Kecil Tapi Berharga


Di dunia ini, kita mungkin tidak akan pernah dapat menemukan seseorang yang memiliki mimpi yang ‘kecil’, karena semua orang tentu ingin menjadi orang yang berhasil, sehingga semua orang akan selalu memiliki mimpi yang ‘besar’. Kita tentu akan sangat terkejut dan berpikir bahwa seseorang itu sudah gila, bila kita mendengar ada seseorang yang berkata “saya ingin menjadi seorang artis atau businessman yang gagal”, atau “saya tidak punya cita-cita dan saya tidak ingin berbuat apa-apa seumur hidup saya”. Mungkin bila kita mendengar seseorang berkata seperti itu, maka secara otomatis kita akan berusaha untuk memberikan semangat dan dorongan untuk menjadi seseorang yang berhasil.

Di belahan dunia mana pun juga, walau pun seseorang itu sangat miskin, tentu dia akan berkata “saya ingin menjadi seorang boss di pabrik tekstil (misalnya)”, sama halnya seseorang yang sedang mengalami masalah didalam keluarganya, tentu dia akan berkata “saya ingin hidup bahagia bersama keluarga saya dan saya ingin anak-anak saya dapat menjadi orang yang sukses”, dan seseorang yang sedang sakit, tentu dia akan berkata “saya ingin sembuh karena saya harus menjadi seorang atlit yang memenangkan Olympiade”.

Semua orang ingin sukses, berhasil, menjadi terkenal, memiliki kehidupan yang bahagia, dan memiliki banyak uang. Itulah sebabnya, ada begitu banyak seminar dan buku yang diterbitkan dengan berbagai tema, yang intinya memberikan panduan kepada setiap orang untuk dapat menemukan bakatnya, membangun bisnis, mengajarkan cara berkomunikasi, dan mengelola keuangan. Ada begitu banyak anak muda yang bahkan belum selesai sekolah sudah bekerja, hanya karena ingin bisa segera membangun karir dan berharap di usia yang tidak terlalu tua, mereka sudah menjadi orang kaya.

Tetapi seringkali kebutuhan hidup, kesulitan hidup, dan ambisi membuat orang-orang ingin menjadi CEPAT sukses. Padahal ada begitu banyak cerita orang sukses yang ternyata perjalanan hidup mereka pada awalnya begitu menyedihkan dan mengalami banyak kegagalan. Tetapi mereka tidak menyerah, tetap berjuang, dan ternyata, mereka juga sangat menghargai hal-hal ‘kecil’, sehingga akhirnya mereka meraih sebuah kata yang sangat didambakan oleh semua orang yaitu KESUKSESAN.

Seseorang yang baru saja lulus kuliah, ingin menjadi seorang manager didalam sebuah perusahaan. Tetapi pemilik perusahaan ingin seseorang itu memulai karirnya menjadi seorang staff biasa dengan gaji yang diluar perkiraannya. Seseorang itu bersikeras ingin mendapatkan posisi manager, sehingga dia tidak menerima tawaran menjadi seorang staff. Bertahun-tahun seseorang itu tidak melakukan apa-apa selain melamar menjadi seorang manager ke semua perusahaan yang ada di kotanya, tetapi tidak ada perusahaan yang menerimanya menjadi seorang manager. Seandainya saja seseorang itu mau menghargai dan menerima posisi staff saat dia lulus kuliah beberapa tahun yang lalu, dengan ketekunan dan kesabaran, mungkin saat ini, setelah beberapa tahun berlalu, dia bisa menjadi seorang manager.

small stepSeorang pengusaha, memulai bisnis makanan dengan memiliki sebuah pemikiran bahwa peluang untuk menjalankan bisnis makanan saat ini sangat bagus. Tetapi realitanya, seorang pengusaha ini mengalami banyak hambatan, ada begitu banyak orang yang kurang suka dengan rasa menu makanan yang dibuatnya. Beberapa bulan lamanya dia mengalami kerugian karena hanya ada dua orang yang menyukai menu makanan buatannya. Pinjaman untuk memulai usaha tidak dapat terbayarkan. Tetapi seorang pengusaha ini tetap melayani dua orang pelanggannya yang mungkin hanya empat kali dalam satu bulan datang ke depot yang dimilikinya saat itu. Sedangkan pelanggan yang lain hanya sesekali datang.

Seorang pengusaha ini berpikir bahwa mungkin ada yang kurang lezat dengan menu makanan yang dibuatnya, sehingga dia berusaha untuk memerbaiki kualitas menu makanan yang dihasilkannya, dan tidak pernah berhenti karena melihat realita yang tidak menjawab mimpinya. Hingga suatu saat, secara diam-diam ada salah seorang pelanggannya yang berusaha untuk mengiklankan depot seorang pengusaha ini. Sejak saat itu, ada begitu banyak orang yang selalu datang untuk menikmati menu makanan seorang pengusaha ini, serta menyukainya. Semakin hari depotnya semakin ramai, dan akhirnya dia dapat menjadi seorang pengusaha restaurant yang berhasil.

Firman Tuhan didalam Matius 25:21 berkata “…engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar…”. Seorang Hamba Tuhan berkata bahwa untuk mencapai langkah ketujuh, maka kita harus memulai langkah pertama. Kita harus memiliki sebuah cita-cita yang besar, karena hanya dengan cita-cita atau mimpi yang besar, kita dapat terpacu untuk melangkah dan bahkan dapat melakukan hal-hal yang ‘tidak mungkin’ demi meraih cita-cita atau mimpi kita itu. Tetapi cita-cita atau mimpi yang besar yang dapat dicapai bila kita mau memulainya dengan langkah yang kecil. Bila kita tidak dapat menghargai langkah kecil maka untuk selamanya kita tidak akan mungkin meraih mimpi yang besar.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.com/imgres?hl=id&tbo=d&noj=1&tbm=isch&tbnid=eYhRsK9aLAmqaM:&imgrefurl=http://liberateyourtalent.wordpress.com/2010/12/14/do-you-find-career-change-daunting/&docid=FCoy7CoXI1suiM&imgurl=http://liberateyourtalent.files.wordpress.com/2010/12/cartoon-14-career-ladder.jpeg&w=2091&h=1419&ei=w4vSUPSgMsfXrQfS8YHoDw&zoom=1&iact=hc&vpx=966&vpy=118&dur=1487&hovh=185&hovw=273&tx=152&ty=112&sig=107957396561600604684&page=2&tbnh=139&tbnw=199&start=27&ndsp=36&ved=1t:429,r:62,s:0,i:279&biw=1280&bih=707

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s