Usaha Saat Pantang Mundur


Baru episode kali ini, saya benar-benar mengikuti tayangan Indonesian Idol dari beberapa episode terakhir pemilihan calon Indonesian Idol di beberapa kota, hingga final Indonesian Idol yang mungkin hanya tinggal satu kali tayang ini. Menurut saya, episode Indonesian Idol kali ini cukup menarik perhatian saya dan suami, mengingat para pesertanya memiliki kualitas suara yang benar-benar bagus dan karakter masing-masing yang unik.

Kami tidak selalu bisa mengikuti siaran langsung, namun kami senang bila bisa mengikuti tayangan ulangnya. Bahkan ketika kami tidak bisa mengikuti siaran langsung dan siaran ulangnya, kami berusaha menyaksikan tayangannya di youtube. Se-demikian menariknya para peserta Indonesian Idol kali ini, hingga kami selalu ingin menyaksikan tayangannya.

Didalam artikel kali ini, saya ingin membagikan sedikit kisah tentang Regina, salah satu peserta Indonesian Idol yang saya dengar dari tayangan Indonesian Idol akhir-akhir ini. Dikatakan bahwa sudah enam kali, yang berarti sejak pertama kali diadakan Indonesian Idol, dan setiap kali diadakan pemilihannya, Regina selalu hadir untuk mengikuti kompetisinya, dan dia tidak pernah terpilih, sampai pada episode kali ini Regina akhirnya terpilih.

Menariknya lagi, sejak Regina terpilih, tidak pernah sekali pun Regina duduk di bangku tidak aman. Selain itu, kualitas suara yang dimilikinya benar-benar bagus, dan pembawaan diri yang dewasa serta rendah hati, membuat Regina semakin terlihat profesional, sekali pun usianya masih muda.

Sejak pertama kali Regina tidak lolos seleksi untuk mengikuti Indonesian Idol, hingga akhirnya saat ini Regina berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Indonesian Idol, kelihatannya Regina tidak hanya sekedar menyesali nasib dan memilih untuk merasa cukup puas dengan dunia tarik suara yang sudah dijalaninya sehari-hari.

Dari usahanya untuk terus menerus mengikuti pemilihan peserta Indonesian Idol sudah merupakan bukti bahwa Regina tidak pantang menyerah. Tetapi lebih daripada itu, saya pikir, Regina tentu memahami talenta yang dimilikinya, kemudian Regina memilih untuk terus berlatih dan mengembangkan dirinya, hingga tak heran bila dalam setiap penampilannya, Regina selalu dapat tampil dengan sangat baik dan selalu mendapatkan pujian dari para juri.

Pada suatu hari, saya melihat sebuah gambar yang dimiliki oleh seorang teman. Bila saya ceritakan, dari gambar itu ada seseorang yang menggali sebuah terowongan, dan terlihat sepertinya seseorang itu menyerah, karena setelah sekian lama dia menggali, rupanya dia tidak mendapatkan apa-apa. Tetapi sebenarnya, bila seseorang itu mau menggalinya sedikit lagi, sudah ada disisi sebaliknya, berlian dalam jumlah yang sangat banyak. Sungguh sangat disayangkan bila seseorang itu memilih untuk menyerah.

Sebuah kalimat “jangan menyerah!” untuk seseorang atau diri kita sendiri yang sedang memperjuangkan sesuatu tentu sudah merupakan hal yang biasa terdengar. Tetapi yang sering dilupakan adalah disaat kita ingin terus maju, maka secara bersamaan, seharusnya kita mengerti bahwa ada usaha-usaha yang dengan tekun harus terus dilakukan, kemudian usaha tersebut juga harus semakin ditingkatkan.

Sebagai anak-anak Tuhan, tidak salah apabila kita beriman dan percaya bahwa selalu ada pertolongan Tuhan dalam setiap kesulitan yang kita alami. Tetapi beriman dan percaya bukan berarti tanpa usaha dan kerja keras (II Petrus 1:10 “Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung”).

Memang benar bahwa semua ada waktunya (Pengkotbah 3:1 “untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya”), tetapi sebenarnya waktu yang baik itu datang, seringkali bersamaan dengan waktu dimana kita sedang melakukan usaha secara rutin dan bahkan kita sudah bertanggungjawab dengan melakukan peningkatan didalam usaha tersebut, sehingga ketika Tuhan sudah mempersiapkan berkatNYA untuk kita, Tuhan juga melihat kita siap menerima sesuatu yang baik di waktuNYA yang tepat.

Tentu kita bisa mempunyai bayangan, apabila Regina hanya sekedar berdoa dan menunggu Indonesian Idol membuka pendaftaran kembali, tanpa melakukan usaha apa pun, maka dapat dipastikan kita tidak mungkin mengenal nama Regina dengan suaranya yang indah saat ini.

Demikian pula, bila kita ingin mendapatkan sesuatu, misalnya saja tubuh yang bugar, peningkatan baik secara pengetahuan mau pun ekonomi didalam kehidupan ini, maka kita tidak bisa hanya sekedar berdoa dan menunggu datangnya peluang, karena akibatnya untuk selama-lamanya kita akan terus menunggu, tetapi tidak akan pernah mendapatkan hasil apa-apa.

Didalam sikap tidak mudah menyerah, peran kita harus aktif atau kita harus bersikap dewasa dengan berinisiatif melakukan berbagai usaha. Setelah itu, kita juga harus bertekun didalam melakukan usaha-usaha yang baik. Dan yang terakhir kita tidak boleh lupa untuk berkembang atau meningkatkan setiap usaha yang sudah kita lakukan.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+regina+indonesian+idol%5D&hl=id&sa=X&biw=1280&bih=707&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=Jh5UhCccKqB-JM:&imgrefurl=http://lebahndut.blogspot.com/2012/05/video-regina-cinta-indonesian-idol-18.html&docid=bNKHzad90uafhM&imgurl=http://3.bp.blogspot.com/-9VczCkxlKB8/T7eDVWfsjeI/AAAAAAAAAb4/w_1OpcqqzOA/s1600/video-regina-indonesian-idol-2012-cinta.jpg&w=538&h=354&ei=850sULWlF4XnrAeOkoHYCA&zoom=1&iact=hc&vpx=590&vpy=330&dur=2055&hovh=182&hovw=277&tx=94&ty=117&sig=115066408690274837010&page=1&tbnh=162&tbnw=237&start=0&ndsp=16&ved=1t:429,r:7,s:0,i:91

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s