Bertanggung Jawab Dan Disiplin


Terdengar samar-samar suara seorang Manager kepada salah seorang anak buah “saya besok harus keluar kota selama beberapa hari, saya minta tolong kamu untuk urus masalah yang ini, kemudian selesaikan masalah yang itu, dan bila sudah ada jawaban kamu segera urus dokumennya, lalu jangan lupa kamu hubungi klien yang ini, baru setelah itu kamu kirimkan dokumennya, dan jangan lupa selesaikan masalah yang lain”.

 

Tak lama kemudian terdengar suara pintu dibuka dan beberapa menit setelahnya, ada orang lain yang masuk kedalam ruangan tersebut dan terdengar kembali suara serta yang mengatakan tugas-tugas penting yang harus diselesaikan selama Pak Manager pergi keluar kota. Dan demikian silih berganti setiap orang yang bekerja di kantor tersebut wajib mendapatkan berbagai tugas penting selama Pak Manager pergi.

 

Bagi orang-orang yang sudah memasuki dunia kerja dan kerja ikut orang, hal tersebut diatas bukanlab hal yang asing terdengar. Memang tidak semua Pemimpin akan melakukan hal yang sama, tetapi sebagian besar Pemimpin yang hendak meninggalkan kantor selama beberapa hari akan memberikan tugas dengan jumlah yang ‘tidak biasa’, untuk memastikan semua orang yang ada didalam kantor tersebut tetap datang tepat waktu dan berada di kamtor untuk melakukan semua tugasnya.

 

Para Pembaca, berapa banyak diantara kita yang masih akan mengerjakan bagian kita, hanya bila ada seseorang yang mengawasi kita?

 

Salah satu ciri seseorang itu sudah dewasa adalah kemampuannya untuk melakukan semua tanggung jawab dan memiliki sikap yang disiplin walau pun tidak ada seorang pun yang melihat atau memerhatikan. Anak kecil tidak bisa melakukan tanggung jawabnya dan tidak bisa memiliki sikap yang disiplin bila tidak ada yang mengawasi dan kadangkala harus diingatkan hingga menjadi sebuah kebiasaan.

 

Bersikap tanggung jawab dan disiplin berkaitan juga dengan sikap percaya. Sebagian besar kehidupan kita selalu berinteraksi dengan orang lain. Kita tentu tidak akan bisa memercayai orang yang tidak memiliki sikap tanggung jawab dan disiplin. Selain itu, kita juga bisa dianggap tidak menghargai kepentingan orang lain bila kita tidak mau bersikap tanggung jawab dan disiplin saat ada pekerjaan yang menuntut sebuah kerjasama.

 

Didalam kehidupan rohani, kita tahu bahwa Tuhan mengetahui isi hati dan pikiran kita. Tetapi seberapa sering kita meletakkan pikiran-pikiran negatif dan niat hati untuk mencelakai atau membuat malu seseorang? Orang lain tidak ada yang tahu isi hati dan pikiran kita, tetapi karena ketidakhadiran Tuhan secara nyata di dunia dan melihat perbuatan-perbuatan kita, maka kita seolah-olah lupa bahwa Tuhan selalu memerhatikan hidup kita.

 

GambarSemua orang ingin kaya, semua orang ingin sukses, semua orang ingin sehat, dan semua orang ingin bahagia. Tetapi bahkan untuk hidup di dunia ini tanpa melakukan apa-apa Tuhan masih menuntut kita untuk memiliki sikap tanggung jawab. Jadi peranan apa pun yang kita lakukan, bisa berhasil bila kita menyertainya dengan sikap tanggung jawab dan disiplin.

 

Tuhan memberkati.

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.johnehrenfeld.com/Responsibility_Kids.jpg&imgrefurl=http://www.johnehrenfeld.com/2009/04/responsibility.html&h=269&w=334&sz=23&tbnid=pFao3msQ3AO6mM:&tbnh=90&tbnw=112&prev=/search%3Fq%3Dpicture%2Bof%2Bresponsibility%26tbm%3Disch%26tbo%3Du&zoom=1&q=picture+of+responsibility&usg=__N1iaDd7eR4bhHSaBICdCNArLzPE=&docid=vDQqUSm5gR8_wM&hl=id&sa=X&ei=JkPuUPCLJ4SmkQXVoYBo&sqi=2&ved=0CC4Q9QEwAg&dur=869

5 thoughts on “Bertanggung Jawab Dan Disiplin

  1. Artikel sangat bagus. Bagaimana jika artikel yang bagus ini di edit dan di kemas untuk bisa menjadi sebuah buku yang menarik. Pastinya akan menjadi berkat bagi yang tidak sempat membuka komputer internet.
    Terima kasih. Tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s