Cinta Bertepuk Sebelah Tangan


Cinta bertepuk sebelah tangan adalah sebuah istilah yang seringkali dipakai oleh para pasangan muda mudi yang cintanya ditolak, atau lebih tepatnya, cinta yang tidak terbalaskan. Sebagai contoh, seorang pria bernama Chris menyatakan cintanya pada Pamela, sedangkan Pamela mencintai Kevin. Cinta Chris dikatakan sebagai cinta bertepuk sebelah tangan, karena Pamela ternyata tidak mencintai Chris.

Istilah cinta bertepuk sebelah tangan bisa saja terjadi tidak pada pasangan pria dan wanita saja, tetapi juga bisa terjadi pada sebuah persahabatan. Sebagai contoh, Elena menganggap Karen sebagai sahabatnya, karena selama ini Elena selalu dapat berbagi cerita pada Karen, dan Karen juga sering menceritakan berbagai masalah pribadinya pada Elena.

Tetapi, Elena seringkali menceritakan masalah pribadi Karen pada temannya yang lain lagi. Sikap Elena membuat Karen tak bisa benar-benar percaya pada Elena, sehingga menyebabkan Karen tidak bisa menganggap Elena sebagai sahabatnya. Setiap saat Elena ingin bertemu, Karen tidak selalu bersedia meluangkan waktu untuk Elena. Rasa sayang Elena pada Karen sebagai seorang sahabat ini dapat dikatakan tidak terbalaskan.

Sebuah hubungan dapat terjadi, pada saat kedua belah pihak atau lebih, dapat saling menyayangi, mau berbagi, saling percaya, dan memiliki komunikasi yang baik.

Seorang pria berpacaran dengan seorang wanita, tentu diawali dengan rasa ketertarikan, setelah itu mereka akan saling menyayangi, saling berbagi, saling memercayai, dan menjalin komunikasi yang baik. Demikian pula sebuah persahabatan akan terjalin, diawali dari sebuah komunikasi yang baik, kemudian akan timbul rasa saling menyayangi, dan saling memercayai.

Biasanya, saat masing-masing sahabat kita sudah berkeluarga atau mungkin berada pada kota yang berlainan, kita akan menjadi jarang komunikasi. Tetapi, rasa percaya, rasa sayang yang dimiliki, dan walau pun jarang berkomunikasi karena kesibukan masing-masing, akan membuat kita tetap bisa memiliki banyak bahan pembicaraan yang tidak akan membuat masing-masing merasa kaku untuk membicarakan berbagai hal, dan bahkan kita tak perlu banyak berpikir lagi untuk berbagi cerita.

Word about loveTidak semua orang dapat kita sayangi, tidak semua dapat kita percayai, dan tidak semua orang dapat kita ajak untuk berkomunikasi dengan baik. Tidak semua orang bisa kita dekati dan tidak semua orang bisa menjadi dekat dengan kita. Itu sebabnya, kita tidak dapat menikah dengan sembarangan orang, dan tidak semua orang dapat menjadi sahabat kita.

Kita bisa saja nyaman dengan seseorang, tetapi seseorang itu tidak merasa nyaman dengan kita. Kita bisa juga tidak nyaman dengan seseorang, tetapi seseorang itu merasa nyaman dengan kita. Hal itu bukanlah sebuah masalah besar, yang harus membuat kita merasa tertekan dan tidak berarti, melainkan sebuah perasaan yang memang tidak bisa dipaksakan.

Seandainya kita tidak bisa benar-benar memercayai seseorang dan tidak pernah bisa menjalin komunikasi dengan baik, maka kita bukan musuh bagi seseorang itu. Saat seseorang tidak bisa menganggap kita sebagai sahabatnya, maka bukan berarti kita sudah dianggapnya sebagai musuh. Kita bisa menjadi teman bagi seseorang itu.

Intinya adalah kita bisa belajar untuk membuka hati dan berbesar hati.

Persahabatan tidak harus dimulai sejak kita masih sekolah. Seorang teman yang baru kita kenal, bisa menjadi sahabat kita di kemudian hari. Seorang teman yang dulunya menjengkelkan, sekarang mungkin bisa menjadi sahabat kita. Saat kita mau membuka hati, kita mungkin akan menemukan sahabat-sahabat yang baru.

Seandainya, dulu kita memiliki seorang sahabat, dan ternyata sekarang kita tidak bisa terlalu dekat dengannya lagi, maka kita belajar untuk berbesar hati merelakannya.

Didalam hubungan secara rohani, Tuhan dekat dengan semua orang, tetapi tidak semua orang dekat dengan Tuhan. Tuhan sayang dengan semua orang, tetapi tidak semua orang sayang dengan Tuhan. Kita yang sudah mengenal Tuhan, bisa saja didalam hati kecil kita masih suka mempertanyakan kehadiranNya bagi kita. Tahukah kita, bahwa kita pun sering mengecewakan hati Tuhan?

Tuhan adalah Pribadi yang mengagumkan, kita hanya perlu membuka hati untuk memiliki hubungan yang dekat denganNya. Selanjutnya, Dia tidak akan pernah meninggalkan kita. Saat kita memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, maka hubungan dengan sesama pun akan baik.

Tuhan memberkati!

**picture taken from:
http://www.happywivesclub.com/how-to-love/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s