Pasti Ada Jalan Keluar


Beberapa bulan yang lalu, saya dan suami menemukan sebuah permainan Angry Bird yang terdapat didalam Ipad dan Iphone, yang berhasil menarik perhatian kami selama beberapa hari. Tak perlu heran, karena permainan Angry Bird memang dapat membuat kami penasaran, selalu ingin menemukan cara untuk memenangkan setiap permainannya.

Sampai pada suatu ketika kami berada didalam satu permainan yang sangat sulit untuk ditemukan jalan keluarnya. Beberapa kali kami mencoba dan kami selalu gagal. Saya akhirnya berkata “sepertinya untuk yang satu ini kita tidak akan berhasil”. Tetapi suami saya dengan segera menjawab “tidak mungkin tidak berhasil!”. Saya berkata “susah nih”. Suami saya menjawab “pasti ada caranya!”. Saya berkata “bagaimana caranya?”. Suami saya dengan yakin menjawab saya “setiap permainan dibuat, pasti sudah ada cara untuk menyelesaikannya”.

Sempat saya masih berkata didalam hati “iya, tapi bagaimana caranya nih”, sambil terus mencoba walau pun agak kurang bergairah karena sudah terlalu sering mencoba dan tidak berhasil juga. Dan ternyata yang dikatakan oleh suami saya itu benar, setelah beberapa kali mencoba, akhirnya suami saya berhasil menemukan caranya.

Ketika suami saya berhasil menemukan caranya, saya menjadi semakin yakin bahwa memang benar didalam setiap permainan, pasti ada cara menyelesaikannya. Pernyataan suami saya itu akhirnya benar-benar tertanam didalam pikiran dan hati saya. Didalam permainan selanjutnya, sesulit apa pun cara yang harus saya coba, saya selalu terpacu untuk menyelesaikan permainan, dengan satu keyakinan bahwa permainan dibuat bersama jalan keluarnya.

Didalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari persoalan. Ada persoalan yang kita katakan “masih ringan”, karena dalam satu hari persoalan itu sudah harus mendapatkan jalan keluarnya, dan ada persoalan yang kita katakan “sangat berat dan rasanya tak mampu kutanggung lagi”, karena mungkin didalam penyelesaiannya perlu waktu yang lama, bahkan kita sendiri tidak tahu kapan persoalan akan berakhir, dan kita juga sudah tidak tahu lagi bagaimana cara menemukan jalan keluarnya.

Sebagaimana manusia saat menciptakan permainan, mereka juga selalu menyediakan jalan keluarnya agar permainan bisa berakhir dengan kemenangan, demikian pula didalam kehidupan ini, persoalan Tuhan ijinkan terjadi juga bersama dengan jawabanNYA, agar kita mengalami kemenangan.

Saat ini mungkin ada penyakit didalam tubuh kita yang kata dokter sulit untuk disembuhkan dan konsekuensinya kita harus minum obat selama seumur hidup. Namun kita berdoa karena kita masih percaya Tuhan mampu membuat mujizat dan juga tidak pernah lupa minum obat. Walau pun kelihatannya yang dikatakan dokter itu benar, tetapi pada suatu hari, apa yang sudah kita percayai dan sudah kita doakan, pasti ada jawabanNYA. Tuhan pasti sembuhkan kita.

Hari-hari ini, mungkin kita sudah berhutang sejumlah puluhan juta dan ditambah dengan sikap yang tidak bijaksana akhirnya membuat kita tidak mampu membayar beberapa cicilan, sehingga ada begitu banyak hutang yang tak mampu kita bayar. Kita berpikir sudah tidak ada jalan keluar lagi, tidak mungkin bisa mendapatkan uang untuk membayar semuanya.

Namun ketika kita mau mengakui kesalahan dan berusaha untuk mengatur keuangan kita dengan lebih bijaksana, serta mau berdoa memohon pertolongan Tuhan, maka pasti ada jawaban Tuhan yang dapat membuat kita membayar lunas semuanya. Masih ada kesempatan bagi kita untuk memulai kehidupan yang baru dan yang lebih baik.

Mungkin hubungan kita dengan orang lain sedang tidak baik dan sepertinya tidak mungkin bisa diperbaiki lagi. Namun ketika kita mau mengakui kesalahan kita dan bersedia untuk bersikap rendah hati, maka tangan Tuhan sanggup memulihkan setiap hati yang terluka.

Apa pun persoalan yang sedang kita hadapi saat ini, yang bahkan kita sendiri tidak tahu bagaimana cara mengakhirinya karena tidak tahu bagaimana jalan keluarnya, maka percaya saja bahwa pasti ada jalan keluar sebagai jawaban Tuhan yang disediakan bagi kita. Tidak selamanya jawaban itu sesuai dengan yang kita inginkan dan yang kita harapkan, tetapi pasti yang terbaik.

Banyak hal yang bisa kita pelajari saat kita mengalami persoalan, yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan. Tetapi cara untuk menemukan jalan keluarnya, kita perlu meningkatkan rasa percaya pada pertolongan Tuhan dan tetap berusaha untuk melakukan hal-hal yang menjadi bagian kita.

Tuhan memberkati!

**idea by Frankly Reynold Malumbot

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+angry+birds+in+Ipad&hl=id&sa=X&biw=1280&bih=707&tbm=isch&prmd=imvnsa&tbnid=ieevXIacbV7MeM:&imgrefurl=http://www.macgasm.net/2010/04/12/angry-birds-hd-review/&docid=ZOks5snhz8BPLM&imgurl=http://farm5.static.flickr.com/4039/4506191162_fd3e61cece.jpg&w=500&h=375&ei=2497ULODLdCsrAfD4ICIBQ&zoom=1&iact=hc&vpx=393&vpy=150&dur=909&hovh=194&hovw=259&tx=178&ty=111&sig=115066408690274837010&page=1&tbnh=136&tbnw=180&start=0&ndsp=20&ved=1t:429,r:1,s:0,i:68

Tinggalkan Balasan

