Pelayanan yang Tak Tampak


Sebuah cerita dari seorang ibu yang harus berjuang seorang diri untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sejak suaminya meninggal dunia. Seorang ibu ini mencoba untuk membuka sebuah toko elektronik, yang pada awalnya sempat mengalami kasus ditipu oleh seseorang yang mengambil barang tanpa membayarnya.

Namun Tuhan memberikan pertolongan tepat pada waktunya. Saat seorang ibu ini harus membayar sejumlah tagihan, datanglah seseorang yang ingin meminjam sebagian tempatnya untuk pemasangan papan iklan. Setelah mendapatkan persetujuan dari seorang ibu itu, maka seseorang itu memberikan sejumlah uang sebagai biaya sewa tempat untuk pemasangan papan iklan. Dan ternyata, sejumlah uang yang diberikan itu jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh seorang ibu pada saat itu.

Seorang ibu itu sangat bersyukur karena akhirnya dia dapat terus menjalankan bisnisnya. Ada begitu banyak orang didalam gereja yang mengatakan bahwa sebagai ucapan syukur, seharusnya seorang ibu itu menyediakan waktunya untuk mengambil bagian pelayanan didalam gereja. Tetapi seorang ibu itu hanya bisa mengikuti kebaktian hari Minggu pada jam kebaktian yang terakhir, karena seorang ibu itu harus membuka toko setiap hari, demi memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya.

Melihat kesibukan seorang ibu yang tiada henti, ada begitu banyak orang didalam gereja yang tanpa sengaja mulai menghakimi kerja keras seorang ibu ini. Ada begitu banyak orang yang berpendapat dengan usaha sendiri, seharusnya seorang ibu itu bisa mengatur waktunya untuk melakukan pelayanan didalam gereja. Tetapi seorang ibu itu tetap memiliki keputusannya sendiri karena hanya dia seorang yang tahu keadaannya.

Beberapa waktu kemudian, ketika ada sebuah kesempatan untuk bersaksi, dengan rendah hati, seorang ibu itu bercerita bahwa didalam kesehariannya dia memang harus menjaga toko seorang djri, sehingga tak ada waktu untuk melakukan kegiatan didalam gereja. Tetapi bukan berarti dia melupakan kebakkan Tuhan didalam hidupnya. Dia memiliki belas kasihan terhadap anak-anak kecil dan orang-orang yang suka meminta-minta yang datang ke tokonya.

Setiap hari, saat dia melihat ada gelandangan yang meminta uang datang ke tokonya, dia akan langsung menyuruh salah seorang pegawainya untuk memandikan gelandangan itu, memberinya makan, dan saat dia memiliki kesempatan untuk berbicara, maka dia akan berusaha untuk menyampaikan kebaikan-kebaikan Tuhan.

Saat melakukan bal itu, seorang ibu itu hanya bisa berharap didalam hatinya, dengan kebaikan dan ketulusan hatinya, kasih Kristus itu dapat dirasakan oleh para gelandangan itu, karena untuk melayani Tuhan didalam kesehariannya, hanya itu yang dapat dia lakukan. Dan seorang ibu itu terus melakukan pelayanan yang tak terlihat oleh orang-orang di gerejanya sampai saat dia dipanggil Tuhan.

Serving GodTeman-teman, seringkali kita berharap seseorang bisa aktif melakukan sebuah kegiatan yang nyata didalam gereja, dan seringkali kita juga beranggapan bahwa kegiatan atau kesibukan yang kita lakukan didalam gereja itu barulah yang disebut sebagai sebuah pelayanan. Padahal sebenarnya ada berbagai-bagai pelayanan dapat kita lakukan didalam keseharian kita, yang mungkin tidak terlihat oleh orang lain, dan tidak dilakukan didalam gereja (Kolose 3:23 “apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan, dan bukan untuk manusia“).

Kita tidak bisa memaksa seseorang untuk melakukan suatu kegiatan didalam gereja hanya untuk menilai kesetiaannya didalam Tuhan atau hanya untuk membuktikan bahwa seseorang itu sudah melakukan sesuatu untuk Tuhan. Keaktifan seseorang didalam gereja juga tidak dapat menjamin seseorang akan masuk Surga, karena yang menilai setiap perbuatan manusia itu hanya Tuhan.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.google.co.id/imgres?q=picture+of+servant+of+God&start=104&hl=id&sa=X&tbo=d&biw=1280&bih=707&tbm=isch&tbnid=XDzmEZyfs1OU4M:&imgrefurl=http://www.sodahead.com/united-states/what-are-some-requirements-for-serving-god-and-how-should-we-serve-god/question-676495/&docid=7w4s4Do2EknqkM&imgurl=http://images.sodahead.com/polls/000676495/polls_Serving_God_5555_991397_poll_xlarge.jpeg&w=350&h=199&ei=Q3X_UIQ5iI2uB9SegegM&zoom=1&iact=hc&vpx=95&vpy=276&dur=266&hovh=159&hovw=280&tx=145&ty=103&sig=115066408690274837010&page=4&tbnh=137&tbnw=241&ndsp=35&ved=1t:429,r:33,s:100,i:103

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s