Ternyata Nilainya Nol


Pada sebuah acara reuni, seorang teman bercerita tentang masa lalunya yang sebenarnya adalah seorang yang sangat pandai di kelas. Realitanya, teman-temannya yang lain juga mengakui bahwa seorang teman ini tidak pernah mendapatkan nilai dibawah rata-rata, dan tidak pernah mengalami kesulitan saat belajar.

Tetapi, melihat kehidupannya saat ini yang hanya menjadi seorang pengganguran, dan hanya bisa berbangga diri tentang masa lalunya di sekolah, membuat teman-temannya hanya sekedar tertawa kecil, karena ternyata kepandaian di masa lalunya tidak dapat berguna di masa sekarang.

Cerita yang lain datang dari seorang saudara yang tinggal diluar kota yang sangat jauh, yang setiap kali datang untuk sebuah acara keluarga selalu tak pernah lupa untuk menceritakan tentang kepandaian anak-anaknya, yang selalu berhasil mendapatkan juara pertama di kelasnya.

Namun, beranjak dewasa, saudara-saudara yang lain semakin mengetahui kebiasaan anak-anak saudaranya itu dan selalu mengalami kesulitan untuk bisa menerima sikap anak-anak seorang saudara itu yang selalu datang terlambat dalam setiap acara.

Selain itu, saudara-saudara yang lain juga mengetahui, bahwa ternyata anak-anaknya saudaranya itu selalu bersikap semena-mena atau egois terhadap orang lain, bahkan terlihat tidak dapat bersikap sopan terhadap orang yang lebih tua, serta suka memandang rendah orang lain.

Sikap dan sifat yang tidak sebanding dengan kepandaian yang dimilikinya, membuat semua saudara sulit untuk melihatan kebaikan yang dimiliki oleh anak-anak saudaranya yang satu itu.

Seringkali kita menilai diri kita sudah melakukan yang terbaik, dan seringkali kita menilai diri kita ini terlalu baik. Tetapi, apakah memang benar kita sudah melakukan yang terbaik dan memang nilai diri kita ini baik?

Sebagai contoh sederhana, kita memberikan pertolongan bagi orang lain tetapi tidak tepat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh orang lain. Kita berpikir, kita sudah melakukan yang terbaik, tetapi realitanya apa yang kita lakukan ternyata belum tepat pada sasaran, sehingga tak heran bila orang lain sulit menerima bahwa kita sudah benat-benar melakukan yang terbaik.

Saat kita melakukan berbagai perbuatan baik, mungkin kita pikir kita sudah melakukan perbuatan yang menyenangkan hati Tuhan. Tetapi pada saat perbuatan baik kita diuji dengan sebuah teguran, kita menjadi tidak enak hati untuk menerimanya. Kita menjadi marah dan sakit hati terhadap orang lain yang tidak dapat memberikan pujiannya bagi kita.

zeroSayang sekali bila semua hal yang sudah kita lakukan itu ternyata bernilai nol. Kita berpikir kita sudah memberikan yang terbaik dan kita berpikir kita sudah melakukan yang terbaik, tetapi ternyata semua perbuatan kita itu tidak sebanding dengan kasih dan ketulusan yang kita miliki.

Kesombongan tidak pernah dapat menjadi sebanding dengan ketulusan.

Bersikap rendah hati adalah salah satu kunci dimana kita dapat memiliki sebuah nilai yang baik di hadapan Tuhan dan di hadapan manusia.

Sikap rendah hati membuat kita dapat menerima teguran dan masukan, tanpa membantah. Sikap rendah hati dapat membuat kita tidak bersikap egois. Sikap rendah hati akan membawa kita pada sikap yang bertanggung jawab, karena dengan rendah hati, kita dapat melihat kebutuhan kita dan kebutuhan orang lain.

Sikap rendah hati, akan membuat kita semakin berhikmat, berakal budi, dan menjadi semakin lebih pandai di masa sekarang, dan tidak hanya di masa lalu. Sikap rendah hati, membuat orang lain dapat melihat berbagai-bagai kebaikan dan kepandaian yang kita miliki tanpa kita menceritakannya pada orang lain.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://school.discoveryeducation.com/clipart/clip/zero-bw.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s