Battleship


Battleship adalah sebuah film yang diangkat dari salah satu permainan anak-anak yang terkenal di Hasbro.com. Film ini merupakan film pertama kali yang dimainkan oleh penyanyi Rihanna. Berkisah tentang penelitian Amerika tentang pencarian planet di angkasa yang mempunyai sifat dan struktur kehidupan seperti di Bumi, sehingga menemukan sebuah planet yang dinamakan dengan Planet G.

Pemerintah kemudian membuat sebuah pangkalan yang berusaha membuka komunikasi dengan planet tersebut. Tetapi ternyata planet yang menjadi harapan tersebut justru akan menjadikan bumi sebagai jajahan mereka. Bumi diserang oleh alien yang kuat berbekal teknologi yang sudah jauh lebih canggih bila dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Amerika saat itu. (**informasi: http://id.shvoong.com/entertainment/movies/2283892-battleship/).

Pada cerita Battleship Letnan Alex Hopper adalah salah satu awak kapal yang sedang ikut berlatih bersama kapal-kapal perang lainnya. Letnan Alex Hopper selama ini mempunyai cara hidup yang sangat santai, tidak disiplin, dan mudah terpancing emosinya. Tetapi pada saat alien menyerang bumi dan senjatanya sengaja mengenai kapal-kapal perang tersebut, maka para pimpinan kapal pun meninggal bersama hancurnya beberapa kapal lainnya, sehingga Letnan Alex Hopper akhirnya harus memimpin perjalanan mereka untuk melakukan penyerangan terhadap alien tersebut.

Pada awalnya Letnan Alex Hopper memimpin dengan penuh emosi, sehingga keputusannya hampir membuat kapalnya mendapat serangan dari alien tersebut. Tetapi seorang teman mengingatkan bahwa dia telah mengambil keputusan yang salah. Berjalannya waktu, setelah mengalami berbagai kesulitan, akhirnya Letnan Alex Hopper mampu memimpin perjalanan dan membuat keputusan, hingga bumi berhasil diselamatkan dari serangan alien tersebut.

Dari cerita Battleship, salah satu pesan moral yang ingin saya bagikan tentang kerendahan hati. Karena saya melihat ketika Letnan Alex Hopper memberi perintah untuk pertama kalinya, dia mengetahui bahwa saat itu dia adalah satu-satunya orang yang harus memimpin kapal dan dia mengetahui bahwa kakaknya meninggal karena serangan alien, maka dia menggunakan emosi yang muncul dari dalam hati yang penuh dengan amarah dan sebuah kesombongan yang ‘tersembunyi’, sehingga akibatnya, dia memunculkan sebuah perintah yang hampir saja mencelakai banyak orang.

Saya berpikir dan menemukan bahwa kata ‘rendah hati’ memiliki kata ‘hati’ yang ikut serta didalam kata tersebut. Sedangkan ‘kesombongan’ tidak diikuti oleh kata ‘hati’, karena letak kesombongan biasanya ‘tersembunyi’, sehingga sang pemilik kesombongan pun sulit untuk mengetahui bahwa ada kesombongan yang sedang bersembunyi didalam dirinya.

Kesombongan seringkali memunculkan berbagai sifat buruk yang akhirnya menimbulkan masalah. Sebagai contoh kesombongan mempunyai kecenderungan memutuskan hal-hal yang dapat mencelakai orang lain, hanya mementingkan diri sendiri, dan selalu menimbulkan pertengkaran. Hal ini disebabkan karena kesombongan tidak suka mendengarkan pendapat, tidak mau menerima penolakan dan atau masukan sebaik apa pun. (Amsal 13:10, keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran).

Sedangkan rendah hati, mengerjakan dan memutuskan segala sesuatu dari dalam hati yang diikuti dengan ketulusan. Rendah hati mau mendengarkan pendapat dan tidak merasa terusik dengan penolakan, sehingga akibatnya rendah hati dapat membuat keputusan dengan lebih baik jika dibandingkan dengan kesombongan.

Terbukti dengan cerita Letnan Alex Hopper didalam film Battleship, ketika dia menyadari bahwa dirinya ternyata penuh dengan kekurangan dan dia mau bersikap rendah hati, maka dia mampu membuat keputusan dengan membiarkan orang lain (baca: anak buah) yang ternyata lebih pandai dan lebih baik untuk membuat sebuah keputusan.

Saya pikir, tidak ada orang yang sombong yang mampu membuat keputusan dengan mengijinkan orang lain (apalagi anak buahnya) untuk mengambil keputusan dalam sebuah misi menyelamatkan bumi. Justru yang ada adalah orang sombong yang bersikeras membuat keputusan agar dia yang akhirnya mendapatkan pengakuan dan keputusan itu pun akhirnya hanya akan menimbulkan kekacauan atau pertengkaran.

Tidak ada orang yang rendah hati yang tidak mampu bersikap dewasa.

Didalam kehidupan ini, seringkali kita harus membuat sebuah keputusan, dan hanya dengan sikap yang rendah hati, kita dapat membuat keputusan yang benar dan hanya dengan sikap yang rendah hati, kita dapat berpikir dengan lebih baik.

Ada pepatah yang mengatakan “dengarkanlah seseorang dengan hati, karena seringkali hati lebih dapat mendengar daripada telinga”, bila dihubungkan dengan kata ‘rendah hati’, maka ketika kita mempunyai rendah hati, maka hati kita tentu dapat lebih mendengar keluhan orang lain, mendengar pujian orang lain, dapat mendengar kemarahan orang lain, dan dengan hati kita dapat menyaring semuanya yang kita dapat itu dengan lebih baik, bila dibandingkan kita menerimanya dengan kesombongan.

Walau pun letaknya ‘tersembunyi’, kesombongan sebenarnya dapat dengan mudah terdeksi keberadaannya, tentunya dengan sikap rendah hati. Rendah hati tidak menyukai kesombongan, sehingga keberadaan kesombongan tentunya akan mengusik rendah hati, sehingga rendah hati akan dengan mudah menemukan kesombongan.

Tentunya, dari setiap keputusan yang kita ambil, kita dapat mengetahui bahwa kita mengambil keputusan hanya karena emosi yang disertai dengan kesombongan, atau keputusan yang disertai dengan ketulusan dari sikap rendah hati. Jangan biarkan diri kita, mengambil keputusan yang disertai dengan kesombongan, karena kesombongan tidak hanya menghancurkan orang lain, tetapi juga menghancurkan diri kita sendiri pada saatnya nanti!

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+battleship&um=1&hl=id&sa=N&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=qCgEI1vi7g4Y5M:&imgrefurl=http://www.prweb.com/releases/Battleship_Missouri/Hawaii/prweb719513.htm&docid=O_wD3DsKFD4WFM&imgurl=http://ww1.prweb.com/prfiles/2008/02/22/230186/IMG2816.jpg&w=1800&h=1200&ei=pO-hT4rIG4fkrAeUnfi5Bw&zoom=1&iact=hc&vpx=972&vpy=434&dur=452&hovh=182&hovw=272&tx=163&ty=88&sig=115066408690274837010&page=2&tbnh=152&tbnw=204&start=15&ndsp=21&ved=1t:429,r:20,s:15,i:145

2 thoughts on “Battleship

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s