Keadaan Bisa Berbalik


Kedua orang tua Betty dan kedua orang tua Lisa adalah teman dekat sejak Betty dan Lisa berusia lima tahun. Saat kedua orang tua mereka saling mengunjungi, Betty dan Lisa memilih untuk bermain bersama agar mereka tidak bosan mendengarkan pembicaraan orang tua yang tak mereka mengerti. Kebersamaan mereka berdua itu akhirnya membuat Betty dan Lisa secara otomatis menjadi teman dekat juga.

Memasuki usia remaja membuat Betty dan Lisa suka pergi ke mall berdua. Mulai dari hanya sekedar berjalan-jalan, sekedar ingin mencoba sebuah menu makanan, hingga saat mereka perlu untuk mencari suatu barang. Rumah Betty melewati jalan rumah Lisa, jadi seringkali Betty yang mengantarkan Lisa pulang. Sedangkan saat mereka pergi jalan-jalan, biasanya Betty yang paling sering memiliki tujuan, sehingga Lisa biasanya hanya sekedar ingin menemani Betty dan atau hanya merasa tidak tega bila Betty tidak mendapatkan ijin orang tuanya kalau pergi sendirian.

Tetapi rupanya niat baik Lisa dimanfaatkan oleh Betty. Betty merasa dia yang akan mengantarkan Lisa pulang, jadi seolah-olah Lisa yang harus selalu memiliki waktu untuk Betty. Sedangkan saat Lisa minta tolong untuk ditemani pergi untuk membeli sesuatu, bila Betty tidak sedang berminat, maka dia akan menolak ajakan Lisa.

Berjalannya waktu, mereka sama-sama beranjak dewasa, Lisa mulai mengerti bahwa Betty bukanlah teman yang baik, Betty hanya memanfaatkan kebaikan Lisa, dan dibelakang Lisa seringkali Betty membicarakan hal-hal yang tidak baik tentang Lisa. Akhirnya Lisa memilih untuk tidak terlalu memercayai Betty dan bersikap tega menolak ajakan Betty bila Lisa memang benar-benar tidak bisa menemaninya.

Tak lama kemudian mereka sama-sama menikah dan Lisa memiliki kehidupan yang jauh lebih baik daripada Betty. Tidak hanya sekedar secara materi, tetapi secara karakter Lisa berubah jauh lebih banyak dan lebih baik bila dibanding Betty yang tidak terlihat mengalami suatu perubahan. Sikap Betty masih suka manja dan egois, walau pun dia sudah memiliki seorang anak. Sedangkan Lisa, perjalanan hidup membuatnya lebih manis, dewasa, dan menyenangkan.

Orang yang tadinya sangat menyayangi Betty dan memercayai segala ucapannya, kini sadar dan mengetahui bahwa Lisa tidak seburuk seperti yang selama ini mereka sangka. Dan seringkali Betty memohon kepada Lisa untuk bisa jalan-jalan bersamanya lagi, sama seperti dulu Lisa juga seringkali memohon kepada Betty untuk menemaninya, tetapi tentu saja kehidupan sudah berbalik arah, waktu Lisa saat ini tidak bisa selonggar dulu saat masih remaja, sehingga dia harus mengutamakan keluarganya.

roda-kehidupanTeman-teman, hubungan itu selalu ada timbal baliknya. Kita tidak bisa mengharapkan seseorang selalu ada dan memenuhi segala hal yang kita mau. Ada waktu dimana kita harus bisa menjadi seseorang yang selalu ada bagi orang lain dan memenuhi yang mereka mau juga.

Tak selamanya orang yang akan memohon kepada kita, tetapi akan ada waktu kita akan memohon kepada orang lain. Bila kita membiarkan orang lain memohon dan kita menolaknya, maka suatu hari permohonan kita pun akan ditolak. (Amsal 3:28 – janganlah engkau berkata kepada sesamamu: “pergilah dan kembalilah, besok akam kuberi”, sedangkan yang diminta ada padamu)

Waktu terus berjalan dan didalam perjalanannya, seringkali kita harus menuai hal-hal yang pernah kita lakukan sebelumnya. Saat ini kita mungkin belum menyadari bahwa kita sedang menuai, tetapi alangkah baik bila kita mulai menanamkan hal-hal yang baik. Jangan kita memanfaatkan kebaikan orang lain dan jangan kita berprasangka buruk pada orang lain yang mungkin kita anggap sedang memanfaatkan kita! Kita tak pernah tahu hati dan pikiran seseorang. Tetapi kita tahu bahwa kita masih tetap bisa berpikir positif dan bersikap baik pada orang lain.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+roda+kehidupan&hl=id&sa=G&tbo=d&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=s13KAihGGslK0M:&imgrefurl=http://kfathan.blogspot.com/&docid=sV3zPNC7yUFamM&imgurl=http://3.bp.blogspot.com/-3jFPJ0tWJvM/TXh1hG384qI/AAAAAAAAADQ/c2T1XSKwJvc/s748/roda-kehidupan111.jpg&w=748&h=302&ei=rsL8UL64GYjNrQfHpoDgBw&zoom=1&iact=hc&vpx=564&vpy=116&dur=918&hovh=142&hovw=354&tx=213&ty=63&sig=115066408690274837010&page=1&tbnh=123&tbnw=266&start=0&ndsp=27&ved=1t:429,r:17,s:0,i:129

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s