Belum Saatnya Menyerah


Setiap permainan yang pernah kita mainkan, selalu ada tingkat kesulitannya masing-masing. Biasanya, semakin tinggi tingkat permainan yang kita mainkan, maka akan semakin tinggi tingkat kesulitannya. Dan bila kita menyukai permainan yang kita mainkan itu, maka seringkali kita akan merasa penasaran, hingga akhirnya terus berjuang untuk dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Selanjutnya, untuk berada pada akhir permainan, maka kita harus menyelesaikan permainan itu, walau pun mungkin pada tingkatan tertentu kita ternyata gagal, sehingga kita harus mengulangi permainan beberapa kali untuk bisa menang.

Masalahnya, kita tidak pernah tahu berapa kali kita harus mengulangi suatu permainan sampai kita menang. Mungkin dalam satu kali melakukan permainan kita bisa menang, dan mungkin kita harus mencoba permainan itu berkali-kali baru kita bisa menang.

Hidup bukanlah suatu permainan, melainkan didalam perjalanannya ada usaha yang harus kita lakukan seperti saat kita bermain.

Saat kita mengalami suatu masalah, ada masalah yang bisa diselesaikan dengan mudah, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengakhirinya, dan masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan mudah, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengakhirinya.

Untuk menyelesaikan suatu masalah, kita harus mencoba dengan berbagai cara untuk menyelesaikannya, ada begitu banyak harga yang harus kita bayarkan, ada banyak hal yang harus kita korbankan, ada banyak waktu dan tenaga kita yang harus tersita, dan ada begitu banyak hal yang harus kita pikirkan.

Masalahnya, kita tidak pernah tahu berapa lama masalah kita akan berakhir dan cara apa yang dapat mengakhirinya. Tetapi yang pasti, kita harus terus berjuang, paling tidak agar masalah selesai. Walau pun selama kita hidup pasti ada masalah, tetapi tentu kita ingin masalah berakhir.

Dan bila saat ini kita sedang mengalami masalah, dan sepertinya kita sudah mencoba berbagai cara, namun masalah tak menemukan jalan keluarnya juga, maka itu berarti, belum saatnya kita boleh menyerah.

never give upKita tidak pernah tahu waktu kedatangan sebuah mujizat didalam hidup kita. Mungkin besok ada mujizat, atau mungkin beberapa menit lagi datang sebuah pertolongan bagi kita. Seandainya detik ini kita menyerah, maka itu berarti kita mengakhiri masalah tanpa sebuah penyelesaian. Sedangkan kemenangan terjadi bila masalah diakhiri dengan sebuah penyelesaian.

Jangan menyerah!

Berdoa itu adalah sebuah keharusan, karena melalui doa kita dapat meminta pertolongan kepada Tuhan. Tetapi selain berdoa, selagi kita masih dapat berjalan, maka teruslah melangkah maju! Selagi masih ada yang dapat kita usahakan, maka berusahalah! Selagi kita dapat mengerjakan sesuatu, maka kerjakanlah!

Tuhan tidak pernah terlelap dan Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita. PertolonganNya pasti datang bagi kita!

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.myindiapictures.com/pictures/up1/2012/02/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s