara pemberkatan pernikahan saya karena saya ingin berkata kepada semua orang yang tentunya juga punya masalah, bahwa Tuhan selalu punya cara untuk menolongmu dan percayalah padaNYA.

Selanjutnya, bukan berarti tidak ada pergumulan dan tidak ada masalah. Saya dan suami tetap ingin melihat dan berjalan dari mujizat demi mujizat, dari kemuliaan kepada kemuliaan. Tetapi hanya ada satu cara bagi kami untuk menghadapi semua itu, yaitu mau meletakkan rasa percaya saya pada Tuha dan ada berbagai cara yang dapat Tuhan lakukan bagi saya. Pastinya, DIA selalu punya cara untuk menolong.

Demikian juga untuk semua orang yang sedang membaca artikel ini, baik Anda yang berkeyakinan sama dengan saya, atau pun Anda yang berbeda keyakinan dengan saya, saya hanya berkata bahwa didalam dunia ini hanya ada satu pencipta yang kita yakini. Jika kita mau mempercayai Sang Pencipta itu, maka apa pun masalah kita, DIA punya cara untuk menolong kita.

Setiap masalah, tidak ada yang mudah. Setiap manusia, tidak ada yang bisa melihat apa yang akan terjadi di kemudian hari, bahkan satu detik berikutnya. Ketika menghadapi suatu masalah dan kesedihan yang teramat berat, rasanya seperti tidak ada jalan keluar dan tak terlihat jawabanNYA. Tetapi ditengah lembah kekelaman (didalam ‘kegelapan’), ditengah hati yang hancur dan pikiran yang ‘buntu’, coba ingatlah dan percayailah bahwa Tuhan selalu punya cara untuk menolong kita.

Tuhan memberkati!

**sharing by Jason and Silvia Atmodjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s