Ada Kebaikan Dalam Kesalahan


Tidak ada hal yang baik didalam sebuah perbuatan yang salah. Justru pada saat kita melakukan kesalahan, maka seharusnya ada akibat yang harus kita tanggung. Biasanya, akibat dari sebuah kesalahan, kita harus menerima sebuah hukuman. Sebagai contoh, bila kita tidak mengerjakan tugas di sekolah, maka sebagai hukumannya, mungkin kita tidak mendapatkan nilai, atau kita harus mengerjakannya diluar kelas. Dan contoh lainnya, bila kita sering terlambat datang ke kantor, maka mungkin kita bisa mendapatkan surat peringatan.

Tetapi, didalam realita kehidupan ini, kadangkala kita menjumpai waktu-waktu dimana kita sedang membutuhkan sebuah jawaban doa, dan pada saat kita pikir kita sedang melakukan kesalahan, ternyata jawaban doa ada didalam kesalahan yang sedang terjadi.

Sebuah kesaksian dari seorang Ibu yang mengalami masalah dengan kandungannya, yang menyebabkan ia harus menggugurkan kandungannya. Pada hari H saat seorang Ibu seharusnya masuk ke ruang operasi untuk menggugurkan kandungannya, seorang suster justru membawa seorang Ibu ke ruang USG.

Oleh karena seorang Ibu sudah berada di ruang USG, maka akhirnya suster memeriksa kembali kondisi kandungan seorang Ibu. Dan dari hasil pemeriksaan USG tersebut, penyakit yang tadinya membuat seorang Ibu seharusnya menggugurkan kandungannya, ternyata sudah tidak ditemukan lagi.

Ya, seorang Ibu itu mengalami mujizat kesembuhan. Seandainya saja suster membawa dengan benar seorang Ibu ke ruang operasi, maka mungkin bayi didalam kandungan seorang Ibu tentu sudah akan segera digugurkan. Namun, karena kesalahan seorang suster yang membawa seorang Ibu ke ruang USG, maka dapat diketahui bahwa seorang Ibu sudah mengalami mujizat kesembuhan.

Cerita yang lain datang pada saat saya menemani suami untuk mencari sebuah barang. Suami saya sedikit mengalami kesulitan saat mencari barang ini, karena dibutuhkan dalam jumlah yang sangat banyak dan dalam waktu yang sangat singkat. Berminggu-minggu suami saya mencari barang tersebut, keluar masuk toko, dan bahkan waktu libur kami pun sedikit tersita untuk mencari barang tersebut.

Untuk menjelajahi kota, kami menggunakan GPS. Namun, jalan di Ibukota kadangkala membuat kami salah jalan dan harus berputar cukup jauh. Dan saya telah melakukan kesalahan didalam menunjukkan arah ke tempat yang ingin dituju oleh suami saya. Perjalanan yang seharusnya tidak terlalu jauh, akhirnya menjadi sangat jauh, dan ditambah dengan kemacetan, akhirnya membuat kami harus berjam-jam berada di jalan.

Namun, di tengah perjalanan, tiba-tiba kami melihat ada sebuah toko yang mungkin menyediakan barang yang diperlukan oleh suami saya. Suami saya segera memutar balik arahnya, dan mampir ke toko tersebut. Benar saja, toko tersebut memiliki barang yang diperlukan oleh suami saya, dan dapat memenuhi jumlah yang diharapkan oleh suami saya.

Kesalahan saya didalam menunjukkan arah ternyata membuahkan hasil yang baik, yang membuat suami saya bisa menemukan sebuah toko yang menjual barang yang diperlukannya.

Didalam Tuhan, kadangkala kita bisa menemukan jawaban doa, di balik kesalahan yang terjadi, baik kesalahan yang kita perbuat, mau pun kesalahan yang orang lain perbuat. Dengan kata lain, saat kita mengandalkan Tuhan, kita bisa mengerti bahwa Tuhan itu tidak pernah salah.

Mungkin kita sering merasa sangat kecewa saat melakukan kesalahan, seperti pada saat saya melakukan kesalahan itu saya benar-benar merasa kesal, karena akibatnya kami harus terjebak kemacetan yang mungkin tidak perlu terjadi bila saya tidak salah menunjukkan arah jalan.

Dan tentu saja, kita juga tidak perlu selalu berbuat kesalahan untuk mendapatkan jawaban doa.

Tetapi, sekarang kita mengerti bahwa tidak semua hal bisa berjalan dengan sempurna. Ada kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Dan justru dibalik ketidaksempurnaan, ada Tuhan yang mampu menyempurnakan.

Tuhan memberkati!

20140306-165220.jpg

Tinggalkan Balasan

