Berlatih Untuk Menjadi Bisa


Pada suatu hari ada sebuah grup vokal yang diminta untuk menyanyi di sebuah acara kebaktian di sebuah gereja. Pada awalnya pemimpin gereja tersebut meminta mereka untuk menyanyikan sebuah lagu yang sudah mereka pernah nyanyikan pada tahun-tahun sebelumnya, namun salah satu pemain musik menyarankan untuk membuat lagu yang biasa tersebut menjadi lagu yang sedikit berbeda dengan mengubah musiknya agar terdengar lebih baik dan masa kini.

Dan untuk mengubah musik, tentu memerlukan waktu latihan yang lebih lama. Sehingga ada seseorang yang berada pada bagian vokal merasa ingin bisa segera menyelesaikan latihan tersebut, dan lebih menyarankan agar musiknya dibuat seperti biasanya saja.

Setelah berdiskusi, akhirnya diambil keputusan untuk membuat musiknya menjadi berbeda dan lebih baik, walau pun memerlukan waktu yang lebih lama untuk berlatih. Namun pada akhirnya, ketika grup vokal ini tampil, seluruh jemaat merasa seperti mendengar sebuah lagu baru, merasa terberkati, dan dapat menikmati pujian yang mereka nyanyikan.

Film-film yang bagus, yang bisa kita saksikan di gedung bioskop, terlihat seolah-olah seperti kisah nyata, dan jalan ceritanya mungkin dapat membuat kita kagum, sebenarnya dihasilkan dari sutradara yang sudah berpengalaman (baca: berlatih) sekian lama untuk membuat film.

Tak hanya itu, film yang bagus juga dihasilkan dari orang-orang yang mampu mengambil gambar dari sudut pandang yang terbaik, yang tentunya sudah berlatih sekian lamanya sehingga bisa membuat film-film yang bagus. Ditambah dengan peran para artis yang tentunya juga telah terlatih untuk beraksi didepan kamera.

Tom Cruise dapat menjadi seorang aktor yang hebat saat ini dan dapat dipercaya untuk memainkan kembali peran sebagai Ethan Hunt di film Ghost Protocol, serta berhasil menarik perhatian seluruh penduduk di dunia untuk menonton film tersebut, tentu karena ia telah berlatih setelah sekian lamanya.

Seseorang yang berhasil dipilih untuk berkompetisi di acara Masterchef Indonesia, salah satu acara yang saat ini sedang ditayangkan di salah satu stasiun televisi, tentu adalah seseorang yang bukan pertama kalinya pernah memasak. Namun tentu merupakan seseorang yang sudah sering berlatih memasak dan sudah beberapa kali berhasil menciptakan kreasi masakan yang enak, sehingga ia mampu berkompetisi di acara Masterchef Indonesia.

Berlatih merupakan salah satu cara untuk membuat seseorang yang tadinya ‘tidak bisa’ akhirnya menjadi ‘bisa’. Dan untuk menjadi ‘bisa’, seseorang tentu harus berlatih secara terus menerus, dimana latihan itu tentunya memerlukan waktu. Sayang sekali, bila ada orang-orang yang tidak benar-benar bisa memahami arti sebuah latihan, karena orang-orang itu tentu hanya sekedar memerhatikan penampilan luar saja.

Kini kita dapat berjalan dan berbicara, tentu karena sewaktu masih anak-anak, kita terus berlatih untuk berjalan dan berbicara. Dalam segala hal, setelah kita berlatih, baru kita bisa. Bersyukur karena orang tua kita bersikap sabar dan membiarkan kita berlatih sampai bisa berjalan dan berbicara. Bisa dibayangkan bila orang tua kita bersikap tidak sabar dan meminta kita untuk menjadi apa adanya tanpa belajar berjalan dan berbicara, maka tentu kita akan menjadi seseorang yang tidak dapat berjalan dan tidak dapat berbicara.

