Dimulai Dari Dalam


Setiap keluarga memiliki tata cara yang berbeda-beda. Setiap keluarga memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Setiap keluarga memiliki keakrabannya masing-masing. Setiap keluarga memiliki style atau gayanya masing-masing.

Ada keluarga yang tidak memiliki hubungan yang dekat antara saudara yang satu dengan saudara yang lain, tetapi bukan berarti mereka tidak saling menyapa. Ada keluarga yang tidak memiliki hubungan yang dekat antara saudara yang satu dengan saudara yang lain, karena dalam setiap pertemuan mereka selalu saling menyakiti, sehingga mereka menghindari pertemuan. Ada juga keluarga yang sangat akrab, sehingga mereka dapat menikmati waktu-waktu bersama.

Tentu saja, yang paling menyenangkan adalah saat kita dapat melihat atau merasakan kebersamaan dalam suasana yang hangat, sangat akrab, dan hubungan yang tidak saling menyakiti.

Dan biasanya, kebiasaan yang ada didalam rumah, akan terbawa pada saat kita berada diluar rumah. Sebagai contoh, bila kita terbiasa dengan suasana yang akrab, maka kita akan dengan mudah menjadi akrab dengan orang selain anggota keluarga kita.

innerbeautyItulah sebabnya, segala sesuatu pada dasarnya selalu mulai dari dalam diri kita sendiri atau dari dalam keluarga kita sendiri.

Bila kita sudah menikah, maka kita memiliki peluang atau kesempatan untuk membuat sebuah pola atau gaya hidup yang lebih baik, seperti yang kita inginkan. Tentu saja, harus dengan kesepakatan bersama pasangan, untuk membentuk sebuah kebiasaan baik yang baru, sehingga pada saat kita berada diluar keluarga, kita juga akan membawa kebiasaan itu. Dan kemudian, orang lain yang seharusnya belajar dari kebiasaan dan kehidupan yang baru kita bentuk itu.

Kita akan sulit mengubah pola kebiasaan yang terjadi didalam keluarga saat kita bersama dengan orang tua dan saudara-saudara kita. Tetapi kita masih bisa belajar dari contoh kehidupan yang ada didalam keluarga yang lain, yang menurut kita baik, sehingga kita bisa membuat diri kita sendiri tampil dengan pola hidup yang lebih baik.

Tidak mudah untuk membentuk sebuah pola hidup yang bajk dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan yang baik, karena setiap kita sudah memiliki pola hidup yang kita bawa sejak dari dalam keluarga kita.

Tetapi bila kita ingin suatu perubahan yang baik terjadi didalam kehidupan kita, dan bila kita ingin membawa kebiasaan yang baik itu dalam keseharian kita untuk menjadi contoh yang baik bagi kehidupan orang lain juga, maka kita harus memulainya dari dalam diri kita sendiri atau dari dalam keluarga kita terlebih dahulu.

Tidak perlu meniru persis seperti keadaan orang lain! Kita bisa memiliki gaya dan pola hidup sendiri yang kita kehendaki, disesuaikan dengan kepribadian kita juga.

Bukankah kita dilahirkan sebagai seseorang dengan kepribadian yang unik dan baik, untuk tujuan yang mulia? Maka kita pasti mampu mencapai kehidupan yang mulia itu.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.equipped4excellence.com/ministries/inner-beauty-desk/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s