The Dark Knight Rises


Semua orang tentu tahu cerita super hero tentang Batman. Film Batman mungkin sudah ada sejak saya masih kecil dan sampai sekarang ternyata ceritanya selalu menarik perhatian banyak orang untuk menontonnya. Judul film Batman kali ini adalah The Dark Knight Rises.

Cerita dari film Batman kali ini mengisahkan tentang Bruce Wayne, yang berperan sebagai tokoh Batman, yang sudah beristirahat kurang lebih selama delapan tahun dari identitas Batman, karena menjadi buronan pembunuh Harvey Dent. Kenyamanan Bruce Wayne kembali terusik sejak hadirnya pencuri kalung mutiara yang berwajah cantik, bernama Selina Kyle atau dikenal sebagai tokoh Catwoman. Namun didalam kisah Batman kali ini, tak sedikit pun menyinggung nama Catwoman.

Disisi lain, muncul penjahat berbadan kekar dan tak terkalahkan bernama Bane yang berusaha menghancurkan kota Gotham. Oleh karena keinginan untuk mempertahankan kota Gotham, Bruce Wayne merasa perlu untuk kembali menjadi Batman. Bane dengan segala tipu muslihatnya, akhirnya berhasil memindahkan kekayaan Bruce Wayne dan meramas gudang senjatanya dan mengambil alih bom atom yang dibuatnya, hingga akhirnya Bruce Wayne pun bangkrut, kecuali rumah yang ditinggalinya.

Pada awal pertemuan Bruce Wayne sebagai tokoh Batman dan Bane, Batman mengalami kekalahan. Batman dibawa oleh Bane ke sebuah penjara yang dikelilingi oleh tembok raksasa dan selama bertahun-tahun lamanya, hanya ada seorang anak kecil yang lahir didalam penjara itu saja yang berhasil keluar dari tembok raksasa tersebut.

Ketika Batman sudah mulai pulih kesehatannya, dia melatih kembali otot tubuhnya untuk melakukan perlawanan terhadap Bane dan demi kota Gotham. Tetapi dengan kekuatannya, dia tak pernah berhasil memanjat tembok penjara itu.

Hingga akhirnya pada suatu hari, ada seseorang yang usianya sudah sangat tua yang bersamanya didalam penjara itu mengatakan kepada Batman, bila dia ingin melalui tembok raksasa itu, maka dia harus bisa memanjat seperti seorang anak kecil, yang memanjat tanpa tali, dengan keberanian, dan keyakinan untuk keluar dari tembok penjara itu.

Singkat cerita, akhirnya Batman berhasil keluar, melakukan aksi penyerangan terharap Bane, dan berhasil menyelamatkan kota Gotham.

Dari kisah Batman yang saya ceritakan tersebut diatas, saya mendapatkan sesuatu yang ingin saya bagikan melalui artikel ini. Didalam kehidupan ini, mungkin menurut diri kita sendiri, kita adalah orang-orang yang hebat, orang-orang yang mempunyai kapasitas diatas rata-rata, orang-orang yang mempunyai kelebihan, dan orang-orang yang luar biasa.

Dan setelah kita tahu bahwa kita mempunyai sebuah kemampuan, kita cenderung untuk berhenti karena merasa tak mungkin terkalahkan. Padahal kita tidak sadar bahwa ada orang lain yang sedang berlatih dan berlari untuk menjadi sama atau bahkan lebih daripada kita. Kita akan sadar bahwa kita sedang tertinggal, ketika orang lain itu bersikap mulai melakukan perlawanan terhadap kita.

Sebenarnya, berapa pun kapasitas, kemampuan, dan keahlian yang kita miliki saat ini, kita bisa mempunyai lebih lagi bila kita mau berlatih, mau berusaha, dan mau berjuang. Paling tidak kita harus dapat memertahankan yang sudah kita miliki saat ini. Dalam hal ini, tentu bukan untuk bersikap serakah dan ambisius yang negatif, melainkan memiliki sikap untuk selalu mau menjadi yang lebih baik.

Namun kadangkala untuk memiliki yang lebih dan untuk menjadi yang lebih baik, memang kita harus melalui suatu proses kehidupan yang seringkali dapat menghancurkan mental kita. Mental yang hancur dapat menghancurkan seluruh kemampuan yang pernah kita bangun dan yang sudah kita miliki saat ini. Mental yang hancur bahkan juga dapat membunuh jiwa kita.

Oleh karena itu, ketika kita merasa hancur, tak berdaya, seolah-olah sudah terkalahkan, dan tak memiliki apa-apa pun, kemudian kita mau berusaha dan berjuang, seringkali kita baru bisa mendapatkan yang lebih dari yang sudah pernah kita dapatkan.

Selain kemauan untuk berusaha dan berjuang, kita harus menyadari bahwa sebenarnya, seringkali Tuhan mengijinkan kita untuk berada di titik terendah didalam proses kehidupan ini, untuk menghancurkan ego, gengsi, dan keangkuhan yang tanpa sadar sudah membelenggu kita untuk menjadi lebih daripada kita yang saat ini berada.

Dan pada saat kita berada di titik terendah, biasanya kita baru dapat merasakan bahwa kita sudah tak berdaya. Saat itulah biasanya Tuhan bekerja untuk membuktikan kepada kita kesetiaan dan kebaikanNYA, untuk membawa kita kepada tingkat kehidupan dan posisi yang lebih baik daripada yang sudah kita miliki saat ini.

Akhir kata, hidup kita ini sungguh sangat berharga dan memiliki nilai yang lebih daripada yang kita bayangkan. Nilai yang lebih menunjukkan kemampuan yang lebih. Kita harus mampu melewati setiap proses sekali pun harus berada di titik terendah, untuk bisa melampui batas maksimal yang sudah pernah kita raih. Dan hanya bersama Tuhan kita dapat memperoleh kekuatan, juga mencapai keberhasilan lebih daripada yang kita bayangkan.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+the+dark+knight+rises&um=1&hl=id&sa=N&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=LAZHMUl6lNS3mM:&imgrefurl=http://www.totalfilm.com/news/watch-the-new-the-dark-knight-rises-trailer-4-online-now&docid=nw6bZ1SBeporcM&imgurl=http://cdn.mos.totalfilm.com/images/w/watch-the-new-the-dark-knight-rises-trailer-4-online-now-105858-470-75.jpg&w=470&h=300&ei=AshOULGRG4yHrAfvhYDgDA&zoom=1&iact=hc&vpx=392&vpy=406&dur=999&hovh=179&hovw=281&tx=161&ty=107&sig=115066408690274837010&page=1&tbnh=150&tbnw=200&start=0&ndsp=19&ved=1t:429,r:14,s:0,i:113

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s