Bila kita ingin meraih sesuatu, ingin bisa melakukan sesuatu, bahkan bila kita ingin memiliki hubungan yang baik dengan sesama dan Tuhan, maka kita harus selalu berlatih. Kita harus melatih tubuh kita dari yang ‘tidak bisa’ atau yang ‘kurang bisa’, sampai menjadi ‘bisa’. Dan bila kita ingin keluarga, tim pekerja, atau gereja kita mengalami kemajuan, maka tidak hanya kita yang harus mau berlatih, tetapi kita juga harus mau bersikap sabar, mengijinkan anggota yang lain (orang lain) untuk berlatih sampai mereka ‘bisa’.

Bila kita bersikap terburu-buru dan lebih menyukai yang ‘seperti biasa’ saja agar tidak perlu berlatih terlalu lama, maka kita mungkin dapat beristirahat lebih lama dan bisa cepat bersantai, tetapi tidak akan pernah mengalami suatu perkembangan dan pertumbuhan. Karena berlatih untuk menjadi ‘bisa’, untuk mengalami suatu perkembangan dan pertumbuhan, tentu memerlukan waktu yang lebih lama, membosankan, dan melelahkan.

Orang lain yang tidak mengetahui latihan yang kita lakukan seorang diri atau bersama tim, hanya sekedar melihat hasil akhir atau penampilannya saja. Sebuah latihan cenderung tidak menyenangkan. Ketika latihan kita sulit mendapatkan sebuah pujian karena yang terlihat hanya susahnya saja, seperti bila kita menyanyi, tak hanya sekedar latihan menyanyi, tetapi juga harus melatih tubuh jasmani kita agar memiliki stamina dan pernafasan yang baik. Tetapi hasil dari latihan itulah yang justru akan dilihat orang lain dan dipuji.

Berlatih semakin keras, berlatih dengan sungguh-sungguh, berlatih dengan sabar dan tekun, akan menghasilkan suatu perkembangan dan pertumbuhan yang luar biasa. Dan sebaliknya, latihan yang sekedar hanya karena sebuah rutinitas, latihan yang tidak sungguh-sungguh, tidak tekun, dan tidak sabaran, akan menghasilkan sesuatu yang biasa-biasa saja.

Bersikap sabar dan mengijinkan seseorang untuk berlatih, hingga seseorang itu berhasil melakukan sesuatu yang pada awalnya dia tidak bisa, akan menghasilkan sebuah tim yang luar biasa, dan berkualitas, serta akan membuat sebuah tim itu dapat mengalami suatu perkembangan dan pertumbuhan yang luar biasa. Dan sebaliknya, bersikap terburu-buru, tidak mau bersabar, dan membiarkan seseorang hanya melakukan yang ‘seperti biasanya’ saja, hanya akan menghasilkan sebuah tim yang biasa-biasa saja, yang tidak akan pernah bertumbuh atau memiliki kualitas yang baik.

Tuhan memberkati!

**idea from Frankly Reynold Malumbot

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+cartoon+exercise&hl=id&sa=X&biw=1280&bih=707&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=rsMCRIFuzSnhwM:&imgrefurl=http://sportsnutritionclass.blogspot.com/2012/02/health-and-exercise.html&docid=OY0QWqnogocDuM&imgurl=http://3.bp.blogspot.com/-LpvUK0FcwHw/TywPj1rli2I/AAAAAAAAC9k/1qm381g81HI/s1600/20081210_exercise-208×300.jpg&w=208&h=300&ei=1O9fUOXiJoysrAeQpIDoAw&zoom=1&iact=hc&vpx=811&vpy=320&dur=656&hovh=240&hovw=166&tx=115&ty=124&sig=115066408690274837010&page=1&tbnh=163&tbnw=113&start=0&ndsp=18&ved=1t:429,r:10,s:0,i:98

2 thoughts on “Berlatih Untuk Menjadi Bisa

  1. I do not even understand how I ended up here, however I believed this submit used to be
    good. I do not recognise who you might be but certainly you are going to a well-known blogger if you happen
    to are not already. Cheers!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s