Masalah Hingga Menikmati Berkat Tuhan


Bila air di daerah rumah kami terdengar kabar padam, sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang mengejutkan. Menurut pendapat orang-orang di sekitar kami, hal tersebut dikarenakan daerah kami berada di dataran tinggi yang membuat air sulit mengalir naik. Bersamaan dengan padamnya air di rumah kami, juga terjadi banyak masalah lainnya yang mengikuti, salah satunya pipa air yang buntu.

Saya tidak mengerti, masalah pipa air yang buntu saja baru bisa teratasi setelah kurang lebih sepuluh hari lamanya. Padahal solusi memasang pipa air yang baru dapat dilakukan tidak lebih dari satu jam lamanya. Tetapi pada saat pipa air yang baru sudah terpasang, tepat keesokan harinya, air di rumah kami menyala, sehingga saya dapat mencuci piring dengan sangat nyaman. Padahal sebelumnya, air masih mati, dan baru nyala ketika hari telah larut malam.

Sambil mencuci piring, saya tersenyum sendiri dan berkata didalam hati “terima kasih Tuhan, airnya nyala, sehingga aku bisa menikmati saluran pipa yang baru, yang sudah lancar”. Di saat yang bersamaan, saya mendapatkan sebuah pengertian yang baru tentang Pribadi Tuhan yang senang bila melihat anak-anakNya bisa menikmati berkat-berkatNya.

Dulu saya sering mendengar cerita orang tua-orang tua yang berjanji kepada anak-anaknya, apabila mereka berhasil mendapatkan nilai yang bagus di sekolah, maka orang tua-orang tua itu akan membelikan sebuah hadiah untuk anak-anaknya. Janji tersebut bertujuan untuk memberikan semangat kepada anak-anak mereka.

Biasanya, anak-anak sangat suka bila orang tua membelikan mereka sebuah mainan yang baru, atau anak-anak akan suka bila diajak pergi berlibur ke suatu tempat yang indah. Sehabis ujian dan menerima hasil ujian, sekolah tentu libur. Dan di saat libur itulah, orang tua bisa menepati janji untuk membelikan mainan atau mengajak anak-anak berlibur. Dengan demikian, anak-anak bisa bermain sepuasnya, dan bersenang-senang sepuasnya, menikmati hadiah yang dijanjikan oleh orang tua mereka.

Sebagai orang tua, selain hati akan merasa sangat senang karena dapat melihat nilai ujian anak-anak mereka yang bagus, tentu mereka juga akan sangat senang bila dapat melihat anak-anaknya tertawa dan bergembira, menikmati mainan barunya atau menikmati acara liburannya.

Didalam kehidupan ini, suka dan duka selalu menjadi satu paket yang tidak akan pernah terlewatkan. Ketika masalah datang, kita harus berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Seperti pada saat saluran pipa di rumah kami buntu, pada awalnya kami mencoba menggunakan pompa khusus yang dibuat untuk mengeluarkan kotoran penyumbat saluran. Tetapi karena tidak berhasil, maka kami akhirnya meminta pertolongan orang-orang yang biasanya lebih mengerti dan ahli.

Sesudah bertemu dengan orang yang ahli, kami masih harus bersabar, menunggu orang yang ahli itu mempunyai waktu untuk datang ke rumah kami dan memeriksa, mencoba berbagai solusi yang mereka ketahui, hingga akhirnya dapat menemukan solusi yang terbaik.

Ketika masalah terjadi, sampai pada saat kita menemukan solusi, selalu ada proses yang harus dilewati. Proses itu akan melelahkan dan membutuhkan kesabaran. Sebagai seorang pemercaya, didalam melalui proses, selalu disertai dengan doa. Tetapi sesudah solusi ditemukan dan berhasil dijalankan, maka masalah berakhir, dan pastinya membuat kita senang. Solusi itulah yang salah satunya biasa kita sebut sebagai berkat Tuhan.

Sebagaimana hati orang tua yang sangat gembira ketika melihat anak-anaknya senang karena dapat menikmati hadiah yang diberikan orang tua kepadanya, demikian pula hati Tuhan juga akan merasa sangat senang bila dapat melihat kita, sebagai anak-anakNya dapat menikmati berkat-berkatNya.

Saat masalah terjadi dan kita harus melalui proses yang melelahkan, juga memerlukan kesabaran, Tuhan selalu menyediakan solusi sebagai salah satu berkatNya bagi kita. Dan Tuhan tidak hanya sekedar menyediakan solusi agar kita keluar dari masalah, tetapi Tuhan juga memberikan kita kesempatan untuk menikmati.

Tuhan mengijinkan kita untuk memiliki uang, agar kita bisa menikmatinya, membeli segala keperluan dan mencukupi kebutuhan rumah tangga, termasuk untuk berlibur, dan memberikan kebahagiaan bagi pasangan, juga anak-anak kita. Tuhan memberikan kita tubuh yang sehat, agar kita dapat menikmati menu makanan yang lezat, dan agar kita bisa menikmati keindahan dunia ini.

Tuhan memberikan kita keluarga, agar kita dapat menikmati kebersamaan, berbagi cerita, berbagi suka mau pun duka. Tuhan memberikan kita kesempatan untuk mengalami kemenangan, agar kita dapat merasakan sukacita. Tuhan mengijinkan kita untuk melewati berbagai masalah, tetapi Tuhan juga memberikan solusi sebagai berkat, agar kita dapat menikmatinya.
Tuhan suka bila melihat anak-anakNya hidup diberkati dan dapat menikmati berkat-berkat pemberianNya itu.

Tuhan memberkati.

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+cartoon+rilex&hl=id&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=wMpnUbSulYGHtM:&imgrefurl=http://www.toonpool.com/cartoons/Relax%2520on%2520a%2520rainbow_11806&docid=AoocwyGHrRiT1M&imgurl=http://www.toonpool.com/user/1044/files/relax_on_a_rainbow_118065.jpg&w=300&h=319&ei=a1KXUPX9FITqrQe_0YH4DA&zoom=1&iact=hc&vpx=176&vpy=132&dur=469&hovh=232&hovw=218&tx=155&ty=145&sig=115066408690274837010&page=1&tbnh=138&tbnw=130&start=0&ndsp=24&ved=1t:429,r:0,s:0,i:62

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s