GPS


GPS adalah singkatan dari Global Positioning System, sistem dari satelit yang dapat menunjukkan posisi kita atau dapat memberikan petunjuk arah pada kita, dimana pun kita berada di dunia ini. Misalnya saja pada saat kita berada diluar kota, dan kita tidak tahu bagaimana cara menuju ke sebuah alamat, maka GPS dapat membantu kita untuk memberitahukan arah yang harus kita lewati, dari posisi kita pada saat itu, hingga kita bisa sampai ke tempat tujuan.

GPSPada saat saya dan suami tinggal di Pulau Bali, GPS sangat bermanfaat, sebagai salah satu alat bantu petunjuk jalan bagi kami. Kemana pun kami hendak pergi, khususnya ke tempat yang belum pernah kami kunjungi, kami dapat mengandalkan GPS sebagai penunjuk arah, sehingga kami dapat tiba di berbagai tempat wisata yang ada di Pulau Bali.

Demikian pula, pada saat kami harus tinggal di Ibukota, Jakarta, sebuah kota metropolitan di Indonesia yang sangat luas, GPS semakin bermanfaat bagi kami. Hanya saja, pada saat di Jakarta, ada beberapa kali kami melakukan sebuah kesalahan, dimana kami seharusnya belok ke kiri, namun karena kami belum sempat mengambil posisi di sebelah kiri, maka kami harus tetap berada di jalan yang lurus dan akibatnya, kami menyimpang dari jalur yang ditunjukkan oleh GPS.

Salah satu kehebatan GPS, sekali pun kami sudah berada di jalur yang salah, tetapi pada saat kita meminta sebuah petunjuk arah yang baru untuk bisa tiba ke tujuan yang sama seperti semula, maka GPS tetap bisa memberikan petunjuk, hingga kita bisa sampai ke tempat tujuan.

Saat saya mengetahui kehebatan GPS ini, saya berpikir bahwa sebenarnya Tuhan kita jauh lebih hebat. Seringkali tanpa sadar atau dengan sengaja, kita membuat pilihan-pilihan yang tidak atau kurang tepat didalam hidup ini, sehingga membuat perjalanan kita terasa begitu lama, dan harus menunggu jawaban doa selama bertahun-tahun.

Tetapi didalam setiap pilihan kita itu, Tuhan selalu bisa membuat kita kembali pada sebuah jalur yang selaras dengan keinginan Tuhan untuk terjadi didalam hidup kita, hingga pada akhirnya kita dapat tiba pada tujuan yang sudah Tuhan tentukan bagi kita.

Sebagai contoh, ada kalanya saya dan suami berpikir langkah kami sedang tidak selaras dengan jalan Tuhan, biasanya pada saat doa kami tidak kunjung mendapatkan jawabanNya. Sehingga kami mengusahakan berbagai hal, untuk memahami sesuatu yang Tuhan sedang sediakan untuk kami. Tetapi didalam berbagai usaha kami itu, ada pintu-pintu yang Tuhan tutup bagi kami, dan ada pintu-pintu yang Tuhan buka bagi kami.

Kami terus berjalan dan berdoa, agar Tuhan memberikan petunjuk arah bagi kami. Hingga akhirnya, ada satu titik dimana Tuhan menyatakan bahwa Dia sebenarnya sedang memberikan jawaban doa bagi kami, dan Dia juga mengarahkan langkah kami untuk menuju ke jawaban doa yang ingin Dia berikan bagi kami, tetapi sebelum kami tiba pada jawaban doa, ada perjalanan waktu dan iman yang harus kami lalui, agar kami dapat benar-benar melihat kebaikan Tuhan.

Coba kita renungkan, dari berbagai hal yang sudah kita lewati! Mungkin sebenarnya didalam hati kita sangat tidak ingin melalui hal-hal tersebut. Namun setelah kita menyadari bahwa sebenarnya Tuhan sedang membawa kita pada jawaban doa kita, maka kita dapat mengenal Tuhan, sebagai Pribadi yang selalu bisa mengarahkan langkah kita pada jalur yang tepat, sehingga kita bisa menikmati kehidupan yang lebih baik dan tiba di tujuan dengan selamat.

Amsal 16:9
Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya

**picture taken from:
http://www.engadget.com/2008/08/11/iphone-experiencing-gps-problems-after-2-0-1-update/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s