Definisi Cinta


Saat seseorang di tanya mengenai definisi cinta, seringkali seseorang itu merasa bingung, karena cinta berkaitan dengan perasaan yang sulit untuk digambarkan dengan kata-kata.

loveRasa cinta biasanya membuat hati selalu berbunga-bunga atau merasa selalu bahagia. Rasa cinta biasanya juga selalu dapat membangkitkan semangat bahkan di saat tubuh seseorang dalam keadaan lemah atau sakit. Rasa cinta selalu dapat membuat sebuah kejutan! Karena seseorang tiba-tiba dapat memiliki sebuah kemampuan untuk melakukan apa saja, demi cinta.

Pada suatu hari, seseorang terlihat membuat sebuah tulisan yang sedang menggambarkan perasaannya tentang Indonesia. Tulisan itu berkata, “Saya cinta Indonesia“. Dari gambar yang ditunjukkannya, kelihatannya seseorang ini sedang mengagumi sebuah tempat yang sangat indah di Indonesia, yang membuatnya benar-benar jatuh cinta kepada Indonesia dan karena ‘rasa cinta’nya itu, dia merasa harus segera mengunjungi tempat tersebut.

Sayangnya, dibalik kekagumannya pada Indonesia, seseorang ini ternyata juga sangat dikenal sebagai seorang teman yang selalu bersikap membeda-bedakan atau rasis.

Dari sepenggal cerita tersebut, kita dapat belajar bahwa cinta ternyata memiliki definisi yang sangat dalam. Cinta bukan hanya sekedar perasaan sayang atau perasaan sedang sangat menyukai sesuatu, tetapi cinta sebenarnya juga merupakan sebuah rasa atau sikap yang seharusnya juga dapat menikmati dan menerima segala kekurangan yang ada didalamnya.

Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki ribuan pulau, suku, dan bahasa. Bila kita berkata bahwa kita cinta Indonesia, maka itu berarti kita akan mencintai keseluruhan yang dimiliki oleh Indonesia, dapat menikmati kehidupan yang ada di Indonesia, menerima segala kekurangan yang ada di Indonesia, dan bahkan sebagai seorang pemercaya kita akan ingat untuk terus menerus berdoa untuk Indonesia.

Sama seperti halnya saat kita jatuh cinta pada seseorang, maka kita pasti akan mampu menyukai segala hal yang menjadi bagian dari hidup seseorang itu, mampu menikmati waktu-waktu bersama seseorang itu, mampu menerima segala kekurangan seseorang itu, dan sebagai seorang pemercaya kita tentu akan selalu ingat berdoa untuk seseorang itu.

Memang benar, seseorang yang mencintai bukan berarti buta, melainkan ada hal-hal yang harus disesuaikan agar pribadi kita menjadi semakin lebih baik. Tetapi pada dasarnya cinta bukan hanya sekedar perasaan, tetapi cinta selalu diawali dengan sebuah sikap, khususnya sikap menerima.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa kita tidak bisa berdiri diatas dua buah perahu. Demikian pula kita juga tidak dapat bersikap mencintai sekaligus bersikap membenci pada orang yang sama atau pada sesuatu hal yang sama. Pada akhirnya kita harus memutuskan mau mencintai atau mau membenci. Bila mencintai, maka harus bersikap menerima, dan bila membenci, maka harus bersikap menjauhi.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak ada yang sempurna, selalu ada kebaikan dan ada kekurangannya. Kita tidak bisa hanya mencintai sebuah hal yang baik, karena bisa dibayangkan akan sangat menyedihkan bila seseorang memilih untuk menjauhi kita karena membenci kekurangan kita. Itulah sebabnya diperlukan sebuah sikap saling menerima.

Pada akhirnya, bila kita dapat menerima, maka kita juga akan dapat menghormati dan juga dapat menghargai.

Kita dapat menghormati dan menghargai seseorang tanpa perasaan cinta. Tetapi saat kita benar-benar mencintai, maka kita akan mampu untuk menghormati dan menghargai.

demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan, dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih
I Korintus 13:13

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.fanpop.com/clubs/love/images/19596601/title/lots-love-wallpaper

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s