Hati yang Gembira Adalah Obat


Ada dua orang Ibu, yang seorang bernama Ibu Nita, dan yang seorang lagi bernama Ibu Santi. Ibu Santi memiliki sebuah toko perhiasan dan Ibu Nita adalah pelanggannya.

Pada suatu hari mereka bertemu di sebuah rumah sakit, dan ternyata mereka sama-sama menderita sakit kanker payudara. Bedanya, kanker payudara yang dialami oleh Ibu Santi sudah pada stadium akhir, dan kanker payudara yang dialami oleh Ibu Nita masih pada stadium awal.

Tetapi, di akhir cerita, Ibu Nita akhirnya meninggal dunia setelah kurang dari tiga tahun lamanya berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya, dan baru-baru ini, saat anak-anak Ibu Nita berkunjung ke toko perhiasan milik Ibu Santi, anak-anak Ibu Nita mendengar cerita dari Ibu Santi sendiri, kalau dia mengalami kesembuhan secara total.

Cara pengobatan yang dijalani oleh Ibu Nita dan Ibu Santi kurang lebih sama, hanya saja bedanya Ibu Santi tidak terus menerus bersedih setelah mengetahui dirinya mengidap penyakit kanker payudara. Ibu Santi tetap menjalani pengobatan, sambil tetap memiliki hati yang gembira saat melakukan aktifitasnya.

Amsal 15:13 “Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat

cartoon happySetiap orang yang memiliki hati yang gembira, saat melakukan aktifitasnya, mereka akan menjadi lebih bersemangat, mereka akan lebih mudah untuk diajak bicara karena mereka bisa berpikir dengan jernih, dan mereka akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Sedangkan setiap orang yang memiliki hati yang susah atau sedang bersedih, saat melakukan aktifitasnya, mereka akan menjadi lebih malas, mereka akan menjadi sulit untuk diajak bicara karena mereka tidak bisa berpikir dengan jernih atau sulit berkonsentrasi, dan mereka akan menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Amsal 15:15 “Hari orang berkesusahan buruk semuanya, tetapi orang yang gembira hatinya selalu berpesta

Kita mungkin sulit untuk bisa melupakan masalah dan kita mungkin sulit untuk bisa melupakan penyakit yang kita alami. Bergembira bagi orang-orang tertentu mungkin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dan realitanya, didalam kehidupan ini kita memang akan memiliki lebih sedikit waktu untuk bergembira, bila dibandingkan dengan waktu saat susah.

Kabar buruknya, kita juga dapat menjadi masalah bagi orang lain saat hati kita sedang susah atau bersedih.

Oleh karena itu, saat kita harus menghadapi suatu masalah, pertama-tama kita harus yakin bahwa memang benar ada masalah yang timbul. Kemudian kita bisa mencari solusi, daripada bersikap tegang dan marah-marah. Selanjutnya, bersedih itu memerlukan waktu untuk pemulihan, tetapi hanya diri kita sendiri yang dapat menemukan cara agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Sebenarnya, tidak ada orang lain yang dapat mencuri kegembiraan yang ada didalam hati kita, apabila kita tidak mengijinkannya.

Jadi bila kita ingin hidup sukses, hidup bahagia, dan hidup sehat, maka tidak ada solusi selain memiliki hati yang gembira.

Amsal 17:22 “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://julieg350dayinthelifewithmigraines.wordpress.com/tag/twitter/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s