Jangan Ulangi Kesalahan!


Pada suatu hari, saluran pipa tempat mencuci piring di dapur rumah kami buntu. Sebelumnya, saluran pipa itu sudah pernah mengalami buntu, tetapi suami saya masih bisa mengeluarkan kotoran yang menyumbatnya dengan alat penyedot khusus. Namun untuk kasus buntu yang terakhir kalinya ini rupanya membuat kami harus memanggil seseorang yang ahli, yang ternyata menyarankan agar dibuatkan saluran pipa yang baru sebagai solusinya.

Saluran pipa yang baru ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran pipa yang lama sehingga dikatakan kemungkinannya kecil untuk mengalami buntu lagi. Sempat terpikirkan oleh saya untuk membiarkan semua kotoran mengalir melalui saluran pipa yang baru itu. Tetapi itu berarti saya mengulangi kesalahan saya yang sebelumnya yang menyebabkan saluran pipa buntu dan harus menggantinya dengan saluran pipa yang baru.

Sebelumnya, saya suka malas mengambil kotoran sisa makanan, lalu membuangnya ke tempat sampah. Saya lebih suka menyiram kotoran tersebut dan membiarkannya mengalir pada saluran pipa, karena bagi saya hal itu jauh lebih mudah dan tidak membuat tangan saya menjadi lebih kotor.

Walau pun saya tidak tahu pasti apa yang membuat saluran pipa yang lama bisa mengalami buntu yang parah, namun saya harus berpikir berkali-kali untuk mengulangi kesalahan yang sama, agar kedepan saluran pipa tidak lagi mengalami buntu yang akhirnya dapat menyulitkan dan membuat pekerjaan rumah saya menjadi kacau akibat kemalasan saya untuk membuang kotoran pada tempat sampah.

Didalam kehidupan ini, tanpa kita sadari, seringkali kita tergoda untuk melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang, padahal kita tahu resikonya selalu berakhir dengan kesusahan.

Kesalahan yang kita buat ada dua macam. Kesalahan yang pertama, kita dapat melakukannya dengan sengaja, padahal kita tahu bahwa hal itu merupakan sebuah kesalahan. Namun mungkin karena kesalahan itu terlihat menarik, maka kita masih saja melakukannya.

Dan kesalahan yang kedua, kita dapat melakukannya dengan tidak sengaja, hal ini dapat disebabkan hanya karena kita ingin melakukan sesuatu yang mudah dan biayanya murah misalnya, namun ternyata berakhir dengan sebuah kesalahan. Kesalahan yang tidak di sengaja bisa juga karena kita kurang pengetahuan tentang sesuatu hal dan kita tidak bertanya, sehingga akhirnya kita berbuat sebuah kesalahan.

Ketika kita melakukan sebuah kesalahan padahal kita mengetahui yang benar, maka itu berarti kita sedang bertindak bodoh. Seperti pada saat kita masih duduk pada bangku sekolah yang seharusnya kita lebih banyak memikirkan tentang ilmu (belajar), tetapi kita memilih untuk pacaran hingga diluar batas, sehingga akhirnya kita harus menikah pada usia dini, merupakan salah satu contoh sebuah tindakan bodoh yang berakhir dengan kesusahan.

Ketika kita tidak melakukan kesalahan dengan sengaja, sebenarnya kita sedang menemukan sesuatu yang benar. Seperti saat kita ingin menciptakan sebuah gerakan tarian yang mengakibatkan cedera pada bagian tubuh kita, membuat kita mengerti gerakan yang benar, sehingga di kemudian hari kita tidak sampai mengalami cedera lagi. Dalam hal ini, ketika kita menemukan sebuah kesalahan, seharusnya kita memiliki alasan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan memilih untuk melakukan yang benar.

Tetapi ada juga orang-orang tidak sengaja melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu diulangi lagi, tetap saja mengulangi kesalahan yang sama. Karena ada orang-orang yang dapat memandang kesalahan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan menarik untuk dilakukan.

Bagaimana pun, kesalahan merupakan sebuah kesalahan. Beberapa kesalahan mungkin terasa menyenangkan, tetapi tetap saja tidak perlu dilakukan bila kesalahan selalu berakhir dengan sesuatu yang tidak menyenangkan dan merugikan diri sendiri.

Hidup ini merupakan sebuah pilihan, kita dapat melakukan yang benar dan kita dapat melakukan yang salah. Sesuatu itu benar atau salah sebenarnya tergantung pada sudut pandang kita. Sesuatu yang benar dan salah menurut kita, belum tentu sama benar dan salah menurut orang lain. Tetapi yang pasti, sebelum kita memutuskan untuk bertindak sesuatu, kita harus mengetahui akibat atau hasil akhir dari tindakan kita itu.

Sebagai seorang pemercaya, Firman Tuhan merupakan petunjuk yang dapat memberikan kita kemampuan untuk memilih yang benar. Roh Kudus yang tinggal didalam kita juga dapat memberikan kita petunjuk melalui berbagai hal untuk menolong kita didalam mengambil keputusan. Rasa damai didalam hati kita seringkali juga dapat memberikan pertolongan di saat kita hendak mengambil sebuah keputusan.

Kehidupan ini sungguh sangat indah. Namun untuk menikmati keindahan didalam hidup ini kita perlu untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa didalam hidup ini selalu ada orang-orang yang menjengkelkan yang berada di sekitar kita, bila kita tidak menemukannya, jangan-jangan kita adalah orang yang menjengkelkan bagi orang lain. Sebuah kesalahan yang kita lakukan, bila kita melakukannya terus menerus, tentu akan menimbulkan kejengkelan bagi orang-orang disekitar kita. Jadi bila kita tidak ingin menjadi seseorang yang membuat masalah bagi orang lain, maka jangan ulangi kesalahan!

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+cartoon+make+wrong&hl=id&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=DVCyXQFA9-BIrM:&imgrefurl=http://iwasanexpatwife.com/2012/10/25/my-life-as-a-cartoon/&docid=VGz6DDgeU7nExM&imgurl=http://iwasanexpatwife.files.wordpress.com/2012/10/profile_pic.jpg&w=400&h=400&ei=sxmOUIfuDcytrAfT7oDYBw&zoom=1&iact=hc&vpx=922&vpy=220&dur=5659&hovh=225&hovw=225&tx=186&ty=172&sig=115066408690274837010&page=2&tbnh=129&tbnw=129&start=23&ndsp=28&ved=1t:429,r:29,s:20,i:212

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s