Di Hati Ada Motivasi


Ada sebuah cerita dari seorang wanita yang sangat senang melakukan kegiatan pelayanan di sebuah gereja. Seorang wanita ini sangat aktif di gerejanya itu. Seorang wanita ini sangat senang melakukan berbagai kegiatan pelayanan, mulai dari kegiatan pelayanan sebagai guru sekolah minggu, sebagai pemimpin paduan suara, dan berbagai kegiatan pelayanan lainnya.

Selama melakukan semua kegiatan pelayanannya itu, seorang wanita ini berpikir bahwa sebagaimana orang-orang disekitarnya yang sangat menghormati dan mengaguminya, maka Tuhan juga akan sangat menyukai semua yang dilakukannya. Tetapi ternyata pada suatu waktu, Tuhan berbicara didalam hati seorang wanita ini bahwa semua yang dilakukannya selama ini bernilai nol di mata Tuhan.

Saat mengetahui pendapat Tuhan itu, tentu hati seorang wanita ini menjadi sangat sedih. Seolah-olah segala sesuatu yang telah diusahakannya, mungkin selama ini sangat membanggakan bagi orang-orang disekitarnya, tetapi ternyata tidak berarti bagi Tuhan. Selama beberapa hari, seorang wanita ini merenungkan segala sesuatu yang telah dilakukannya, dan motivasinya saat melakukan semua kegiatan pelayanannya itu.

Akhirnya dia menyadari bahwa segala kegiatan pelayanan yang dilakukannya itu hanya sekedar untuk menjadi aktif didalam gereja, dan mendapatkan penilaian yang baik dari manusia. Seorang wanita ini tidak melakukan perbuatan yang salah atau berdosa. Banyak orang disekitarnya yang merasa tertolong oleh adanya uluran tangan seorang wanita ini. Tetapi sayangnya, bagi Tuhan nilainya nol, karena tidak didasari oleh motivasi yang benar.

Kolose 3:23 berkata “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia”. Firman Tuhan ini mengajarkan kepada kita untuk melakukan segala sesuatu bukan hanya sekedar untuk menyibukkan diri dan mendapatkan pujian orang-orang disekeliling kita, melainkan motivasi didalam hati kita saat melakukan segala sesuatu itu yang dinilai oleh Tuhan.

Mungkin saat ini kita sedang menerima sebuah tawaran untuk memimpin sebuah tim, lalu apa yang menjadi motivasi kita saat menerima sebuah tawaran itu? Apakah sekedar untuk menunjukkan bahwa kita sebenarnya cocok untuk menjadi seorang pemimpin? Bila motivasi kita hanya sekedar untuk mendapatkan penilaian terbaik dari manusia, maka bersiaplah untuk menjadi seorang pemimpin yang gagal.

Mungkin saat ini sedang melakukan sebuah kegiatan pelayanan didalam gereja, lalu apa yang menjadi motivasi kita saat melakukan berbagai kegiatan pelayanan itu? Apakah hanya sekedar untuk menjadi aktif didalam gereja? Atau apakah hanya sekedar untuk memamerkan kemampuan kita diatas mimbar? Bila motivasi kita hanya sekedar untuk mendapatkan pujian dari jemaat, maka bersiaplah untuk menjadi kecewa.

heartApa pun yang sedang kita putuskan dan yang sedang kita lakukan saat ini, cobalah untuk menyelidiki kedalaman hati kita, apakah motivasi hati kita yang sebenarnya? Bila motivasi kita ternyata bernilai nol bagi Tuhan, maka sebaiknya kita segera memerbaiki motivasi hati kita atau segera tinggalkan niat hati kita itu, karena akan sangat menyakitkan bila Tuhan ternyata tidak peduli pada segala sesuatu yang kita lakukan.

Tidak dapat di sangkal bahwa penilaian orang-orang disekitar kita itu sangat berarti, karena kita merasa segala sesuatu yang kita lakukan telah dihargai. Seringkali pujian dapat membangkitkan semangat kita. Dan seringkali saat seseorang begitu baik dengan kita itu dapat memberikan keuntungan bagi kita. Tetapi disamping semua penilaian manusia, tentu penilaian Tuhan jauh lebih penting dan berarti bagi kita.

Bisa kita bayangkan, sebagai seorang anak dan sebagai seorang hamba, alangkah membahagiakan bila kita dapat melihat orang tua dan tuan kita merasa sangat bangga pada segala sesuatu yang telah kita lakukan. Demikian juga Tuhan, tentu akan sangat bangga dan bahagia bila mendapati motivasi hati kita yang benar dihadapanNya.

Tuhan memberkati.

Mazmur 37:6
Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang

**inspired by Sophia Kailas

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+cartoon+motivation+in+heart&start=637&hl=id&tbo=d&noj=1&tbm=isch&tbnid=dKwC8HRrmEibfM:&imgrefurl=http://becballard.wordpress.com/2012/11/&docid=Tw_E29j3XCAOAM&imgurl=http://becballard.files.wordpress.com/2012/04/heart-cartoon.jpg%253Fw%253D300%2526h%253D225&w=300&h=224&ei=cQ3AUM7PKYTWrQfF1YDABw&zoom=1&iact=hc&vpx=748&vpy=260&dur=2605&hovh=179&hovw=240&tx=89&ty=121&sig=115066408690274837010&page=19&tbnh=140&tbnw=201&ndsp=35&ved=1t:429,r:63,s:600,i:193&biw=1280&bih=707

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s