Penawaran Terbaik


Pada suatu hari, ada seorang jemaat yang bertemu dengan saudaranya yang berbeda kepercayaan, dan seorang jemaat ini menggunakan kesempatan itu untuk mengajak saudaranya ikut ke gereja. Tetapi diluar dugaan saudaranya itu hanya menjawab “gereja-gereja sekarang ini hanya menjalankan sistem marketing (penjualan), semakin sering mereka promosi, semakin bagus design bangunan gerejanya, dan semakin banyak acara, serta artis yang diundang untuk datang ke gerejanya, maka jemaat yang datang akan semakin banyak, selanjutnya bila jemaat semakin banyak, maka pemikirannya perpuluhan juga akan semakin banyak, dan itu berarti keuntungan besar bagi pendetanya”.

Seorang jemaat ini terdiam dan tidak dapat menjawab apa-apa, karena realitanya memang sering terlihat atau terdengar orang yang sering keluar masuk gedung gereja, berkeliling dari satu gedung gereja ke gedung gereja yang lain, hanya untuk mendengarkan kotbah dari pembicara yang ternama, atau sekedar untuk melihat artis yang diundang di sebuah gereja. Sebaliknya, ada begitu banyak pelayan Tuhan yang berusaha untuk menarik jemaat, dengan berbagai upaya, sayangnya bukan untuk memberkati mereka, melainkan sekedar untuk memenuhi bangku-bangku yang kosong, dan ujung-ujungnya ingin menambah jumlah perpuluhan.

Setiap orang yang datang ke gereja, tentu ingin diberkati melalui pujian dan penyembahan, serta melalui kotbah yang disampaikan. Ada orang-orang yang tidak dapat memberikan banyak perpuluhan untuk pengembangan pelayanan dan gereja, namun mereka datang dengan hati yang benar-benar rindu akan kehadiran Tuhan didalam hidup mereka. Orang-orang terkenal atau yang sering disebut dengan panggilan ‘artis’, diundang untuk mengisi sebuah acara di gereja, tentu diharapkan dapat memberkati dan menguatkan hati jemaat dengan kesaksian hidup mereka.

Bila kita dengan teliti membaca Firman Tuhan, maka kita tidak akan pernah menemukan Tuhan Yesus berusaha untuk memaksa orang-orang mengikutNYA dan didalam setiap pertemuan dengan orang-orang disekitarnya, Tuhan Yesus tidak pernah promosi tentang diriNYA. Matius 4:24a dan Matius 4:25 berkata “Maka tersiarlah berita tentang DIA…Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti DIA…”. Teladan dari Tuhan Yesus adalah selalu memberkati, dan saat orang-orang itu merasa diberkati, maka orang-orang itu berbalik untuk mencari Tuhan Yesus dan bahkan juga menceritakan perbuatan-perbuatan ajaib Tuhan, sehingga membuat orang banyak tertarik untuk ikut mencari Tuhan.

Mungkin kita sering berpikir bahwa kuantitas atau jumlah jemaat itu merupakan acuan sebuah kesuksesan. Padahal sebenarnya kualitas itu yang dapat memertahankan, bahkan menambah kuantitas. Sia-sia saja bila kita berusaha dengan sekuat tenaga menambah jumlah jemaat, memaksa orang untuk beribadah di gereja kita, tetapi jemaat tidak dapat merasakan berkat didalamnya. Berkat bukan hanya sekedar pemberian secara materi atau sekedar pujian yang diucapakan hanya untuk menarik perhatian saja, tetapi berkat juga dapat dirasakan oleh jemaat melalui kualitas Roh yang terpancar dalam pujian dan penyembahan, serta kualitas Roh dalam penyampaian Firman Tuhan.

church-meetingsPenawaran terbaik untuk menjangkau jiwa adalah tidak dengan memaksa jemaat untuk selalu datang ke gereja atau berusaha untuk menyenangkan hati jemaat saja, sedangkan kita semua tahu bahwa kita tidak dapat menyenangkan hati semua orang, tetapi setiap pelayan Tuhan harus memiliki pengalaman pribadi bersama Tuhan dan persekutuan secara pribadi bersama Tuhan. Kita bisa saja setiap hari mengirimkan pesan yang berisi kata-kata yang sangat panjang mengenai Firman Tuhan, tetapi kata-kata itu tidak akan memberkati selama kita tidak benar-benar memiliki pengalaman pribadi bersama Tuhan. Dengan pengalaman pribadi bersama Tuhan, setiap kata dan cerita kehidupan kita akan membangkitkan iman jemaat, mengajarkan kepada jemaat untuk tetap bergantung kepada Tuhan, sekaligus memberikan dukungan bagi jemaat untuk menjadi berkat diluar gereja.

Daripada kita berlelah-lelah selalu meminta orang untuk datang ke gereja, berusaha untuk mencari perhatian orang-orang dengan hal-hal yang belum tentu dapat diterima, alangkah baik bila kita terlebih dahulu perbaiki kualitas kehidupan kita bersama Tuhan, mengisi kehidupan kita dengan Firman Tuhan, sebelum kita benar-benar ingin keluar untuk memberkati orang lain. Saat orang-orang melihat kualitas kehidupan kita yang baik, maka secara otomatis, orang-orang akan tertarik untuk datang ke gereja dengan sendirinya, karena mereka tahu bahwa mereka mendapatkan berkat melalui pengalaman kehidupan kita secara pribadi bersama Tuhan, dan bahkan mereka tidak akan segan memercayakan cerita-cerita persoalan kehidupan mereka kepada kita untuk mendapatkan saran, sampai mereka sendiri dapat menjadi berkat bagi orang-orang disekitar mereka.

Gereja bukan sebuah tempat untuk membuat kita menjadi kaya dengan uang perpuluhan atau sekedar mendapatkan gosip tentang permasalahan yang sedang dihadapi oleh orang lain, melainkan tempat untuk orang-orang dapat bertumbuh didalam Tuhan.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+cartoon+church&hl=id&sa=X&tbo=d&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=IvZpze4hSV3tRM:&imgrefurl=http://www.cartoonchurch.com/content/cc/church-meetings/&docid=clEd5nxW3cvPKM&imgurl=http://www.weblogcartoons.com/cc/downloads/church-meetings.gif&w=2095&h=1738&ei=wZnKUIvyN4vLrQfHsoCYDQ&zoom=1&iact=hc&vpx=495&vpy=125&dur=4533&hovh=204&hovw=247&tx=69&ty=121&sig=115066408690274837010&page=1&tbnh=145&tbnw=187&start=0&ndsp=33&ved=1t:429,r:4,s:0,i:96

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s