Mantap BerkatNya


Di halaman rumah saya, ada dua tanaman yaitu pohon belimbing dan pohon kamboja. Setiap hari tugas saya hanya merawatnya dan membersihkan daun-daun yang berguguran agar halaman bersih. Pada suatu hari, seorang tetangga datang kerumah saya dan mengatakan bahwa dia ingin meminta bunga kamboja. Tanpa berpikir panjang, saya mengijinkannya dan memberikan kotak kosong sebagai tempatnya, serta membantu untuk memetik bunga-bunga itu.

Tadinya saya berpikir seorang ibu itu akan memetik bunga-bunga yang masih melekat pada pohon, tetapi ternyata dia juga memungut bunga-bunga yang sudah berjatuhan dan bahkan yang sudah kering. Saat saya bertanya hendak dibuat apa bunga-bunga itu, seorang ibu itu menjawab kalau akan dia jual, karena bunga-bunga itu bisa dibuat parfum. Dengan niat baik, saya mengatakan kepada seorang ibu itu bahwa setiap hari saya akan mengumpulkan dan memberikan kepadanya.

Beberapa kali saya berhasil mengumpulkan banyak bunga. Di satu sisi saya senang bisa memberi tetangga, tetapi disisi manusia saya melihat bahwa hal itu merupakan sebuah peluang bisnis. Karena penasaran, saya mencari informasinya di internet, dan didalam hati kecil saya merasa sedikit menyesal karena baru saja mengetahui peluang bisnis tersebut. Saya mulai berpikir untuk menjual bunga-bunga itu sendiri dan akan memberikan sebagian saja untuk tetangga saya.

Saat saya mulai berpikir demikian, disisi hati saya yang lain seolah-olah mengingatkan seberapa banyak uang yang akan saya peroleh bila dibandingkan dengan hubungan baik saya dengan tetangga (Amsal 12:2 “orang baik dikenan Tuhan, tetapi si penipu dihukumNya“) Akhirnya saya berkata didalam hati “ya sudah Tuhan, saya ikhlas memberi, saya percaya berkat Tuhan ada yang lain buat kami“.

Mungkin, menurut kebanyakan orang sebaiknya saya minta sebagian uang hasil penjualan atau saya akan dianggap bodoh karena justru memberikan rejeki pada orang lain. Tetapi saya tidak mau berpikir terlalu ribet untuk hal tersebut. Dengan setia dan tulhs hati, saya tetap memberi tanpa berharap balasan dari seorang ibu itu.

Pada suau hari, saat air PDAM mengalami kerusakan pipa dan beberapa daerah juga terkena imbasnya, termasuk wilayah kami, tanpa disangka-sangka, saat kami menunggu air tangki datang, seorang ibu itu datang kerumah saya dan membawakan dua buah galon besar untuk dipinjamkan kepada saya.

Pada saat air mati biasanya semua orang akan bersikap egois, berusaha menampung air sebanyak mungkin untuk persediaan, tetapi seorang ibu ini rupanya tahu bahwa saya tidak punya tandon dan dia merelakan tempatnya untuk dipinjamkan kepada saya, sehingga setelah saya mendapatkan air dan menggunakannya, saya masih punya air lagi yang sudah saya tampung di galon yang dipinjamkan oleh seorang ibu itu,

Terharu dan senang rasanya hati ini karena mendapatkan kebaikan dari seorang tetangga. Mungkin niatnya memang membalas kebaikan saya yang telah memberikannya bunga kamboja, tetapi saya berpikir bahwa inilah berkat Tuhan. Memang bukan berkat materi seperti yang diharapkan karena bunga kamboja itu menghasilkan sejumlah uang bagi tetangga saya, melainkan berkat air yang memang sangat kami butuhkan saat itu jauh melebihi dari sejumlah uang hasil penjualan bunga kamboja.

blessingsDidalam hidup ini, saat kita mendengar kata ‘berkat’ seringkali kita berpikir bahwa berkat itu selalu berwujud uang. Padahal berkat itu ada beraneka ragam bentuknya, dan Tuhan memberikan pada kita sesuai dengan kebutuhan kita. Berkat itu ada berkat kesehatan, berkat makanan, berkat sukacita, berkat damai sejahtera, berkat perkenanan, berkat rohani, dan beraneka ragam berkat lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Dengan mengetahui bahwa berkat Tuhan itu ada beraneka ragam, maka kita akan semakin tahu bahwa selalu ada alasan untuk bersyukur. Dan segala hal yang kita lakukan itu ada balasannya, bila kita berbuat baik, maka kita akan mendapatkan kebaikan. Didalam hidup ini kita memang perlu berusaha untuk mendapatkan uang, tetapi ada saatnya kita juga harus bisa bersikap ikhlas dan murah hati pada orang lain. Percayalah, Tuhan pasti akan bermurah hati juga pada kita!

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+cartoon+blessing&hl=id&sa=X&tbo=d&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=IevdGIkMYEEUvM:&imgrefurl=http://hillfamsafari.blogspot.com/2010/11/november-blessings-one-day-baby-just.html&docid=iinAyMq05QhkXM&imgurl=http://2.bp.blogspot.com/_SZ1wCnyatr4/TNC5SJHbFkI/AAAAAAAAEco/OuDuUZhTkIM/s320/blessings%25252520be%25252520upon.jpg&w=320&h=220&ei=bHH3UK-7EI7krAeb6oGQDg&zoom=1&iact=hc&vpx=456&vpy=110&dur=1857&hovh=176&hovw=256&tx=172&ty=70&sig=115066408690274837010&page=2&tbnh=147&tbnw=216&start=31&ndsp=39&ved=1t:429,r:57,s:0,i:255

Tinggalkan Balasan

